Pengembangan Metode Edukasi dan Pengawasan Kepatuhan Minum Obat Hipertensi di Kecamatan Gunung Sindur

Delphia Hermada Marchia, Ima Maria, Ima Maria, Primayanti Nurul Ilmi, Primayanti Nurul Ilmi, Eldiza Puji Rahmi, Eldiza Puji Rahmi

Abstract


Hipertensi di Indonesia sering ditemukan pada pelayanan kesehatan primer. Prevalensi hipertensi di Kabupaten Bogor Tahun 2019, terhadap jumlah penduduk usia ≥ 15 tahun yaitu sebesar 1.313.562 kasus. Terapi hipertensi merupakan terapi yang harus dilakukan seumur hidup, namun berdasarkan Laporan Riskesdas tahun 2018 mendapatkan hasil bahwa kepatuhan dalam minum obat pada pasien hipertensi tergolong rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian edukasi terhadap tingkat kepatuhan minum obat hipertensi di Puskesmas Gunung Sindur Kabupaten Bogor. Desain penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan satu grup pre-post test. Variabel independen dalam penelitian ini adalah pemberian edukasi terhadap pasien hipertensi dan variabel dependennya adalah kepatuhan minum obat pada pasien hipertensi setelah hari ke-21 pemberian edukasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pemberian edukasi terhadap tingkat kepatuhan minum obat (p < 0,0001) dan penurunan terhadap tekanan darah sistol responden (p < 0,0001) serta diastol (p < 0,003). Pemberian edukasi dapat memengaruhi tingkat kepatuhan minum obat serta tekanan darah pasien hipertensi secara signifikan.

Keywords


Hipertensi; Kepatuhan Minum Obat; Pengembangan Edukasi

Full Text:

PDF

References


Ayu, G. A., & Syaripuddin, M. (2019). Peranan Apoteker Dalam Pelayanan Kefarmasian Pada Penderita Hipertensi. Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan, 15(1), 10. Https://Doi.Org/10.24853/Jkk.15.1.10-21

Balwan, W. K., & Kour, S. (2021). A Systematic Review Of Hypertension And Stress—The Silent Killers. Scholars Academic Journal Of Biosciences, 9(6), 154–158. Https://Doi.Org/10.36347/Sajb.2021.V09i06.002

Dinas Kesehatan, K. B. (2019). Buku Profil Informasi Kesehatan. Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor.

Harahap, D. A., Aprilla, N., & Muliati, O. (2019). Research & Learning In Nursing Science Http://Journal.Universitaspahlawan.Ac.Id/Index.Php/Ners.

Harwandy, & Maziyyah, N. (2017). Pengaruh Edukasi Terhadap Tingkat Kepatuhan Pada Pasien Hipertensi Di Puskesmas Kasihan 1 Bantul. Prodi Farmasi Fakultas Kedokteran Dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Indriastuti, M., Sintia R, S., Yusuf, A. L., Jafar, M., Nugraha, D., & Wahlanto, P. (2021). Pengaruh Edukasi Menggunakan Booklet Terhadap Kepatuhan Minum Obat Pada Pasien Hipertensi Di Salah Satu Klinik Daerah Sidareja. Jurnal Wiyata, 8(1).

Irawan, D., Siwi, A., & Susanto, A. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Kejadian Hipertensi. Jurnal Of Bionursing, VOL. 3(No. 2), 164–166.

Kementerian Kesehatan RI. (2019). Laporan Nasional Riskesdas 2018. Badan Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan.

Kusumastuty, I., Widyani, D., & Sri Wahyuni, E. (2016). Asupan Protein Dan Kalium Berhubungan Dengan Penurunan Tekanan Darah Pasien Hipertensi Rawat Jalan. Indonesian Journal Of Human Nutrition, Vol. 3(No. 1 : 19-28).

Longa, R., Antara, A. N., & Sumekar, A. (2023). Hubungan Tingkat Pengetahuan Dengan Kepatuhan Minum Obat. 6.

Mardiana, S. S., Faridah, U., & Wibowo, B. D. (2021). Hubungan Tingkat Pendidikan Dengan Kepatuhan Minum Obat Pada Pasien Hipertensi Di Puskesmas Karangrayung Ii.

Martiyana, C., Huriyati, E., & Padmawati, R. S. (2018). Diskusi Dengan Leaflet Versus Ceramah Dengan Lembar Balik Dalam Meningkatkan Pengetahuan, Sikap Dan Keyakinan Wus Mengenai Gaki Di Perdesaan Endemik Gaki. Media Gizi Mikro Indonesia, 9(2), 83–98. Https://Doi.Org/10.22435/Mgmi.V9i2.586

Nhestricia, N., Nurdin, N., & Apriniawati, A. (2023). Perbandingan Penggunaan Pesan Singkat Whatsapp Dan Kartu Pengingat Terhadap Kepatuhan Minum Obat Dan Tekanan Darah Pasien Hipertensi Di Puskesmas Bogor Timur. Majalah Farmasi Dan Farmakologi, MFF 2023(Special Issue:42-49).

Nuratiqa, N., Risnah, R., Hafid, M. A., Paharani, A., & Irwan, M. (2020). Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepatuhan Minum Obat Anti Hipertensi. Bimiki (Berkala Ilmiah Mahasiswa Ilmu Keperawatan Indonesia), 8(1), 16–24. Https://Doi.Org/10.53345/Bimiki.V8i1.122

Protogerou, A. D., Vlachopoulos, C., Thomas, F., Zhang, Y., Pannier, B., Blacher, J., & Safar, M. E. (2017). Longitudinal Changes In Mean And Pulse Pressure, And All-Cause Mortality: Data From 71,629 Untreated Normotensive Individuals. American Journal Of Hypertension, 30(11), 1093–1099. Https://Doi.Org/10.1093/Ajh/Hpx110

Ramadhanti, C. A., Adespin, D. A., & Julianti, H. P. (2019). Perbandingan Penggunaan Metode Penyuluhan Dengan Dan Tanpa Media Leaflet Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Ibu Tentang Tumbuh Kembang Balita. 8.

Regnault, V., Lacolley, P., & Safar, M. E. (2018). Hypertension In Postmenopausal Women: Hemodynamic And Therapeutic Implications. Journal Of The American Society Of Hypertension, 12(3), 151–153. Https://Doi.Org/10.1016/J.Jash.2018.01.001

Sakinah, E. (2023). Pengaruh Pemberian Video Edukasi Terhadap Kepatuhan Minum Obat Pada Pasien Hipertensi Di Puskesmas Leyangan. Universitas Ngudi Waluyo.

Sartori, A. C., Lucena, T. F. R., Lopes, C. T., Bemuci, M. P., & Yamaguchi, M. U. (2020). Educational Intervention Using Whatsapp On Medication Adherence In Hypertension And Diabetes Patients: A Randomized Clinical Trial. MARY ANN LIEBERT, INC., 00(00), 1–7.

Umam, R. H., & Hafifah, V. N. (2021). Gambaran Gaya Hidup Dan Hipertensi Pada Lansia: A Systematic Review. Jurnal Sains Dan Kesehatan, 3(1), 88–93. Https://Doi.Org/10.25026/Jsk.V3i1.244

Walanda, I. E., & Makiyah, S. N. N. (2021). Pengaruh Edukasi Terhadap Kepatuhan Minum Obat Pasien Hipertensi: Literature Review.

Wenger, N. K., Arnold, A., Bairey Merz, C. N., Cooper-Dehoff, R. M., Ferdinand, K. C., Fleg, J. L., Gulati, M., Isiadinso, I., Itchhaporia, D., Light-Mcgroary, K., Lindley, K. J., Mieres, J. H., Rosser, M. L., Saade, G. R., Walsh, M. N., & Pepine, C. J. (2018). Hypertension Across A Woman’s Life Cycle. Journal Of The American College Of Cardiology, 71(16), 1797–1813. Https://Doi.Org/10.1016/J.Jacc.2018.02.033




DOI: https://doi.org/10.31764/lf.v6i1.25417

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EDITORIAL OFFICE: