PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POGIL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD N KEDISAN
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anam, Khoirul. 2016. Pembelajaran Berbasis Inkuiri Metode dan Aplikasi. Cetakan Ke-2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Barthlow, Michele J. dan Scott B. Watson. 2011. “The Effectiveness of Process-Oriented Guided Inquiry Learning to Reduce Alternatif Conceptions in Secondary Chemistry”. School Science and Mathematics. Volume 114. Nomor 5. (Halaman 246-255).
Brickman, Peggy. 2009. “Effect of Inquiry-based Learning on Students’ Science Literacy Skills and Confidence”. International Journal Scholarship of Teaching and Learning. Volume 3. Nomor 2.
Buzan, Tony. 2007. Buku Pintar Mind Map untuk Anak. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Hale, Dena dan Linda Greef Mullen. 2009. “Designing Process- Oriented Guided-Inquiry Activities: A New Innovation for Marketing Classes”. Marketing Education Review. Volume 19. Nomor 1. (Halaman 74-80).
Hanson, David M. 2006. Instructor’s Guide to Process-Oriented Guided-Inquiry Learning. Lisle, IL: Pacific Crest.
Kemdikbud. 2014. “Pendidikan Indonesia Gawat Darurat”. Tersedia pada
http://www.kemdikbud.go.id/kemdikbud/node/3571 (diakses tanggal 30 Desember 2016).
-------. 2016. “Peringkat dan Capaian PISA Indonesia Mengalami Peningkatan”. Tersedia pada: http://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2016/12
/peringkat-dan-capaian-pisa-indonesia-mengalami- peningkatan (diakses tanggal 30 Desember 2016).
Lestari, Desak Putu Sri. 2016. “Pengaruh Model POGIL dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V SD”. E-journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 4. Nomor 1.
Santyasa, I. W. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Singaraja: IKIP Undiksha.
Sari, S. D. C. dkk. 2015. “Pengaruh POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning) Disertai Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Asam Basa”. Program Studi Biologi, Fakultas Biologi, Universitas Kristen Satya Wacana.
Simonson, S. R. dan Susan E. S. 2013. “Implementing POGIL in Undergraduate Biomechanics: Lessons Learned by A Novice”. Journal of STEM Education. Volume 14 (Halaman 56 – 63).
Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Cetakan Ke-2. Jakarta: Prenadamedia Group.
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Cetakan Ke-1. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Wardani, T.Y.P. 2015. “Pengaruh Model Heuristik Vee dengan Peta Pikiran terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD”. E-journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 3. Nomor 1.
Warsono dan Hariyanto. 2014. Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen. Cetakan Ke-3. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Wiratma, I.G.L. 2010. “Politik Pendidikan dalam Pengembangan Kesadaran Kritis dan Jati Diri”. Jurnal IKA. Volume 8. Nomor 2. (Halaman 107-122).
DOI: https://doi.org/10.31764/elementary.v5i2.9573
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
e-ISSN 2614-5596
Email: [email protected]
Published by: PGSD Universitas Muhammadiyah Mataram
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar | Sudah Terindeks:
Alamat Redaksi: