KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA SMP NEGERI 32 PEKANBARU

Dewi Yuliani, Yeyen Vioskha

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fakta dilapangan yang menunjukkan masih rendahnya kemampuan komunikasi matematis yang terdapat pada siswa di SMP Negeri 32 Pekanbaru. Salah satu aspek yang harus dikuasai siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran adalah kemampuan komunikasi matematis di kelas di luar maupun didalam kehidupan  sehari-hari. Adapun tujuan penelitain ini adalah untuk mengetahui perbedaan antara kemampuan komunikasi matematis siswa antara siswa yang belajar dengan minat belajar yang tinggi dan siswa yang diajarkan dengan minat belajar rendah. Minat belajar siswa yang baik akan menjadikan siswa senang mempelajari matematika tanpa paksaan, dengan adanya minat belajar yang baik akan mempengaruhi kemampuan komunikasi matematis siswa. Kemampuan komunikasi matematis dapat ditingkatkan melalui minat belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII tahun ajaran 2021/2022. Sampel yang diambil adalah kelas VIII.1 dengan menggunakan cluster random. Teknik pengumpulan data beserta instrumen penelitian adalah test, berupa soal test kemampuan komunikasi matematis pada materi aritmatika sosial, angket berupa lembar angket minat belajar dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa:1) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yan memiliki minat belajar yang tinggi. 2) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis pada siswa yang memiliki minat belajar yang rendah.


Keywords


Komunikasi matematis, Minat Belajar

Full Text:

PDF

References


Ayu Dwi Putri dan Anik Yuliani, “Peningkatan Kemampuan komunikasi Matematis MA di Kabupatan Bandung Barat Pada Materi Barisan Dan Deret. Jurnal On education, Vol.01 No. 2.

Azmi, M, P. (2017). “ Penerapan Pendekatan CONCRETE–REPRESENTATIONA ABSTRACT (CRA) BerbasisIntuisi Untuk Meningkatkan Kemampuan komunikasi Matematik Siswa SMP” dalam Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ.Muhammadiyah Riau. 6, (1), 6

Andriani, M dan Hariyani, M. (2013). Pembelajaran Matematika. Pekanbaru: Benteng Media.

Chotimah, S. (2015). “Upaya meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP Di Kota Bandung dengan ditinjau dari minat belajar pada siswa SMP Di Kota Bandung”dalam Jurnal Ilmiah Stkip Siliwangi Bandung. 9, (1), 26.

Deswita, R. (2018). “Peningkatan Kemampuan komunikasi Matematis Siswa Melalui minat belajar iswa dengan Pendekatan Scientific” dalam Jurnal Riset Pendidikan Matematika. 1, (1), 37.

Fadillah, Ahmad (2016). Analisis Minat Belajar dan Bakat Terhadap Kemampuan

Hayati, G . (2018). ” Efektivitas Pendekatan RME (Realistic Mathematic Education)Terhadap Kemampuan komunikasi Metmatis Siswa Mathline. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 1 No. 2.

Matematis Siswa SMP Negeri 3 Angkola Selatan” dalam Journal Mathematic Education Tapanuli Selatan. 1, (3), 123.

Isnaeni, Sarah. Dkk (2018) Analisis Kemampuan komunikasi Matematis dan Minat Belajar Siswa SMP Pada Materi Persamaan Garis Lurus. Junral of Medives. Vol.2 No. 1.

Isok’atun dan Rosmala, A. (2018) Model-model Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Juhrani. (2017) Analisis Kemampuan komunikasi Matematis berdasarkan Minat Bea ljar siswapada PendekatanRME (Realistic Mathematic Education), dalam journal of Mathematics Education Research. 1, (1), 251-258.

Kusmaryono, ”Analysis Of Narrative Mathematical Questions On Textbooks Based Solo Taxonomy and Mathematical Power”, dalam Jurnal Daya Matematis. Vol. 5, No 3, 50-52 Januari 2017.

Kiki, J (2018) “Pendekatan Realistic Mathematic Education Untuk Meningkatkan Kemampuan komunikasi Matematis Siswa”, dalam jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif.1, (5), 914

.

Nizam. ‘ Hasi-hasil Assmen PISA oleh Pusat Penilaian Pendidikan Badan Penelitian dan Pengembangan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan,” Jakarta

Nurdiana,H (2018).” Kemampuan komunikasi Matematis Ditinjau dari Minat Belajar. Jurnal Pendidikan Matematika Searang. Vol.1. No. 1. 120-121.

Marfio Ario. (2016)” Analisis Kemampuan komunikasi Matematis Siswa SMP Setelah Mengikuti Pembelajaran Berbasis Masala. Jurnal Ilmiah Edu Reseacrh. Vol. 5 No.2

Jannah,L, M (2012). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Rahmayani, D (2014). “Penerapan Pembelajaran Reciprocal Teaching untuk Meningkatkan Kemampuan komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Matematika Siswa” Jurnal Pendidikan UNSIKA. 2,(2), 13-23.

Riduwan (2013). Skalla Pengukuran Variabl-Vriabel Penelitian. Bandung: Alfabeta

Ridwan,I,M. (2014). 50 Tipe Pembelajaran Kooperatif. Medan: Cv. Media Persada.

Siregar, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Dengan Perbandingan.

Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Pendekatan Kuantitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: AR- Ruzz Median.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Prosiding Seminar Nasional Paedagoria telah terindek: