PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA SIKAP KEPAHLAWANAN

Wawan Syahiril Anwar, Resyi A. Gani, Elsa Savrina Putri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan model discovery learning  terhadap hasil belajar subtema sikap kepahlawanan. Metode yang digunakan kuantitatif dengan pendekatan eksperimen quasi desain dua grup. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model discovery learning terhadap hasil belajar subtema sikap kepahlawanan. Hal ini dapat dilihat pada hasil N-Gain kelas eksperimen sebesar (74) termasuk kriteria sangat tinggi dengan ketuntasan belajar sebesar 87%, sedangkan pada hasil N-Gain kelas kontrol sebesar (55) termasuk kriteria sedang dengan ketuntasan belajar sebesar 62%. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV A dan IV B SD Negeri Puspanegara 03 Kabupaten Bogor berjumlah 59 peserta didik. Dilihat dari hasil perhitungan uji-t dengan taraf signifikan = 5% dengan menggunakan uji-t dua pihak didapatkan nilai thitung 4,570603 > ttabel 2,002465. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya adanya perbedaan hasil belajar antara pembelajaran menggunakan model discovery learning dikelas IV B dengan pembelajaran menggunakan model konvensional dikelas IV A pada subtema sikap kepahlawanan di SD Negeri Puspanegara 03 Kabupaten Bogor. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model discovery learning memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar subtema sikap kepahlawanan di kelas IV Sekolah Dasar Negeri Puspanegara 03 Kabupaten Bogor Semester Gasal Tahun Pelajaran 2021/2022.


Keywords


Discovery Learning; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Buku

Alifitry, Shilfia. 2020. Model Discovery Learning dan Pemberian Motivasi Dalam Pembelajaran. Guepedia.

Iskandar, Ranu. 2019. Pedoman Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik SMK Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Sasis dan Pemindah Tenaga Kendaraan Ringan. Sukabumi: CV Jejak.

Iskandar, Ranu. 2019. Pedoman Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik SMK Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Sasis dan Pemindah Tenaga Kendaraan Ringan. Sukabumi: CV Jejak.

Ratnawulan, E. dan Rusdiana, H. 2015. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: CV Pustaka Setia

Jurnal

Amaliah, R. R., Fadhil, A., dan Narulita, S. (2014). "Penerapan Metode Ceramah dan Diskusi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI di SMA Negeri 44 Jakarta". Jurnal Studi Al-Qur’an, 10(2), 119–131.

Buyung, B., & Nirawati, R. (2018). "Pengaruh Karakter Kerja Keras Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa Melalui Model Discovery Learning". JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 3(1), 21–25.

Fadillah, A. (2016). "Analisis Minat Belajar dan Bakat Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa". M A T H L I N E : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(2), 113–122.

Fauzi, A. R., Zainuddin, Z., & Atok, R. Al. (2017). "Penguatan Karakter Rasa Ingin Tahu dan Peduli Sosial melalui Discovery Learning". Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 2(2), 79–88.

Firmansyah, D. (2015). "Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika". Jurnal Pendidikan Unsika, 3(1), 34–44.

Friskilia, O., & Winata, H. (2018). "Regulasi Diri (Pengaturan Diri) Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan". Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(1), 36–43.

Kasyadi, Y., Kresnadi, H. dan Sugiyono. (2013). "Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ilmu Pengtahuan Alam Menggunakan Tipe Jigsaw". Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Untan, 1–12.

Lestari, P. dan Hudaya, A. (2018). "Penerapan Model Quantum Teaching Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas VIII SMP PGRI 3 Jakarta". Research and Development Journal of Education, 5(1), 45–60.

Nugrahaeni, A., Redhana, I. W., & Kartawan, I. M. A. (2017). "Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kimia". Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 1(1), 23–29.

Nuriyah, N. (2014). "Evaluasi pembelajaran". Jurnal Edueksos, 3(1), 73–86.

Nurrita, T. (2018). "Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa". Journal of Physics: Conference Series, 3(1), 171–187.

Amaliah, R. R., Fadhil, A., dan Narulita, S. (2014). "Penerapan Metode Ceramah dan Diskusi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI di SMA Negeri 44 Jakarta". Jurnal Studi Al-Qur’an, 10(2), 119–131.

Buyung, B., & Nirawati, R. (2018). "Pengaruh Karakter Kerja Keras Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa Melalui Model Discovery Learning". JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 3(1), 21–25.

Fadillah, A. (2016). "Analisis Minat Belajar dan Bakat Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa". M A T H L I N E : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(2), 113–122.

Fauzi, A. R., Zainuddin, Z., & Atok, R. Al. (2017). "Penguatan Karakter Rasa Ingin Tahu dan Peduli Sosial melalui Discovery Learning". Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 2(2), 79–88.

Firmansyah, D. (2015). "Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika". Jurnal Pendidikan Unsika, 3(1), 34–44.

Friskilia, O., & Winata, H. (2018). "Regulasi Diri (Pengaturan Diri) Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan". Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(1), 36–43.

Kasyadi, Y., Kresnadi, H. dan Sugiyono. (2013). "Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ilmu Pengtahuan Alam Menggunakan Tipe Jigsaw". Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Untan, 1–12.

Lestari, P. dan Hudaya, A. (2018). "Penerapan Model Quantum Teaching Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas VIII SMP PGRI 3 Jakarta". Research and Development Journal of Education, 5(1), 45–60.

Lubis, M. A. 2020. Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN). Jakarta: KENCANA.

Nugrahaeni, A., Redhana, I. W., & Kartawan, I. M. A. (2017). "Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kimia". Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 1(1), 23–29.

Nuriyah, N. (2014). "Evaluasi pembelajaran". Jurnal Edueksos, 3(1), 73–86.

Nurrita, T. (2018). "Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa". Journal of Physics: Conference Series, 3(1), 171–187.

Patandung, Y. (2017). Pengaruh model discovery learning terhadap peningkatan motivasi belajar IPA Siswa. Journal of Educational Science and Technology (EST), 3(1), 9–17.

Pingge, H. dan Wangid, M. (2016). "Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Kota Tambolaka". JPSD, 2(1), 146–167.

Putri, R. H., Lesmono, A. D., & Aristya, P. D. (2017). Pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(2), 168–174.

Ramliyana, R. (2016). "Membangkitkan Motivasi BelajarBahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA) Melalui Media Komik". Dialektika, 3(1), 1–19.

Rusmiati, R., & Nugroho, A. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran TGT dengan Media Pop Up Terhadap Hasil Belajar Kelas IV Tema 6 Cita-Citaku Subtema 3. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(2), 241.

Salamah, U. (2018). "Penjaminan Mutu Penilaian Pendidikan". Evaluasi, 2(1), 274–293.

Salmi. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Peserta. Jurnal Profit, 6(1), 1–16.

Samara, D. (2016). "Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di SMP Negeri Model Terpadu Madani Palu". Katalogis, 4(7), 205–214.

Siregar, R. L. (2017). "Evaluasi Hasil Belajar Pendidikan Islam". Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 59–75.

Sriwahyuni, D. (2019). "Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Pengertian dan Pentingnya Peraturan Perundang-Undangan Tingkat Pusat dan Daerah Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Pada Siswa Kelas V Di SDN 2 Ngembak Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan". Journal of Chemical Information and Modeling, 29(1), 1–8.

Watini, S. (2019). "Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sains pada Anak Usia Dini". Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 82–90.

Wulandari, D., Susetyo, dan Amarizal. (2017). "Pelaksanaan Pembelajaran Menulis Teks Pantun Pada Siswa Kelas VII SMPN 3 Kota Bengkulu Tahun Pelajaran 2016/2017". Jurnal Korpus, 1(1), 22–31.




DOI: https://doi.org/10.31764/elementary.v5i2.9099

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
e-ISSN 2614-5596
Email: [email protected]
Published by: PGSD Universitas Muhammadiyah Mataram

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar | Sudah Terindeks:

        

Alamat Redaksi: