PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DALAM SOAL CERITA MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI BATURAN 2 GAMPING SLEMAN

Riana Kusuma Dewi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah dalam soal cerita matematika melalui pembelajaran matematika realistik pada siswa kelas IV di SD Negeri Baturan 2 Gamping Kabupaten Sleman. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah murid kelas IV yang berjumlah 28 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan info dari guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses belajar matematika dalam soal cerita dengan menerapkan pembelajaran realistik dapat meningkatkan prestasi belajar matematika. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika realistik dapat digunakan untuk memecahkan masalah dalam soal cerita matematika sehingga kemampuan siswa meningkat.


Keywords


Pembelajaran Matematika Realistik, Soal cerita matematika

Full Text:

PDF

References


Aditya Dharma, 2016. “Analisis kemampuan menyelesaikan soal cerita pada Siswa Kelas IV Tahun Pelajaran 2015/2016 di SD Negeri 1 Banjar Bali”. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1) : 3

Ahmad Susanto. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar, Jakarta : Kencana Prenada Media Group

Departemen Pendidikan Nasional. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Eman Suherman. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia

Heruman. 2007. Model Pembelajaran Matematika. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

John A. Van De Walle. 2000. Matematika Sekolah Dasar dan Menengah Pengembangan Pengajaran. Jakarta : Erlangga

Muhadi. 2011. Penelitian Tindakan Kelas Panduan Wajib bagi Pendidik. Yogyakarta : Shira Media

Rosma Hartiny Sam’s. 2010. Model Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta : Teras

Subyantoro. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Semarang: Rumah Indonesia

Suharsimi Arikunto. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Bumi Aksara




DOI: https://doi.org/10.31764/elementary.v5i2.9079

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
e-ISSN 2614-5596
Email: [email protected]
Published by: PGSD Universitas Muhammadiyah Mataram

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar | Sudah Terindeks:

        

Alamat Redaksi: