Penerapan Nilai-Nilai Pancasila dalam Meningkatkan Etika dan Moralitas pada Usia Remaja

Arini Hubbi Farodisa, Ardilansari Ardilansari, Saddam Saddam, Maemunah Maemunah, Sri Rejeki, Deviana Mayasari

Abstract


Abstrak: Pendidikan adalah upaya secara sadar dalam mewujudkan sesuatu pewarisan budaya dari satu generasi ke generasi yang lain. Secara khusus ketika memasuki usia remaja, masalah presensi jiwa muda semakin berkembang dalam meninggalkan nilai-nilai Pancasila. Hal ini membuat para remaja tidak lagi menjadikan Pancasila sebagai landasan utama mereka dalam bertindak dan berperilaku yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan etika dan moralitas diusia remaja dengan menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Systematic Literature Review (SLR). Hasil penelitian bahwa Pancasila sangat berperan penting dalam menyikapi perkembangan zaman karena nilai-nilai dasar Pancasila dapat dikembangkan dengan kehidupan warga negara Indonesia khususnya bagi para remaja.


Abstract: Education is a conscious effort in realizing a cultural inheritance from one generation to another. In particular, when entering adolescence, the problem of young soul presence is growing in leaving the values of Pancasila. This makes teenagers no longer make Pancasila as their main foundation in acting and behaving well. The purpose of this research is to improve ethics and morality in adolescence by applying the values of Pancasila in everyday life. The method used in this research is the Systematic Literature Review (SLR) method. The result of the research is that Pancasila plays a very important role in addressing the times because the basic values of Pancasila can be developed with the lives of Indonesian citizens, especially for teenagers.


Keywords


Pancasila Values; Ethics; Morality; Teenager.

Full Text:

PDF

References


Adillah, F. C. (2022). Implementation of Living Values Education Pancasila Values In the Generation of Indonesians. QISTINA: Jurnal Multidisiplin Indonesia, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.57235/qistina.v1i1.15

Amri, S. R. (2018). Pancasila Sebagai Sistem Etika. Voice of Midwifery, 8(01), 760–768. https://doi.org/10.35906/vom.v8i01.43

Anggraini, D., & Hafsah, H. (2019). Upaya Guru Ppkn Dalam Proses Remedial Di Bawah Kriteria Ketuntasan Minimal Kelas Viii Smp Negeri 3 Dompu. Civicus : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 6(2), 23. https://doi.org/10.31764/civicus.v6i2.671

Ariska, P. A. (2018). Peran Guru Sebagai Pembimbing Dalam Meningkatkan Nilai-Nilai Pancasila Pada Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Pakel Tulungagung Tahun Ajaran 2016-2017. Jurnal Rontal Keilmuan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4, 45–58.

Benu, A. Y., Maria, A., Rafael, D., Baok, I., Tungga, I. Y., Niron, M. M. N., Ndolu, N. A., & Leo, V. P. (2022). Penerapan Nilai Moral Pancasila Dalam Mewujudkan Generasi Anti Korupsi Di. Pemimpin-Pengabdian Masyarakat Ilmu Pendidikan, 2(1), 13–17.

Dwiputri, F. A., & Anggraeni, D. (2021). Penerapan Nilai Pancasila dalam Menumbuhkan Karakter Siswa Sekolah Dasar yang Cerdas Kreatif dan Berakhlak Mulia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1267–1273.

Ghofur, A. (2010). Prosiding Seminar Nasional Ritektra. 81–90.

Hani Risdiany, dan D. A. D. (2021). Jurnal Pendidikan Indonesia PENGUATAN KARAKTER BANGSA SEBAGAI IMPLEMENTASI NILAI- Hani Risdiany , Dan Dinie Anggraeni Dewi Universitas Pendidikan Indonesia , Cibiru , Indonesia INFO ARTIKEL Diterima Diterima dalam bentuk review 16 April 2021 Diterima dala. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(4), 696–711.

Indra, A. D., & Budimansyah, D. (2020). Implementation of Pancasila Values in Improving Nationalism for Young Generation. 418(Acec 2019), 73–76. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200320.014

Kurniawaty, J. B., & Widayatmo, S. (2021). Membumikan Nilai-Nilai Pancasila Dalam Dunia Pendidikan Di Indonesia. JAGADDHITA: Jurnal Kebhinnekaan Dan Wawasan Kebangsaan, 1(1). https://doi.org/10.30998/jagaddhita.v1i1.807

Malini, S., Dinie, &, & Dewi, A. (2022). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Upaya Pembangunan Karakter Bangsa Di Era Globalisasi Modern. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 1032–1038.

Manurung, E. A. P., & Maria Osmunda Eawea Monny. (2021). Implementation of Pancasila Value for Generation Z in Technology Development. Jurnal Hukum Prasada, 8(1), 65–69. https://doi.org/10.22225/jhp.8.1.2936.65-69

Masyithoh, D., Bintari, D. P., & Pratiwi, D. M. (2021). Pentingnya Penerapan Nilai-Nilai Pancasila Pada Remaja di Era Society 5.0. Jurnal Sumbangsih, 2(1), 156–163. https://doi.org/10.23960/jsh.v2i1.48

Mutia, F., Ndona, Y., & Setiawan, D. (2022). Peranan Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Sintaksis, 4(04), 80–88. http://jurnal.stkipalmaksum.ac.id/index.php/Sintaksis/article/view/251%0Ahttp://jurnal.stkipalmaksum.ac.id/index.php/Sintaksis/article/download/251/252

Muttaqin, Z. (2019). Pemahaman dan Implementasi Ideologi Pancasila di Kalangan Generasi Muda (Studi Kasus di Desa Sumi Kecamatan Lambu Kabupaten Bima). CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 7(2), 27. https://doi.org/10.31764/civicus.v7i2.1139

Nurohmah, A. N., & Dewi, D. A. (2021). Penanaman Nilai Moral dan Karakter di Era Pandemi melalui Pendidikan dengan Mengimplementasikan Nilai-Nilai Pancasila. Journal of Education, Psychology and Counseling, 3(1), 119–128.

Nurohmah, A. N., Rahma, D., Izzati, N., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila pada Siswa Sekolah Dasar dalam Kehidupan Sehari-hari. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(3), 116–124. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i3.191

Oktariani, D., Herlissha, N., Hadis, & Saputri, L. (2022). Menerapkan Nilai-Nilai Pancasila Pada Manajemen Sumber Daya Manusia Di Era Globalisasi. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 2153–2160.

Oktaviana, D., Dinie, &, & Dewi, A. (2022). Peran Pancasila Dalam Menangani Krisis Moralitas Di Indonesia. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 1599–1600.

Pedrason, R., Hamid, S., Kade, I. G., & Harryarsana, B. (2023). Penerapan Nilai-Nilai Dan Moral Pancasila Dalam Kehidupan Masyarakat Desa Sentul , Kecamatan. 4(2), 1559–1566.

Putri, A. L., Dwika, F., Charista, F., Lestari, S., & Trisiana, A. (2020). Implementasi pancasila dalam pembangunan dibidang pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 7(1), 13–22.

Putri, F. S., & Dewi, D. A. (2021). Implementasi Pancasila Sebagai Sistem Etika. Journal of Education, Psychology and Conunseling, 3, 176–184.

Putri, I. C., & Dewi, D. A. (2021). Konstruksi Sosial : Jurnal Penelitian Ilmu Sosial Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Wawasan Kebangsaan di Era. Konstruksi Sosial, 1(9), 1–6.

Rahma, D., & Dewi, D. A. (2021). Milenial Mengimplementasi Nilai Pancasila: Sebuah Harapan dan Cita-Cita. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 3(1), 135–145. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/1310

Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.

Rinaldi, K., & Askarial, A. (2022). Penyuluhan Penanaman Pendidikan Moralitas Dan Nilai Pancasila Pada Anak. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 170–174.

Rismawati, R., Rahim, A., & Nur, J. (2019). Penerapan Nilai-nilai Pancasila dalam Mencegah Kenakalan Remaja di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Enrekang. JED (Jurnal Etika Demokrasi), 4(2), 115–123. https://doi.org/10.26618/jed.v4i2.2394

Setyaningsih, E., Wahyuni, N., Canta, D. S., & Hermawansyah, A. (2022). Sosialisasi Implementasi Pancasila Terhadap Perilaku Remaja. Jompa Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 45–50. https://doi.org/10.55784/jompaabdi.vol1.iss2.79

Sormin, Y., & Dewi, D. A. (2022). Menginternalisasi Nilai-Nilai Pancasila pada Generasi Milenial untuk Menumpas Gerakan Intoleransi Menuju Indonesia Maju. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6, 9885–9892. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/3986

Sulianti, A., Efendi, Y., & Sa’diyah, H. (2020). Penerapan Nilai-Nilai Pancasila dalam Lembaga Pendidikan. Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(1), 54–65. https://doi.org/10.24269/jpk.v5.n1.2020.pp54-65

Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Werla Putra, G., & Iswara, B. (2019). Metode Systematic Literature Review untuk Identifikasi Platform dan Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems, 1(2), 63. https://doi.org/10.24002/ijis.v1i2.1916

Wanda , Nurjanah, Dr. Elan, M.Pd , dan Budi Rachman, S. P. (2022). Menanamkan Nilai-Nilai Pancasila Pada Anak Usia Dini di Masa Pandemi Abstrak. JMECE: Journal of Modern Early Childhood Education, 02(1), pp.15–19.

Wilananda, T., Naibaho, F., Pamungkas, A., Unggul, U. E., & Barat, J. (2021). Penerapan Etika Pancasila Dalam Konteks Kehidupan Perkuliahan. Forum Ilmiah, 18(3), 297–305.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Seminar Nasional Paedagoria telah terindek: