Pembelajaran Beroutput Poster dalam Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan
Abstract
Abstract: The digitalization of learning media as a reinforcement in Citizenship Education is carried out in the form of forming independent, active, critical, and responsible citizens. The purpose of this study is to explain poster output learning in citizenship education courses. The approach used is a qualitative approach with a literature study method. The results showed that poster-based learning in the civics education course could develop students' ability to compose posters well by looking at the standards for assessing content, design, images, and conveyance of the material messages presented. The existence of poster-based learning is able to develop students' ideas and ideas to compose and be creative according to learning materials.
Abstrak: Digitalilsasi media pembelajaran sebagai suatu penguatan dalam Pendidikan Kewarganegaraan dilakukan berupa membentuk warga Negara yang mandiri, aktif, kritis, dan bertanggungjawab. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan pembelajaran beroutput poster dalam matakuliah pendidikan kewarganegaraan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi literature. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pembelajaran berbasis poster dalam matakuliah pendidikan kewarganegaraan dapat mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam menyusun poster dengan baik dengan melihat standard penilaian isi, desain, gambar, dan ketersampaian pesan materi yang disajikan. Adanya pembelajaran berbasis poster ini mampu mengembangkan ide dan gagasan mahasiswa untuk menyusun dan berkreasi sesuai materi pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Angraini, R. (2017). Karakteristik media yang tepat dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan sebagai pendidikan nilai. Journal of Moral and Civic Education, 1(1), 14–24.
Arliman, L. (2020). Tantangan Pendidikan Kewarganegaraan Pada Revolusi 4.0. Ensiklopedia Social Review, 2(3), 333–339.
Bay, R. R. (2019). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui Pembelajaran Saintifik dengan Menggunaan Media Gambar Foto di Kelas V Sekolah Dasar Negeri Boameze. Musamus Journal of Primary Education, 1(2), 83–92.
Bidaya, Z., & Umami, R. (2016). Implementasi Undang-Undang no. 23 Tahun 2004 Tentang Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (PKDRT) Berkaitan dengan Pranata Lokal di Desa Sokong Kecamatan Tanjung Kabupaten Lombok Utara. CIVICUS: Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(2), 30–39.
Bunyamin, M. (2004). Implementasi Model Pendidikan Resolusi Konflik Melalui Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Menengah Atas. Universitas Pendidikan Indonesia.
Dawson, R. E., & Prewitt, K. D. (1977). Political socialization. Boston: Little Brown and Company.
Dewi, C. A., Muhali, M., Kurniasih, Y., Lukitasari, D., & Sakban, A. (2022). The impact of Google Classroom to increase students’ information literacy. Int J Eval & Res Educ, 11(2), 1005–1014.
Fiteriani, I., Ningsih, N. K., Irwandani, I., Santi, K., & Romlah, R. (2021). Media Poster dengan Pendekatan Etnosains: Pengembangan Bahan Ajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(4), 540–554.
Fitriani, F., & Sakban, A. (2018). Penerapan Pendidikan Karakter Terhadap Efektifitas Penggunaan Kurikulum 2013 Dalam Persepektif Moral Bangsa di SMA Nurul Jannah NW Ampenan. CIVICUS: Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 6(1), 1–7.
Hartatik, S. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) Berbantu Media Poster Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Pkn Pada Siswa Kelas IV SD 2 Bae Kudus. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 7(1), 150–157.
Haryati, T., & Rochman, N. (2012). Peningkatkan kualitas pembelajaran pendidikan kewarganegaraan melalui praktik belajar kewarganegaraan (Project citizen). CIVIS, 2(2).
Hastürk, G., & Dogan, A. (2016). Effect of Triadic Teaching Approach in Some Environmental Subjects: Prospective Science Teachers Practice. International Journal of Environmental and Science Education, 11(5), 893–905.
Jannah, F. Z., Serevina, V., & Astra, M. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Poster Fisika Fluida Statis Berbasis Lingkungkan Dalam Bentuk Poster Photoscrap. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL) (Vol. 5, p. SNF2016-RND).
Maiyena, S. (2013). Pengembangan Media Poster Berbasis Pendidikan Karakteruntuk Materi Global Warming. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika, 3(1).
Niska, B. (2013). Penggunaan media poster untuk peningkatan hasil belajar siswa pada pelajaran pendidikan kewarganegaraan di sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 1–12.
Nurgiansah, T. H., Hendri, H., & Khoerudin, C. M. (2021). Role Playing dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. Jurnal Kewarganegaraan, 18(1), 56–64.
Nurhidayah, D., & Afifa, A. N. (2021). Penerapan Project Citizen Dalam Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Mengembangkan Keterampilan Abad 21. Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan, 11(1).
Perdana, D. R., & Adha, M. M. (2020). Implementasi Blended Learning untuk Penguatan Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Citizenship Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 8(2), 90–101.
Rachmadtullah, R. (2015). Kemampuan berpikir kritis dan konsep diri dengan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan siswa kelas V sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 287–298.
Rahmah, S. N., Kafrawi, M., & Mahsul, A. (2019). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Poster Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa. JIFP (Jurnal Ilmu Fisika Dan Pembelajarannya), 3(2), 58–62.
Rivai, S., & Sudjana, N. (1989). Teknologi Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Olgesindo.
Rizawayani, R., Sari, S. A., & Safitri, R. (2017). Pengembangan media poster pada materi struktur atom di SMA Negeri 12 Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(1), 127–133.
Sakban, A., & Wahyudin, W. (2019). Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Sekolah Menengah Pertama. CIVICUS: Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 18–24.
Sapriya. (2015). Pengembangan kurikulum program studi PKn sebagai disiplin ilmu terintegrasi berbasis KKNI. In Sapriya, C. Darmawan, Syaifullah, M. M. Adha, & C. Cuga (Ed.), Prosiding Seminar Nasional Penguatan Komitmen Akademik dalam Memperkokoh Jatidiri Pendidikan Kewar. Bandung: Laboratorium Pendidikan Kewarganegaraan-Universitas Negeri Yogyakarta.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan. Research and Development/R & D.
Tatang, S. (2015). Manajemen Pendidikan Berbasis Sekolah/Tatang S.
Trisiana, A. (2020). Penguatan pembelajaran pendidikan kewarganegaraan melalui digitalisasi media pembelajaran. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 10(2), 31–41.
Umami, M. R., Utomo, S. B., & Ashadi, A. (2016). Pengaruh media infografis dan poster pada pembelajaran joyful learning terhadap prestasi belajar siswa ditinjau dari kemampuan logika pada materi pokok kesetimbangan kimia kelas XI IPA semester gasal SMA Negeri Gondangrejo tahun pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Kimia, 5(3), 9–17.
Winataputra, U. S. (2001). Jatidiri pendidikan kewarganegaraan sebagai wahana sistemik pendidikan demokrasi: Suatu kajian konseptual dalam konteks pendidikan IPS. Universitas Pendidikan Indonesia.
Winataputra, U. S. (2015). Pendidikan kewarganegaraan: Refleksi historis-epistemologis dan rekonstruksi untuk masa depan. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Winataputra, U. S. (2015). Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) sebagai Pendidikan Karakter berbasis Nilai dan Moral Pancasila. Pengembangan Kurikulum Dan Pembelajaran PKn (2nd Ed., Pp. 1.1-1.36). Universitas Terbuka.
Zed, M. (2004). Metode peneletian kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia.
Zulfikar, M. F., & Dewi, D. A. (2021). Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Membangun Karakter Bangsa. JURNAL PEKAN: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(1), 104–115.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Prosiding Seminar Nasional Paedagoria telah terindek: