Pentingnya Teknologi dalam Dunia Pendidikan untuk Bersaing di Era 4.0 serta Pengaruhnya
Abstract
Abstrak: Saat ini dunia telah memasuki era revolusi industri generasi 4.0 yang ditandai dengan meningkatnya sistem digital, kecerdasan artifisial, dan virtual. Dengan semakin konvergennya batas antara manusia, mesin dan sumber daya lainnya, teknologi informasi dan komunikasi tentu berimbas pula pada berbagai sektor kehidupan. Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian guna untuk mengetahui peran positif maupun peran negatif teknologi di dunia Pendidikan era 4.0 sehingga pendidik dapat bersaing dan lebih bijak dalam menggunakan teknologi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian SLR (Systematic Literature Review) untuk mengumpulkan berbagai literatur atau artikel. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teknologi berperan penting dalam dunia Pendidikan untuk mempersiapkan pendidik yang mampu bersaing di era 4.0 dengga penggunaan teknologi secara bijak, baik dan benar.
Abstract: At present the world has entered the era of the 4.0 generation industrial revolution which is marked by increasing digital, artificial intelligence and virtual systems. With the increasingly convergent boundaries between humans, machines and other resources, information and communication technology certainly also has an impact on various sectors of life. Therefore, researchers conducted research in order to find out the positive and negative roles of technology in the world of education in the 4.0 era so that educators can compete and be wiser in using technology. This study uses the type of SLR (Systematic Literature Review) research to collect various literature or articles. The results of this study indicate that technology plays an important role in the world of education to prepare educators who are able to compete in the 4.0 era by using technology wisely, properly and correctly.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Agustian, N., & Salsabila, U. H. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Pembelajaran. Islamika, 3(1), 123–133. https://doi.org/10.36088/islamika.v3i1.1047
Apriliawati, D. (2020). Diary Study sebagai Metode Pengumpulan Data pada Riset Kuantitatif: Sebuah Literature Review. Journal of Psychological Perspective, 2(2), 79–89. https://doi.org/10.47679/jopp.022.12200007
Astini, N. K. S. (2019). Pentingnya Literasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Bagi Guru Sekolah Dasar Untuk Menyiapkan Generasi Milenial. Prosiding Seminar Nasional Dharma Acarya, 1(2018), 113–120.
Azzahra, A. (2022). Pemanfaatan Teknologi Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. http://dx.doi.org/10.31219/osf.io/c54um
Doringin, F., Tarigan, N. M., & Prihanto, J. N. (2020). Eksistensi Pendidikan Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Teknologi Industri Dan Rekayasa (JTIR), 1(1), 43–48. https://doi.org/10.53091/jtir.v1i1.17
Dwi Rahayu, I., Vratitiwi, S., Melshandika, Y., Hardewiyani, T., & Ramadhani, R. (2021). Pengaruh Teknologi Dalam Meningkatkan Dunia Pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(3), 126–131. https://doi.org/10.34125/mp.v6i3.675
Gani, A. A., & Saddam, S. (2020). Pembelajaran Interaktif Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Mobile Learning di Era Industri 4.0. CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 8(1), 36. https://doi.org/10.31764/civicus.v8i1.1849
Latifah, L., & Ritonga, I. (2020). Systematic Literature Review (SLR): Kompetensi Sumber Daya Insani Bagi Perkembangan Perbankan Syariah Di Indonesia. Al Maal: Journal of Islamic Economics and Banking, 2(1), 63. https://doi.org/10.31000/almaal.v2i1.2763
Lestari, S. (2018). Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94–100. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459
Maritsa, A., Hanifah Salsabila, U., Wafiq, M., Rahma Anindya, P., & Azhar Ma’shum, M. (2021). Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91–100. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.303
Masjudin, M. (2020). Manfaat Media Teknologi Dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam Dan Isu-Isu Sosial, 5(2), 32–44. https://doi.org/10.37216/tarbawi.v5i2.295
Pendidikan, I., & Abad, D. I. (n.d.). Pengaruh teknologi informasi dalam perkembangan inovasi pendidikan di abad 21. 1–8.
Rusdiana, S., Diponegoro, J., Bondowoso, K., Timur, J., Penelitian Ternak, B., & Pertanian Republik Indonesia, K. (2022). Peranan Kelembagaan Peternakan, Sebuah Eksistensi Bukan Hanya Mimpi: Ulasan dengan Metode Systematic Literature Review (SLR) The Role of Animal Husbandry Institutions, An Existence Not Just a Dream: A Review Using the Systematic Literature Review (SLR) Me. Jurnal Peternakan, 19(1), 9–21.
Salsabila, U. H., Ilmi, M. U., Aisyah, S., Nurfadila, N., & Saputra, R. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Era Disrupsi. Journal on Education, 3(01), 104–112. https://doi.org/10.31004/joe.v3i01.348
Widiyono, A., & Millati, I. (2021). The Role of Educational Technology in the Perspective of Independent Learning in Era 4.0. Journal of Education and Teaching (JET), 2(1), 1–9.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Prosiding Seminar Nasional Paedagoria telah terindek: