Profil Penyimpanan Vaksin Imunisasi Dasar Lengkap di Puskesmas Terdampak Gempa Bumi Lombok

Baiq Lenysia Puspita Anjani, Cyntiya Rahmawati, Baiq Nurbaety, Nurul Qiyaam, Dzun Haryadi Ittiqo

Abstract


Bencana alam gempa bumi yang melanda Pulau Lombok pada Agustus 2018 mengakibatkan kerusakan berat dan kerusakan sedang pada puskesmas Se-Kabupaten Lombok Utara dan beberapa puskesmas di Kabupaten Lombok Timur. Kerusakan sarana dan prasarana di puskesmas dapat berpengaruh pada penyimpanan vaksin Imunisasi Dasar Lengkap (IDL). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil penyimpanan vaksin Imunisasi Dasar Lengkap di puskesmas yang terdampak gempa bumi Lombok. Metode penelitian yang digunakan adalah observasional deskriptif dengan pendekatan secara cross sectional. Penelitian ini dilakukan di Puskesmas Se-Kabupaten Lombok Utara dan beberapa Puskesmas di Kabupaten Lombok Timur yang terdampak gempa pada bulan Mei-Juli 2019 dengan total sebanyak 22 puskesmas. Penelitian ini menggunakan lembar observasi yang telah divalidasi dengan 3 indikator, yaitu sarana prasarana, keadaan lemari es dan pengelolaan vaksin. Hasil penelitian menunjukan bahwa penyimpanan vaksin Imunisasi Dasar Lengkap pada 8 puskesmas di Kabupaten Lombok Utara menunjukan rata-rata kategori baik (87,87%), dan 14 Puskemas di Kabupaten Lombok Timur menunjukkan rata-rata kategori baik (79%). Kesimpulan pada penelitian ini adalah penyimpanan vaksin Imunisasi Dasar Lengkap di Puskesmas terdampak gempa bumi Lombok termasuk dalam kategori baik.


Keywords


Penyimpanan vaksin, Puskesmas, Vaksin Imunisasi Dasar Lengkap, Gempa bumi Lombok.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia. (2015). Petunjuk Pelaksanaan Cara Distribusi Obat yang Baik. BPOM RI.

Departemen Kesehatan Republik Indonesia. (2005). Pedoman Teknis Pengelolaan Vaksin dan Rantai Vaksin. DEPKES RI.

Departemen Kesehatan Republik Indonesia. (2013). Pedoman Penyelenggaraan Imunisasi. DEPKES RI.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2013). Pedoman Pengelolaan Cold Chain Petugas Imunisasi. Direktorat Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2017). Peraturan Menteri Kesehatan RI No. 12 Tentang Penyelenggaraan Imunisasi. Kementerian Kesehatan RI.

Yunus, L. (2018). Profil Penyimpanan Vaksin Di Puskesmas Ahmad Yani Pulau Ende. Poltekkes Kemenkes Kupang.




DOI: https://doi.org/10.31764/lf.v4i1.9396

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EDITORIAL OFFICE: