HUBUNGAN EFIKASI DIRI DENGAN INTERAKSI SOSIAL SISWA

Rini Sri Indriani

Abstract


Hubungan Efikasi Diri Dengan Interaksi Sosial Siswa. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor 2022. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan efikasi diri dengan interaksi sosial kelas V Sekolah Dasar Negeri Pabuaran 07 Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor. Populasi dari penelitian ini adalah 78 siswa dengan jumlah sampel 44 siswa. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022 berdasarkan hasil analisis diperoleh koefisien jalur (rxy) 0,408 dalam pola Ŷ= 54,21+0,449x yang berarti tingkat hubungan dalam penelitian ini tergolong rendah. Besar hubungan efikasi diri dengan interaksi sosial siswa ditunjukkan pada koefisien determinasi (r²) 0,17 atau 17% dan sisanya 83% ditentukan oleh faktor lain. Adapun perhitungan pengujian hipotesis menghasilkan thitung 2,895 > ttabel 2,085 dengan taraf nyata 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara efikasi diri dengan interaksi sosial siswa pada peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri Pabuaran 07 Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Ajaran 2021/2022. Kata Kunci: Efikasi Diri dan Interaksi Sosial.


Keywords


Efikasi Diri; Interaksi Sosial

Full Text:

PDF

References


Buku

Triyono, Rifai dan Muh. Ekhsan. Efikasi Diri dan Regulasi Emosi dalam Mengatasi Prokrastinasi Akademik. Sukoharjo: CV. Sinaduta. 2018.

Soekanto, Soerjono. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT Raja Graindo Persada. 2012.

Jurnal

Anitasari. “Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Perilaku Menyontek Siswa Sekolah Dasar Selama Pembelajaran Daring”. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan. 202.

Nasrillah. 2017. “Peranan Interaksi Dalam Komunikasi Menurut Islam”. Jurnal Warta. 52(April 2017):6.

Nuraida, “Pengaruh Interaksi Sosial Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Kelas VI SD Negeri Salebu Kecamatan Mangunreja”. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 2014.

Artikel/Modul/Diktat/Tesis

Zulaini, Iwa. Hubungan Interaksi Sosial Siswa Dengan Hasil Belajar IPS Kelas V SDN 107400 Bandar Khalipah Tahun Ajaran 2017/2018. Tesis SPS UNIMED: tidak diterbitkan. 2018.

Fatonah, Siti. Hubungan Interaksi Sosial Siswa Dengan Hasil Belajar IPS Kelas V SDN 44 Kota Bengkulu. Tesis SPS IAIn Bengkulu: tidak diterbitkan. 2021.

Listriana, Desi. 2016. Hubungan Interaksi Sosial Siswa dengan Hasil Belajar IPS Kelas IV SDN Gugus Dewi Khunti Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Tesis pada SPS UNNES: tidak diterbitkan. 2016.

Listyawandini Hubungan Efikasi Diri Dengan Keterlibatan Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Tesis pada SPS Unika Soegijapranata Semarang: tidak diterbitkan. 2019.

Prosiding/Artikel Seminar

Latifah, Bai. “Hubungan Efikasi Diri Dan kecerdasan Emosional Dengan Prestasi Belajar IPS Pada Peserta Didik Kelas V”. Prosiding Seminar dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar. Universitas Negeri Jakarta. 2018.




DOI: https://doi.org/10.31764/elementary.v5i2.9090

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
e-ISSN 2614-5596
Email: [email protected]
Published by: PGSD Universitas Muhammadiyah Mataram

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar | Sudah Terindeks:

        

Alamat Redaksi: