Implementasi Metode Pembelajaran Kooperatif Pada Pembelajaran Jarak Jauh Untuk Meningkatkan Partisipasi Siswa

Wiya Mela Astari, Winda Sari, Sri Rezeki, Saddam Saddam, Isnaini Isnaini, Maemunah Maemunah

Abstract


Abstract:Kurangnya partisipasi dan keaktifan siswa pada kegiatan pembelajaran jarak jauh menyebabkan rendahnya prestasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan partisipasi dan keaktifan siswa selama proses pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Teams Geams Tournament ( TGT ) pada pembelajaran jarak jauh untuk meningkatkan partisipasi siswa. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Studi Literature Riview ( SLR ) merujuk pada metodologi penelitian tertentu dan pengembangan untuk mengumpulkan serta mengevaluasi penelitian yang terkait pada fokus topik tertentu. Data penelitian ini berasal dari berbagai jurnal nasional terakreditasi sinta yang mengkaji tentang berbagai macam metode pembelajaran yang dapat di gunakan pada pembelajaran jarak jauh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran yang cukup efektif di terapkan adalah metode pembelajaran kooperatif tipe ( TGT ). Metode tersebut memiliki 5 komponen yaitu: (1) Persentase kelas, (2) Belajar dalam kelompok, (3) Permainan, (4) Pertandingan, (5) Penghargaan kelompok. Dari beberapa komponen tersebut peneliti menyimpulkan bahwa metode tersebut dapat mengatasai rendahnya partisipasi dan keaktifan siswa selama proses pembelajaran jarak jauh.

Abstract: Lack of student participation and activeness in distance learning activities causes low student achievement. This study aims to determine the increase in student participation and activity during the learning process using the Teams Geams Tournament (TGT) cooperative learning method in distance learning to increase student participation. The type of research used is the Literature Review Study (SLR) referring to the research methodology. and development to collect and evaluate related research on a particular topic focus. The research data comes from various sinta accredited national journals which examine various kinds of learning methods that can be used in distance learning. The results showed that the learning model that was quite effective in applying was the cooperative learning method (TGT). This method has 5 components, namely: (1) Class percentage, (2) Learning in groups, (3) Games, (4) Competitions, (5) Group awards. From these several components the researcher concluded that this method can overcome the low participation and activeness of students during the distance learning process.

 


Keywords


Student participation; Distance learning; TGT,

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Seminar Nasional Paedagoria telah terindek: