Tingkat Pengetahuan Remaja Putri Terhadap Penggunaan Tablet Fe (Zat Besi) di Sekolah MA Al-Aziziah Putri Gunung Sari

Santi Safitri, Baiq Nurbaety, Nur Furqani, Nurul Qiyaam

Abstract


Latar Belakang : Anemia merupakan salah satu keadaan kadar hemoglobin dalam darah yang kurang dari normal, anemia terjadi karena kekurangan zat besi sebagai akibat dari kurangnya asupan makanan sumber zat besi khususnya sumber pangan hewani (besi heme). Beberapa faktor yang mempengaruhi konsumsi tablet Fe bagi remaja putri diantaranya yaitu pengetahuan gizi, pola makan, dan kepatuhan konsumsi tablet Fe. Tingkat pengetahuan pada remaja akan berpengaruh terhadap sikap dan perilaku dalam memilih makanan disekolah maupun dirumah yang menentukan mudah tidaknya seseorang memahami manfaat manfaat tablet Fe. Tujuan : Tujuan penelitiana ini untuk mengetahui tingkat pengetahuan remaja putri terhadap penggunaan tablet Fe di MA. AL-Aziziah Putri Gunung Sari pada tahun 2023. Metode : Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kuantutatif dengan pengambilan data secara cross sectional. Sampel pada penelitian ini adalah siswi SMA kelas X dan XI di MA. AL-Aziziah Putri Gunung Sari yang berjumlah 81 sampel. Hasil : Berdasarkan dari hasil penelitian diketahui bahwa Tingkat pengetahuan responden mayoritas mempunyai tingkat pengetahuan cukup sebanyak 52 orang (64%). Berdasarkan tingkat pengetahuan responden dalam menjawab kuisioner kategori baik sebanyak 25 orang (31%), kategori cukup sebanyak 52 orang (64%), dan dalam kategori kurang sebanyak 4 orang (5%). Kesimpulan: Dari penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa tingkat pengetahuan remaja putri terhadap penggunaan tablet fe (zat besi) di MA AL-Aziziah Putri Gunung Sari priode Mei 2023 dengan kategori cukup

Keywords


Tablet Fe, Anemia, Remaja Putri

Full Text:

PDF

References


Agus, ZAN. 2004. Pengaruh Vitamin C Terhadap Absorpsi Zat Besi pada Ibu HamilPenderita Anemia. Semarang : MEDIKA Jurnal Kedokteran dan Farmasi. Vol.XXX;2004.p. 496 – 499.

Almatsier, S. (2014).Prinsip Dasar Ilmu Gizi. Cetakan II. Gramedia Pustaka Utama:Jakarta.

Arisman,MB.2014.Gizi dalamDaurKehidupan.EGC,Jakarta.

Arikunto, 2006 Dalam Budiman (2013:10); Membuat Kategoro Tingkat Pengetahuan Seseorang Menjadi Tiga Tingkatan Yang Di Dasarkan Pada Nilai Persentase.

Annisa, N.F. 2021. Gambaran Pengetahuan Remaja Putri Tentang Manfaat Konsumsi Tablet Tambah Darah Pada Saat Menstruasi Di Desa Lawatan RW 04.

Badriah, D.L. 2011.Gizi Dalam Kesehatan Reproduksi. PT Refika Aditama, Bandung.Cahya,D.2013.HubunganAntaraStatusGiziDenganAnemiaPadaRemajaPutridi

Cahya,D.2013.HubunganAntaraStatusGiziDenganAnemiaPadaRemajaPutridiSekolahMenenganPertamaMuhammadiyah3Semarang.Online:http://jurnl.unimus.ac.id/index.php/kedokteran/article/view/1298/1351. Diaksestanggal7 Januari 2019.

Denny Wicaksono, 2019. Mengapa Remaja Putri Perlu Meminum Tablet Tambah Darah (Artikel Kesehatan)

Indartanti, D.et al. 2014.Hubungan Status Gizi Dengan Kejadian Anemia Pada RemajaPutriUsia12-14Tahun.ProgramStudiIlmuGiziFakultasKedokteranUniversitasDiponegoro.Semarang. Skripsi.

Kemenkes RI. 2016. Pedoman Pencegahan dan Penanggulangan Anemia Pada RemajaPutri dan Wanita Usia Subur (WUS). Ditjen Kesehatan Masyarakat Bina GiziMasyarakat.

Kementrian Kesehatan. 2013. Hasil Riset Kesehatan Dasar 2013. Jakarta (ID): BadanPenelitiandan PengembanganKesehatan

Khomsan, 2004.Pangan dan Gizi untuk Kesehatan.Penerbit PT Raja Grafindo Persad:Jakarta.

Leni, 2019.Gambaran Pengetahuan Remaja Putri Tentang Tablet Fe Di Smk Nu Ungaran Tahun 2019.Thesis (D40)

Lestari, 2012.Hubungan Pengetahuan Dengan Konsumsi Tablet Fe Saat MenstruasiPadaRemajaPutriDiSMAN2BanguntapanBantul.UniversitasSebelasMaretSurakarta.KTI

Manurung, 2018.Hubungan Kepatuhan Konsumsi Tablet Tambah Darah (TTD) DanPemeriksaan Kehamilan Dengan Kadar Hemoglobin Ibu Hamil Di PuskesmasAmbaritaKabupatenSamosir.UniversitasSumateraUtara. Skripsi.

Moehji,S.2003.IlmuGizi2.PapasSinarSinanti,Jakarta.

Muliani, 2018.Pengetahuan Remaja Putri Tentang Manfaat Tablet Fe Di SMK TunasHusadaKendari. Poltekkes KemenkesKendari. KTI.

Notoatmodjo.2010.PendidikandanPerilakuKesehatan.RinekaCipta,Jakarta.

Putri, 2017. Pengetahuan Gizi, Pola Makan, dan Kepatuhan Konsumsi Tablet TambahDarah dengan Kejadian Anemia Remaja Putri. Jurnal Politeknik KesehatanKementerianKesehatanBengkulu

Proverawati,Atikah.2011.AnemiadanAnemiaKehamilan.Yogyakarta:NuhaMedika.

Permatasari, 2017. Pengaruh Program Pemberian Tablet Tambah Darah (TTD) Terhadap Perbaikan Status Besi Pada Remaja Putri Di Kota Bogor. Institusi Pertanian Bogor. Skripsi.

Rasni, 2019. Gambaran Tingkat Pengetahuan Dan Kepatuhan Pemberian Tablet FE Pada Siswa SMA Swasta Lakina Limbo Kecamatan Sangia Wambulu Kabupaten Buton Tengah.

Warsiti, 2013. Tingkat Pengetahuan Siswi Kelas XI Tentang Pentingnya Mengkonsumsi Table Fe Saat Menstruasi Di SMA Muhamadiyah 1 Sragen. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kususma Husada Surakarta. Skripsi.

Wawan dan Dewi. 2010.Teori dan Pengukuran Pengetahuan Sikap dan Prillaku Manusia. Yogyakarta: Nuha Medika.




DOI: https://doi.org/10.31764/lf.v5i2.24525

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EDITORIAL OFFICE: