Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Synergetic Teaching Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP/MTs
Abstract
Abstract: This research aimed at knowing whether there was or not a difference in mathematic problem-solving ability between students taught by using an active learning strategy of Synergetic Teaching type and those who were taught direct learning. It was a quasi-experimental research with the Non-equivalent Control Group Design. The sample in this research was class VII-2 as the control class and VII-4 as the experimental class with the sampling technique of purposive sampling. The technique of analyzing the data technique used is t-test. The results of analyzing the data using t-test showed that the score of tobserved = 2.75> ttable = 2.00 so it could be concluded that there was difference in mathematic problem-solving ability between students taught by using an active learning strategy of Synergetic Teaching type and those who were taught direct learning.
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang memperoleh pembelajaran dengan strategi pembelajaran aktif tipe Synergetic Teaching dengan siswa yang memperoleh pembelajaran langsung. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dengan desain Non equivalent Control Group Design. Sampel dalam penelitian adalah kelas VII-2 sebagai kelas kontrol dan VII-4 sebagai kelas eksperimen dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. Hasil analisis data dengan menggunakan uji-t menunjukkan nilai t_hitung= 2,75> t_tabel=2,00 sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang mengikuti strategi pembelajaran aktif tipe Synergetic Teaching dengan siswa yang memperoleh pembelajaran langsung.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Hadi, S. (2017). Pendidikan Matematik Realistik: Teori Pengembangan, dan Implementasinya. Jakarta: Rajawali Pers.
Hartono, H. (2008). SPSS 16.0 Analisis Data Statistika dan Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Meidawati, Y. (2014). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(2), 1–10.
OECD. (2015). PISA 2015 Assessment and Analytical Framework: Science, Reading, Mathematic, Financial Literacy and Collaborative Problem Solving. Paris: OECD.
Purwosusilo, P. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Dan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMK Melalui Strategi Pembelajaran React (Studi Eksperimen Di SMK Negeri 52 Jakarta). Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(2), 30–40.
Silberman, M. L. (2014). Active Learning: 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nuansa Cendekia.
Sudjana, N. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono, S. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suherman, E. (2001). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA UPI.
Zakaria, E., Nordin, N. M., & Ahmad, S. (2007). Trend Pengajaran dan pembelajaran Matematik. Kuala Lumpur: PRIN-AD SDN. BHD.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Prosiding Seminar Nasional Paedagoria telah terindek: