ANALISIS STRATEGI PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP PENINGKATAN KEMANDIRIAN PESERTA DIDIK KELAS 5 SD
Abstract
Matematika merupakan mata pelajaran di mana siswa harus mampu menjawab permasalahan yang relevan dengan kehidupan sehari-hari. Ciri-ciri ilmu Matematika hierarkis dan terstruktur, berpikir secara secara logis dan sistematis ,siswa berpikir kreatif rasional. Namun, sebagian besar anak-anak ini tidak memiliki kebebasan belajar, pembelajaran masih sangat bergantung pada guru. Penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa efektif metode pembelajaran Discovery Learning dalam meningkatkan kemandirian siswa SD, khususnya pada siswa kelas 5. Metode yang digunakan pada penyusunan penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif, yaitu menggunakan instrumen observasi. Masih adanya ketergantungan para siswa kepada guru, siswa kurang aktif terlibat maka salah satu gaya belajar yang dapat membantu siswa memperoleh kemandirian adalah pembelajaran penemuan.. Data peningkatan kemandirian siswa disajikan dalam rubrik, yang dilakukan selama pembelajaran. Sebelum menggunakan strategi pembelajaran Discovery Learning, kemandirian siswa hanya sekitar 10 orang dari 25 orang atau 40 % siswa belum mandiri. Terjadi peningkatan sehingga mencapai 84 % terdapat 21 siswa sudah mulai mandiri.
Mathematics is a subject where students must be able to answer problems that are relevant to everyday life. The characteristics of hierarchical and structured mathematics, think logically and systematically, students think creatively rationally. However, most of these children do not have the freedom to learn, learning is still very dependent on the teacher. This study aims to see how effective the Discovery Learning learning method is in increasing the independence of elementary school students, especially in grade 5 students. The method used in the preparation of this research is descriptive quantitative, namely using an observation instrument. There is still dependence of students on teachers, students are not actively involved, so one of the learning styles that can help students gain independence is discovery learning. Data on increasing student independence is presented in a rubric, which is carried out during learning. Before using the Discovery Learning learning strategy, the independence of students was only about 10 people out of 25 people or 40% of students were not independent. There was an increase so that it reached 84% there were 21 students who had started to be independent.
Full Text:
PDFReferences
Adrianus A. Jeheman, Bedilius Gunur, dan Silfanus Jelatu. (2019, Mei 2). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 191-202.
Diantini., Fadiawati, N,. & Rudibyani, R. B. (2015). Efektivitas Model Discovery Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Generating Materi Elektrolit dan Non-elektrolit. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 4(2), 391-402.
Didik Suhardi,Hamid Muhammad. (n.d.). Penguatan Pendidikan Karakter Tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. https://cerdasberkarakter.kemdikbud.go.id/download/buku-konsep-dan-pedoman-ppk/
Dr. Wahyudin Nur Nasution, M. Ag. (2017). STRATEGI PEMBELAJARAN (1st ed.). PERDANA PUBLISHING. http://repository.uinsu.ac.id/5094/1/1.%20Strategi%20Pembelajaran.pdf
Erna Labudasari , Eliya Rochmah. (2018, Juni). Pengaruh gerakan literasi sekolah terhadap karakter mandiri siswa di SDN Kanggraksan Cirebon. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 9(1), 57-63. Doi: 10.25273/pe.v9i1.4254
Farit Surya , Chairil Faif Pasan , Rizki Amalia. (2018, Agustus). Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Pembelajaran Matematika Untuk Membina Karakter Mandiri dan Tanggung jawab. Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SENPIKA)Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.
Fernanda, R., Ramli, E., & Wulan, R. (2015). Pengaruh Penerapan Modul dalam Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X Semester 1 di SMAN 1 Kubung Kabupaten Solok. Pillar of Physics Education, 6(10), 73-80.
H.Muhyi. (2018). Implementasi model pembelajaran berbasis masalah pada pembelajaran tematik terpadu kurikulum 2013 di kelas tinggi SDN 04 Aikmel. JURNAL ELEMENTARY, 1(2), 39-42. http://journal.ummat.ac.id/index.php/elementary 2614-5596 (Online)
KA Ningrum. (2015). http://repository.uma.ac.id/bitstream/123456789/1505/5/108600119_FILE5.pdf
Majid, N. W. A., & Rochmah, E. (2018). Self Regulated Learning Strategy In Elementary School. Indonesian. Journal of Education and Learning, 2(1), 167-173.
Margi Wahono. (2018). PENDIDIKAN KARAKTER: SUATU KEBUTUHAN BAGI MAHASISWA DI ERA MILENIAL. .INTEGRALISTIK, 2(Th. XXIX).
Mariska Merry Agitanda dan Sutama. (2016). DAMPAK STRATEGI PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA SMP.
Nurmasari Sartono,Rusdi, Rizkia Handayani. (2017). Pengaruh Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning(Pogil) Dan Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Analisis Siswa SMAN 27 Jakarta Pada Materi Sistem Imun. BIOSFER: JURNAL PENDIDIKAN BIOLOGI(BIOSFERJPB), 10(1), 58-64.
Windi Oktaviani, Firosalia Kristin, Indri Anugraheni. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 5 SD. JURNAL BASICEDU Research & Learning in Elementary Education https://jbasic.org/index.php/basicedu/index, 2(2), 5-10.
DOI: https://doi.org/10.31764/elementary.v5i2.8790
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
e-ISSN 2614-5596
Email: [email protected]
Published by: PGSD Universitas Muhammadiyah Mataram
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar | Sudah Terindeks:
Alamat Redaksi: