PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POWER POINT MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU KELAS IV SEKOLAH DASAR
Abstract
Pada penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar dari peserta didik yang belum optimal pada pembelajaran tematik terpadu. Hal ini dikarenakan dalam proses pembelajaran peserta didik kurang aktif dan belum menampakkan perilaku yang bisa bekerja sama dalam kelompok sehingga pengetahuan peserta didik belum berkembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitianquasi experiment. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik SDN 05 Lunang pada kelas IV B sebagai kelompok kelas eksperimen dan kelas IV A sebagai kelompok kelas kontrol. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang sangat signifikan pada penggunaan media Power Point menggunakan model Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa pada tema 8. Hal ini dibuktikan dengan hasil Uji N-Gain pada taraf nyata ɑ = 0,05 dan dk = 46 diperoleh diperoleh yaitu . Hasil ini menunjukkan bahwa hasil belajar pada pembelajaran tematik terpadu pada kedua kelompok kelas berbeda secara signifikan. Nilai rata-rata kelas eksperimen dengan menggunakan media Power Point menggunakan model Discovery Learning mengalami kenaikan yang sangat signifkan. Nilai rata-rata di akhir pembelajaran adalah 68,25 lebih tinggi dari awal pembelajaran yaitu hanya 51,79. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Power Point menggunakan model Discovery Learning berpengaruh secara signifikan dengan taraf kepercayaan 95% terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu di Sekolah Dasar.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.31764/elementary.v5i2.8365
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
e-ISSN 2614-5596
Email: [email protected]
Published by: PGSD Universitas Muhammadiyah Mataram
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar | Sudah Terindeks:
Alamat Redaksi: