Implementasi Teori Belajar Matematika terhadap Keberhasilan Belajar Siswa
Abstract
Abstrak: Paper ini memetakan berbagai perspektif tentang teori belajar dan pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan teori belajar dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah systematic literature review. Metode ini dilakukan dengan mengidentifikasi, mengkaji, mengevaluasi serta mentafsirkan semua penelitian yang tersedia. Tinjauan sistematis ini menggunakan 50 artikel yang berasal dari database google scholar antara tahun 2018 hingga 2023 untuk memfokuskan penelitian ini maka disortir berdasarkan kriteria dan kata kunci yang telah di tentukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan teori belajar burner meningkatkan meningkatkan hasil belajar, aktivitas belajar, dan minat belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini menunjukkan teori belajar berdampak terhadap keberhasilan belar siswa pada pembelajaran matematika.
Abstract: This paper maps various perspectives on learning theory and its effect on student learning outcomes. The main purpose of this study was to find out whether the use of learning theory can improve student learning outcomes in mathematics subjects. The method used in this study is systematic literature review. This method is done by identifying, reviewing, evaluating and interpreting all available research. This systematic review uses 50 articles from the Google Scholar database between 2018 and 2023 to focus this research and sort by criteria and keywords that have been determined. The results of this study show that the use of burner learning theory increases learning outcomes, learning activities, and student learning interest in mathematics learning, this shows that learning theory has an impact on the success of students' learning in mathematics learning.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aditya, Dedy Yusuf, and Ai Solihah. 2021. “Prosiding Seminar Nasional Sains Mengembangkan Konsep Bangun Ruang Dengan Teori Belajar Bruner Pada Sekolah Menengah Pertama.” 2(1): 188–95.
Afsari, Sisca, Islamiani Safitri, Siti Khadijah Harahap, and Lia Sahena Munthe. 2021. “Systematic Literature Review : Efektivitas Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Pada Pembelajaran Matematika Systematic Literature Review : The Effectiveness Of Realistic.” 1(3): 189–97.
Agustina, Winda, and Zahra Chairani. 2020. “Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Menurut Teori Belajar Jerome Bruner Untuk Materi Keliling Dan Luas Lingkaran Di Kelas VIII.” 8(1): 11–17.
Andayani, Lilik. 2022. “Meningkatan Hasil Belajar Operasi Hitung Bilangan Bulat Negatif Melalui Implementasi Teori Belajar.” 2(September): 434–37.
Asma, Nurul, Noviyanti, and Khairunnisak. 2022. “Pengaruh Teori Belajar Vygotsky Pada Materi Aljabar Linier Terhadap Self-Effect Mahasiswa Prodi Informatika.” 2(4): 496–503.
Atikah, and Uus Kuswendi. 2022. “Pembelajaran Pecahan Senilai Melalui Teori Dienes Di Kelas Iv Sdn 195 Isola Kota Bandung.” 5(3): 602–9.
Dhori, Muhammad. 2021. “Analisis Teori Belajar Behavioristik Dalam Proses Belajar Mengajar Di SD Negeri 7 Kayuagung.” Heutagogia Journal Of Islamic Education 1: 95–107.
Khotimah, Sita Husnul, and Muhammad As’ad. 2020. “Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar.” 4: 491–98.
Lasmita, Ayu Sita, Margiati, and Nurhadi. “Pengaruh Teori Belajar Van Hiele Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Di SD.” : 1–10.
Mahsup, Mahsup et al. 2020. “Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Tutor Sebaya.” Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran 6(3): 609.
Mandailina, Vera, and Mahsup Mahsup. 2018. “Efektivitas Pembelajaran Matematika Dengan Metode Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Kubus Dan Balok Kelas VIII SMP/MTs.” JTAM | Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika 2(2): 144.
Mariani. 2020. “Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Materi Lingkaran Dengan Metode Dienes Siswa Kelas VI Semseter I SDN 1 Kopang Kecamatan Kopang Tahun.” 4(1).
Marni, Anni, and A Ruslimin. 2021. “Penerapan Teori Belajar Gagne Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VII C Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Enrekang.” 2(2): 18–30.
Morina, Cut. 2019. “Respon Siswa Terhadap Pemberian Bantuan Melalui Pertanyaan Guru Berbasis Teori Vygotsky Pada Pembelajaran Matematika Di Kelas IX.” 4(2): 196–205.
Nuraini, Lia, Epon Nur, and Nana Ganda. 2021. “Pedadidaktika : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Pengaruh Penerapan Teori Belajar Van Hiele Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sifat-Sifat Bangun Datar.” 8(2): 395–403.
Pangabean, Ellis Mardiana. 2022. “Implementasi Teori Belajar Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Thinking Aloud Pair Problem Solving ( TAPPS ).” 1(1): 22–27.
Pasaribu, Glorista Riwanti. 2022. “Effects of Applying Gagne ’ S Theory of Learning on Mathematics Learning Outcomes.” 3: 64–69.
Pratiwi, Farisia, Titik Sugiarti, and Fajar Surya Hutama. 2020. “Penerapan Teori Belajar Van Hiele Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Luas Persegi, Persegi Panjang, Dan Segitiga.” Widyagogik : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar 7(2): 128–38.
Putra, Aan, and Ines Feltia Milenia. 2021. “Systematic Literature Review : Media Komik Dalam Pembelajaran Matematika.” 3(1): 30–43.
Rudiansyah, Ahmad Febrian, Sripatmi, Yunita Septriana Anwar, and Nurul Hikmah. 2021. “Penerapan Model Discovery Learning Pada Pembelajaran Garis Singgung Lingkaran Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Siswa.” 1: 19–28.
Stefanus, C R, and Agustina Tyas A H. 2019. “Upaya Peningkatan Penguasaan Konsep Geometri Matematika Berdasarkan Teori Belajar Bruner Pada Siswa Kelas IV SD.” 3(2): 105–13.
Suparlan. 2021. “Penerapan Teori Belajar Prilaku Dalam Meningkatkan Hasil Belajar SD/MI.” AlKhimad 5: 1–9.
Wibisono, Hendrar Ahmad, Hendri Eka Jaya Putra, and Suyitno Muslim. 2021. “Pengaruh Teori Belajar Skinner Melalui Model Picture and Picture Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis.” Jurnal Teknologi Pendidikan 10(2): 261–75. https://uia.e-journal.id/Akademika/article/view/1448.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Prosiding Seminar Nasional Paedagoria telah terindek: