Ekperimen pembelajaran matematika dengan strategi Teams Games Tournament dan Think Pair Share terhadap keaktifan siswa belajar matematika
Abstract
Abstrak: Keberhasilan suatu pembelajaran berkaitan erat dengan keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran tersebut. Namun, seringkali siswa malas atau kurang aktif dalam pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dampak metode pembelajaran Teams Games Tournament dan Think Pair Share terhadap keaktifan siswa belajar matematika. Artikel ini disusun dengan menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR). Dalam bahasa Indonesia disebut tinjauan pustaka sistematis adalah metode literature review yang mengidentifikasi, mengkaji, mengevaluasi, serta menafsirkan semua penelitian yang tersedia. Untuk merampungkan penelitian ini, peneliti mengumpulkan artikel jurnal dari Google Schoolar sebanyak 50 artikel. Artikel yang dikumpulkan hanya artikel yang dipublikasikan dalam rentang waktu 2018 hingga 2023. Dari berbagai artikel, peneliti memilih 25 artikel yang terkait erat dengan kata kunci yang digunakan. Hasil penelitian menyatakan model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament ( TGT ) dan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share ( TPS ) dapat menciptakan pembelajaran matematika yang aktif bagi siswa.
Abstract: The success of a lesson is closely related to the activeness of students in following the lesson. However, students are often lazy or less active in learning mathematics. The purpose of this study was to determine the impact of the Teams Games Tournament and Think Pair Share learning methods on the activeness of students learning mathematics. This article was prepared using the Systematic Literature Review (SLR) method. In Indonesian, it is called a systematic literature review, which is a literature review method that identifies, reviews, evaluates, and interprets all available research. To complete this research, researchers collected 50 journal articles from Google Scholar. The articles collected were only articles published in the period 2018 to 2023. From various articles, researchers selected 25 articles that were closely related to the keywords used. The results of the study stated that the Teams Games Tournament (TGT) cooperative learning model and the Think Pair Share (TPS) cooperative learning model can create active mathematics learning for students.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
REFERENSI
Hasanah, Z., & Himami, A. S. (2021). Model pembelajaran kooperatif dalam menumbuhkan keaktifan belajar siswa. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 1(1), 1–13.
Hudri, M., & Irwandi, H. (2018). Improving students’ reading skill through Think-Pair-Share (TPS) technique. IJECA (International Journal of Education and Curriculum Application), 90–98.
Ilham, I. (2019). THE EFFECT OF THINK PAIR SHARE METHOD TOWARD THE STUDENTSREADING ACHIEVEMENT. Linguistics and ELT Journal, 3(2), 48–59.
Jannah, N. H., & Mudjiran, M. (2019). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share, Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Basicedu, 3(4), 2125–2129.
Khaesarani, I. R. (2021). Studi Kepustakaan Tentang Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Wahana Matematika Dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, Dan Pembelajarannya, 15(3), 37–49.
Lestari, S. E. C. A., Hariyani, S., & Rahayu, N. (2018). Pembelajaran kooperatif tipe TGT (teams games tournament) untuk meningkatkan hasil belajar matematika. Pi: Mathematics Education Journal, 1(3), 116–126.
Maiti, M., Ruhmayanti, H., Agustina, H., & Syaharuddin. (2021). META-ANALISIS: MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 4(1), 7–13. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/pendekar.v4i1.4378
Malik, N. (2020). PENINGKATAN KEMAMPUAN MATEMATIKA MELALUI ARITMATIKA DI TAMAN KANAK-KANAK. Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter, 3(2), 22–27.
Maloring, B. D. C., Sandu, A., Soesanto, R. H., & Seleky, J. S. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATEMATIKA [IMPLEMENTATION OF THE COOPERATIVE LEARNING MODEL TYPE TEAMS GAMES TOURNAMENT TO IMPROVE STUDENTS’LEARNING ACTIVITIES IN MATHEMA. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 16(2), 282–301.
Mukminah, M., Fitriani, E., Mahsup, M., & Syaharuddin, S. (2020). Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Justek: Jurnal Sains Dan Teknologi, 2(2), 1–5.
Murtiyasa, B., & Hidayah, D. N. (2022). Perbandingan Pengaruh Strategi Make A Match Dan Teams Games Tournament Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Keaktifan. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(1), 694–702.
Noor, N., & Munandar, I. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif (Tipe TAI dan TPS) dan Aktivitas Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika: Eksperimen Pada Kelas X SMK Kosgoro Karawang. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 11(1), 65–75.
Nugraha, S. A., Sudiatmi, T., & Suswandari, M. (2020). Studi pengaruh daring learning terhadap hasil belajar matematika kelas iv. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 265–276.
Nurfajriah, S., Netriwati, N., & Widyastuti, R. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament Menggunakan Sandi Semaphore Pramuka Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Tipe Kepribadian Siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 3178–3189.
Pour, A. N., Herayanti, L., & Sukroyanti, B. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick terhadap Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 2(1), 36–40.
Putri, I. D. C. K., & Widodo, S. A. (2018). Hubungan antara minat belajar matematika, keaktifan belajar siswa, dan persepsi siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa.
Rizal, M. S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (Ttw) Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Kelas Iv Sdm 020 Kuok. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 105–117.
Santosa, D. S. S. (2018). Manfaat Pembelajaran Kooperatif Team Games Tournament (TGT) dalam Pembelajaran. Ecodunamika, 1(3).
Sari, D. N. (2021). PENGARUH PENGGUNAAN DISCOVERY LEARNING DENGAN SCRAMBLE TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA N 1 KLEGO KABUPATEN BOYOLALI SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2020/2021. SECONDARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah, 1(3), 136–149.
Seran, E. (2018). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISW. Buana Matematika: Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(2), 115–120.
Sugiharti, E. H. (2018). Efektivitas Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Awal.
Suwela, I. K. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair and Share untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika. Journal of Education Action Research, 5(1), 95–101.
Widada, S. (2020). Strategi team game tournament untuk meningkatkan konsentrasi dan keaktifan belajar matematika. Tajdidukasi: Jurnal Penelitian Dan Kajian Pendidikan Islam, 10(1), 10–18.
Yahya, A., & Bakri, N. W. (2019). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) dengan aplikasi QR code terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 5(01), 90–100.
Yuliana, R., Hartini, H., & Hajj, Z. M. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK. Cendekia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(1), 1–12.
Yunita, A., Juwita, R., & Kartika, S. E. (2020). Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament terhadap hasil belajar matematika siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 23–34.
Zain, B. P., & Ahmad, R. (2021). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Motivasi dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3668–3676.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Prosiding Seminar Nasional Paedagoria telah terindek: