UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG PERPINDAHAN KALOR DENGAN PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI JOMBANG 01

Alifni Alifni, Prihatini Kurnia Umiyanti, Cepi Ramdani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model Pembelajaran Penemuan dapat meningkatkan hasil belajar IPA tentang perpindahan kalor untuk peserta didik kelas V SD Negeri Jombang 01. Pelaksanaan perbaikan dilakukan dalam dua siklus. Siklus I dilaksanakan pada tanggal 10 Januari 2022, dan Siklus II pada tanggal 24 Januari 2022. Pada studi awal hasil belajar peserta didik masih sangat rendah. Setelah dilakukan penelitian tindakan kelas, Siklus I peserta didik dengan hasil belajar mencapai sebanyak 63,3 %, sedangkan yang belum mencapai sebanyak 36,7 %. Siklus II peserta didik dengan hasil belajar mencapai sebanyak 93,3 %, sedangkan yang belum mencapai sebanyak 6,7 %. Maka disimpulkan bahwa penerapan discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA tentang perpindahan kalor pada peserta didik kelas V SD Negeri Jombang 01 Kecamatan Ciputat Kota Tangerang Selatan.


Keywords


Discovery Learning IPA Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Arikunto, & Suharjono. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi. Jakarta: bumi.

Djamarah, S. B. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, O. (2015). Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Koes, S. H. (2003). Strategi pembelajaran fisika. Malang: Universitas Negeri Malang.

Markaban. (2006). Penelitian Tindakan Kelas . Jakarta: Bumi Aksara.

Marzono, J. R. (1992). A Different Kind of Classroom. Teaching With Dimensions of learning. Alexandria VA: ASCD.

Salam. (2020, januari). Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Materi Mengidentifikasikan Benua-Benua Dengan Metode Discovery Siswa Kelas VI Semester I SDN Lingkuk Bunut Kecamatan Janapria Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 4(1), 128-132.

Setiyowati, p., & Panggayuh, V. (2019, maret). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learningmenggunakan Video Scribe Sparkolterhadap Hasil Belajar Smk Perwari Tulungagung Kelas X Tahun Ajaran 2017/2018. JOEICT (Jurnal ofEducation and Information Communication Technology), 3(1), 12-21.

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. jakarta: Rineka Cipta. .

Sudana , I. P., & Wesnawa, I. A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan hasil belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(1), 1-8.

Suharsimi. (2009). Manajemen Penelitian. Yogyakarta: Graha Cendekia.

Sukmadinata. (2007). Landasan Psikologi Process Pendidikan. Bandung: PT Ramaja RosdaKarya.

Syah, M. (2004). Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tukimin. (2015, desember ). Pengaruh Budaya Organisasi Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan. Kultura Volume , 16(1).

Yusril. (2021). Penerapan Teknik Discovery Learning untuk Meningkatkan Activity serta Perolehan dari Pembelajaran Matematika Siswa SMA. JIRA jurnal inovasi dan Riset akademik, 1269 - 1281.




DOI: https://doi.org/10.31764/elementary.v5i2.8763

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
e-ISSN 2614-5596
Email: [email protected]
Published by: PGSD Universitas Muhammadiyah Mataram

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar | Sudah Terindeks:

        

Alamat Redaksi: