Metode Pembelajaran Quantum Learning Berbasis Strategi Inkuiri pada Pembelajaran PPKn

Nova Apriliani, Ardilansari Ardilansari, Saddam Saddam, Maemunah Maemunah, Deviana Mayasari, Sri Rejeki

Abstract


Abstrak: Quantun learning merupakan metode pembelajaran yang inovatif dimana metode ini lebih berpusat pada peserta didik yang mana peserta didik harus aktif dalam mencari jawaban suatu permasalahan. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah mengkaji metode pembelajaran quantum learning serta strategi inkuiri dapat meningkatkan pengetahuan serta hasil belajar peserta didik. Metode yang digunakan adalah metode Systematic Literature Review (SLR). Berdasarkan hasil penelitian, metode quantum learning serta strategi inkuiri dapat meningkatkan pengetahuan serta hasil belajar peserta didik pada mata pembelajaran PPKn.

Abstract: Quantun learning is an innovative learning method where this method is more centered on students where students must be active in finding answers to problems. The purpose of this research is to examine quantum learning methods and inquiry strategies that can improve students' knowledge and learning outcomes. the method used is the Systematic Literature Review (SLR) method. Based on the results of the study, quantum learning methods and inquiry strategies can improve students' knowledge and learning outcomes in Civics learning subjects.


Keywords


Quantum learning; Inquiry; Learning outcomes; Civics.

Full Text:

PDF

References


Debby, M., Astuti, P., Awaliyah, S., & Suhartono, E. (2022). Pengembangan Media Flashcard Kombinasi Dalam Mata Pelajaran PPKn SMP Kelas VII Development Of Combination Flashcard Media In Pancasila And Civic Education Subject At Junior High School Grade 7 Th. http://journal2.um.ac.id/index.php/jppk

Diana Riski, A., Studi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, P., Muhammadiyah Sumatera Utara Medan Jl Muchtar Basri No, U., Daat, G. I., Medan Timur, K., Medan, K., & Utara, S. (2023). Efek Model Pembelajaran Inquiry terhadap Critical Thingking Peserta Didik dalam Mata Pelajaran. JIMEDU, 3, 54–62.

Hakim, L., Stkip, A., & Negara, K. (2019). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara Meningkatkan Kemampuan Belajar PKn Siswa melalui Model Pembelajaran Inquiry.

Hartidini, S., & Ratna, E. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Media Audiovisual Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Argumentasi Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Lengayang Kabupaten Pesisisr Selatan.

Ketut Suardana, I. S. (2023). Penggunaan Model Pembelajaran Kuantum Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar PKn Siswa SD Negeri Tulangampiang. Indonesian Journal of Educational Development, 3(4). https://doi.org/10.5281/zenodo.7675864

Lubis, R., & Syaifullah, M. (2021). Pengaruh Metode Quantum Learning Terhadap Hasil Pembelajaran Ipa Di Sd Negeri 3 Kutacane. 11(2). https://doi.org/10.21210/xxx

Rusmiati. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Quantum Learning Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar PKn Materi Menghargai Nilai Juang Para Perumus Pancasila Siswa Kelas VI Di Gugus VI Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 6(1).

Muftahid, H., & Andika, D. (2019). MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran Upaya Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Pada Mata Pelajaran PPKN (Penelitian Tindakan Kelas Pada Kelas VIII SMP Muhammadiyah Labuan) A R TIC LE I N F O A BS T RA C T. 5(2). https://doi.org/10.30653/003.201952.82

Safruddin. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendidikan Model Quantum Learning Dengan Setting Kooperatif Pada Siswa Kelas XI IPA.2 SMA Negeri 1 Masamba. Prosiding Seminar Nasional, 03(1).

Putra, A., & Afrilia, K. (2020). Systematic Literature Review : Penggunaan Kahoot Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika AL-QALASADI, 4(2), 110–122.

Rusmiati, N. M. (2022). Peningkatan Prestasi Belajar PPKn dengan Optimalisasi Model Pembelajaran Inquiry pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Journal of Education Action Research, 6(2), 195–200. https://doi.org/10.23887/jear.v6i2.45509

Sakban, A. (2019). CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Sekolah Menengah Pertama. 1–7.

Sandra Nurlita, P., & Yulianto, A. (2020). Analysis of Quantum Learning Model with Peer Assessment on Achievement Student’s Critical Thinking Skill in Mathematics Article Info. Journal of Primary Education, 9(1), 44–51. https://doi.org/10.15294/jpe.v11i3.35653

Lasip, & Rohimah. (2022). Efforts To Improve Student’s Learning Achievement Through Quantum Teaching Method On Civic Educatin Subjects In 4 Th Grade SDN Kaungcaang 2. 8(1).

Sembiring, M. (2019). Implementasi Pembelajaran Berbasis Inkuiri dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Pelajaran PKn. Sosial Dan Kebudayaan, 6. https://doi.org/10.32505/tarbawi.v6i2.1285

Senmay, K., Wira Bayu, G., & Sumantri, M. (2021). Effectiveness Quantum Teaching Model in Elementary School Students’ Civics Learning.

Siregar, T., Apriliani, A., & Kalsum, U. (2022). Al Itihadu Jurnal Pendidikan Metode Pembelajaran Quantum Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa MI (Vol. 1, Issue 1). https://jurnal.asrypersadaquality.com/index.php/alittihadu

Chaidir. (2021). Peningkatan Prestasi Belajar PKn Melalui Metode Quantum Learning Pada Siswa Kelas I SD Negeri Geulumpang Minyeuk. 2(2), 54–64.

Tarwani, A., & Herdiana, D. (2021). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 21(2), 122–141. https://doi.org/10.17509/jpp.v21i2.33258

Utomo, K. B., Tinggi, S., Islam, A., & Surabaya, T. (2018). Strategi Dan Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam MI. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 5(2). Strategi Dan Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam MI

Wairata, E. (2021). Penerapan Metode Belajar Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Materi Pokok Nilai-Nilai Pancasila dalam Kerangka Praktik Penyelenggaraan Pemerintahan Negara. Journal of Education Action Research, 5(3), 392–397. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/index

Wayan Setiasih Negeri, N. S., & Kerambitan, K. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Kuantum Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar PKn Siswa Kelas VI. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2(3).

Wirabumi, R. (2020). Metode Pembelajaran Ceramah. In Annual Conference on Islamic Education and Thought ACIET: Vol. I (Issue I).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Seminar Nasional Paedagoria telah terindek: