UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG PERPINDAHAN KALOR DENGAN PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI JOMBANG 01
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model Pembelajaran Penemuan dapat meningkatkan hasil belajar IPA tentang perpindahan kalor untuk peserta didik kelas V SD Negeri Jombang 01. Pelaksanaan perbaikan dilakukan dalam dua siklus. Siklus I dilaksanakan pada tanggal 10 Januari 2022, dan Siklus II pada tanggal 24 Januari 2022. Pada studi awal hasil belajar peserta didik masih sangat rendah. Setelah dilakukan penelitian tindakan kelas, Siklus I peserta didik dengan hasil belajar mencapai sebanyak 63,3 %, sedangkan yang belum mencapai sebanyak 36,7 %. Siklus II peserta didik dengan hasil belajar mencapai sebanyak 93,3 %, sedangkan yang belum mencapai sebanyak 6,7 %. Maka disimpulkan bahwa penerapan discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA tentang perpindahan kalor pada peserta didik kelas V SD Negeri Jombang 01 Kecamatan Ciputat Kota Tangerang Selatan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, & Suharjono. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi. Jakarta: bumi.
Djamarah, S. B. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, O. (2015). Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Koes, S. H. (2003). Strategi pembelajaran fisika. Malang: Universitas Negeri Malang.
Markaban. (2006). Penelitian Tindakan Kelas . Jakarta: Bumi Aksara.
Marzono, J. R. (1992). A Different Kind of Classroom. Teaching With Dimensions of learning. Alexandria VA: ASCD.
Salam. (2020, januari). Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Materi Mengidentifikasikan Benua-Benua Dengan Metode Discovery Siswa Kelas VI Semester I SDN Lingkuk Bunut Kecamatan Janapria Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 4(1), 128-132.
Setiyowati, p., & Panggayuh, V. (2019, maret). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learningmenggunakan Video Scribe Sparkolterhadap Hasil Belajar Smk Perwari Tulungagung Kelas X Tahun Ajaran 2017/2018. JOEICT (Jurnal ofEducation and Information Communication Technology), 3(1), 12-21.
Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. jakarta: Rineka Cipta. .
Sudana , I. P., & Wesnawa, I. A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan hasil belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(1), 1-8.
Suharsimi. (2009). Manajemen Penelitian. Yogyakarta: Graha Cendekia.
Sukmadinata. (2007). Landasan Psikologi Process Pendidikan. Bandung: PT Ramaja RosdaKarya.
Syah, M. (2004). Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Tukimin. (2015, desember ). Pengaruh Budaya Organisasi Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan. Kultura Volume , 16(1).
Yusril. (2021). Penerapan Teknik Discovery Learning untuk Meningkatkan Activity serta Perolehan dari Pembelajaran Matematika Siswa SMA. JIRA jurnal inovasi dan Riset akademik, 1269 - 1281.
DOI: https://doi.org/10.31764/elementary.v5i2.8763
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
e-ISSN 2614-5596
Email: [email protected]
Published by: PGSD Universitas Muhammadiyah Mataram
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar | Sudah Terindeks:
Alamat Redaksi: