Dampak Media Sosial terhadap Nilai Nilai Pancasila pada Generasi Alfa

Juliana Sari, Ardilansari Ardilansari, Saddam Saddam, Sri Rejeki

Abstract


Abstrak: Generasi alpha adalah kelompok demografis yang mengikuti generasi z, generasi ini lahir pada tahun 2023 -2025, generasi alpha pertama lahir di dunia digital. Adapun nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila yaitu ketuhanan, kemanusiaan, persatuan rakyat, dan keadilan, nilai-nilai tersebut merupakan dasar kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Tujuan dari hasil penelitian kami adalah untuk mengetahui dampak pengaruh media sosial terhadap nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila pada generasi alfa. Penelitian ini menggunakan metode SLR dengan total 25 data penelitian yang bersumber dari Google Scholar. peran pendidikan agama dalam membentuk sikap remaja dan kurang efektifnya pembinaan akhlak yang dilakukan oleh orang tua.

Abstract: The alpha generation is the demographic group that follows the z generation, this generation was born in 2023 -2025, the first alpha generation was born in the digital world. As for the values contained in Pancasila, namely divinity, humanity, people's unity, and justice, these values are the basis of community life, nation and state. The purpose of our research results is to find out the impact of the influence of social media on the values contained in Pancasila in the alpha generation. This study uses the SLR method with a total of 25 research data sourced from Google Scholar. The role of religious education in forming adolescent attitudes and the lack of effectiveness of moral development carried out by parents.

 


Keywords


Influence; Moral; Digital era; Values.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Benu, A. Y., Maria, A., Rafael, D., Baok, I., Tungga, I. Y., Niron, M. M. N., Ndolu, N. A., & Leo, V. P. (2022). Penerapan Nilai Moral Pancasila Dalam Mewujudkan Generasi Anti Korupsi Di. Pemimpin-Pengabdian Masyarakat Ilmu Pendidikan, 2(1), 13–17.

Budijarto, A. (2018). Pengaruh Perubahan Sosial terhadap Nilai-nilai yang Terkandung dalam Pancasila. Jurnal Kajian Lemhanas RI, 34(34), 6–7. https://jurnal.lemhannas.go.id/index.php/jkl/article/view/118

Fitri, S. (2017). Dampak Positif Dan Negatif Sosial Media Terhadap Perubahan Sosial Anak. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 118–123. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v1i2.5

Gani, A. A., & Saddam, S. (2020). Pembelajaran Interaktif Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Mobile Learning di Era Industri 4.0. In CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (Vol. 8, Issue 1, p. 36). https://doi.org/10.31764/civicus.v8i1.1849

Hasanah, E., Darmawan, D., & ... (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Articulate dalam Metode Problem Based Learning (PBL) terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta …. Teknologi …. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/tekp/article/view/503

Impact, T. H. E., Social, O. F., On, M., Values, P., & Generation, I. N. (2022). International Journal of Students Education. 125–129.

Putri, A. L., Dwika, F., Charista, F., Lestari, S., & Trisiana, A. (2020). Implementasi pancasila dalam pembangunan dibidang pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 7(1), 13–22.

Rahma, D., & Dewi, D. A. (2021). Milenial Mengimplementasi Nilai Pancasila: Sebuah Harapan dan Cita-Cita. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 3(1), 135–145. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/1310

Safitri, A., & Dewi, D. A. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila sebagai Pedoman Generasi Milenial dalam Bersikap di Media Sosial. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 3(1), 78–87.

Sormin, Y., & Dewi, D. A. (2022). Menginternalisasi Nilai-Nilai Pancasila pada Generasi Milenial untuk Menumpas Gerakan Intoleransi Menuju Indonesia Maju. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6, 9885–9892. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/3986

Benu, A. Y., Maria, A., Rafael, D., Baok, I., Tungga, I. Y., Niron, M. M. N., Ndolu, N. A., & Leo, V. P. (2022). Penerapan Nilai Moral Pancasila Dalam Mewujudkan Generasi Anti Korupsi Di. Pemimpin-Pengabdian Masyarakat Ilmu Pendidikan, 2(1), 13–17.

Budijarto, A. (2018). Pengaruh Perubahan Sosial terhadap Nilai-nilai yang Terkandung dalam Pancasila. Jurnal Kajian Lemhanas RI, 34(34), 6–7. https://jurnal.lemhannas.go.id/index.php/jkl/article/view/118

Fitri, S. (2017). Dampak Positif Dan Negatif Sosial Media Terhadap Perubahan Sosial Anak. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 118–123. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v1i2.5

Gani, A. A., & Saddam, S. (2020). Pembelajaran Interaktif Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Mobile Learning di Era Industri 4.0. In CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (Vol. 8, Issue 1, p. 36). https://doi.org/10.31764/civicus.v8i1.1849

Hasanah, E., Darmawan, D., & ... (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Articulate dalam Metode Problem Based Learning (PBL) terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta …. Teknologi …. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/tekp/article/view/503

Impact, T. H. E., Social, O. F., On, M., Values, P., & Generation, I. N. (2022). International Journal of Students Education. 125–129.

Putri, A. L., Dwika, F., Charista, F., Lestari, S., & Trisiana, A. (2020). Implementasi pancasila dalam pembangunan dibidang pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 7(1), 13–22.

Rahma, D., & Dewi, D. A. (2021). Milenial Mengimplementasi Nilai Pancasila: Sebuah Harapan dan Cita-Cita. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 3(1), 135–145. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/1310

Safitri, A., & Dewi, D. A. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila sebagai Pedoman Generasi Milenial dalam Bersikap di Media Sosial. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 3(1), 78–87.

Sormin, Y., & Dewi, D. A. (2022). Menginternalisasi Nilai-Nilai Pancasila pada Generasi Milenial untuk Menumpas Gerakan Intoleransi Menuju Indonesia Maju. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6, 9885–9892. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/3986

Syaharuddin, Vera, M., danDewi, P. (2017).Development of Matlab Based Computer Programming Modules. Proceedings ofNationalSeminar of IKIP Mataram, Mataram, Indonesia, 12-14.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Seminar Nasional Paedagoria telah terindek: