Pengembangan Model Pembelajaran Matematika SD Berbasis Permainan Tradisional di Kabupaten Sumbawa dan Pendekatan Matematika Realistik

Nurul Aeni, Ardilansari Ardilansari, Intan Dwi Hastuti, Yuni Mariyati, Ahyansyah Ahyansyah, Syaharuddin Syaharuddin

Abstract


Abstrak: Model pembelajaran adalah suatu rencana atau pola yang dapat digunakan untuk merancang bahan-bahan pembelajaran, dan membimbing pembelajaran di kelas. Matematika adalah salah satu pelajaran yang ditakuti oleh siswa sehingga siswa merasa kesulitan dalam memahami pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pentingnya penggunaan permainan tradisional congklak dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar dengan pendekatan matematika realistic. Penelitian ini menggunakan metode SLR dengan jumlah 23 data hasil penelitian yag bersumber dari Google Scholar. Hasil dari pemelitian ini adalah Permainan tradisional congklak ini sangat membantu siswa dalam operasi hitung penjumlahan, KPK dan FPB, dan menyelesaikan permasalahan.

Abstract: a learning model is a plan or pattern that can be used to design learning materials, and guide learning in the classroom. Mathematics is one of the subjects that students fear so that students find it difficult to understand learning. The purpose of this research is to find out the importance of using the traditional congklak game in teaching mathematics in elementary schools with a realistic approach. This study uses the SLR method with a total of 23 research data sourced from Google Scholar. The result of this research is that this congklak game really helps students in arithmetic addition operations, KPK and FPB, and solving problems.


Keywords


Learning model; Elementary math; Traditional game; Realistic math.

Full Text:

PDF

References


Al Musthafa, S., & Mandailina, V. (2018). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa Sd Menggunakan Metode Jarimatika. JCES | FKIP UMMat, 1(1), 30. https://doi.org/10.31764/jces.v1i1.71

Anggita, G. M. (2019). Eksistensi Permainan Tradisional sebagai Warisan Budaya Bangsa. JOSSAE : Journal of Sport Science and Education, 3(2), 55. https://doi.org/10.26740/jossae.v3n2.p55-59

Autis, P. A. (n.d.). Increasing Operational Ability To Count 1-10 Through Congklak Media In Autistic Children. 1, 1–11.

Dahlia, D. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Berlajar Matematika Topik Bilangan Cacah. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 14(2), 59–64. https://doi.org/10.55215/pedagogia.v14i2.6611

Dukungan, H., Terhadap, K., Pasien, M., & Stroke, P. (2022). Penerapan Permainan TradisionalCongklak Untuk Meningkatkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IISekolah Dasar. 4(20), 1707–1715.

Fauzi, A., Sawitri, D., & Syahrir, S. (2020). Kesulitan Guru Pada Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 142–148. https://doi.org/10.58258/jime.v6i1.1119

Febrina, F., Fauzan, A., Jamaan, E. Z., & Arneli, A. (2022). Pengembangan perangkat pembelajaran terintegrasi etnomatematika permainan congklak materi operasi hitung pada peserta didik kelas II SD/MI. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains), 10(1), 157–163. https://doi.org/10.25273/jems.v10i1.12035

Febriyanti, C., Ari, I., & Kencanawaty, G. (2019). Pembelajaran Dengan Etnomatematika Congklak. Prosiding Sesiomadika, 2(1), 72–76. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2299/1831

Kamid, K., Syaiful, S., Theis, R., Sufri, S., Septi, S. E., & Widodo, R. I. (2021). Traditional “Congklak” Games and Cooperative Character in Mathematics Larning. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(3), 443. https://doi.org/10.23887/jisd.v5i3.37740

Listyoningsih, E., & A’isyah, S. (2020). Penerapan Metode Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pembagian pada Siswa Kelas II SDN Pucangtelu Kecamatan Kalitengah Kabupaten Lamongan. CEJou, 01(02).

MARIA, K. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II Dengan Menggunakan Media Congklak Di SD Katolik Wetakara. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 01(12), 67–77. https://jurnalintelektiva.com/index.php/jurnal/article/view/378

Matulessy, A., & Muhid, A. (2022). Efektivitas permainan tradisional congklak untuk meningkatkan kemampuan matematika siswa: literature review. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan …, 13(1), 165–178. http://103.98.176.9/index.php/aksioma/article/view/8834%0Ahttp://103.98.176.9/index.php/aksioma/article/viewFile/8834/5341

Mirdad, J. (2020). Model-Model Pembelajaran (Empat Rumpun Model Pembelajaran). Jurnal Sakinah, 2(1), 14–23. https://www.jurnal.stitnu-sadhar.ac.id/index/index.php/JS/article/view/17

Muhardini, S., Haifaturrahmah, H., Khosiah, K., Milandari, B. D., & Setiawan, I. (2023). Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Rpp) Berdiferensiasi Berbasis Merdeka Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(1), 565–572. https://doi.org/10.58258/jime.v9i1.4174

Musaropah, U., Ayu Zita Sari, N., Hermawan, T., & Nasruddin, M. (2022). Efektivitas penggunaan media permainan tradisional congklak oada pembelajaran operasi hitung bagi siswa kelas awal Sekolah Dasar. Jurnal Intersections, 7(1), 11–19.

Nurdiana, U., & Widodo, W. (2018). Keefektifan Media Permainan Tradisional Congklak untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. E-Journal-Pensa, 06(02), 161–164. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/23361

Nuriyati, & Supriadi. (2022). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar melalui Pembelajaran Etnomatematika Sunda dengan Media Congklak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 15473–15481.

Prasetyo, E., & Hardjono, N. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Permainan Tradisional Congklak Terhadap Minat Belajar Matematika (Mtk) Siswa Sekolah Dasar. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1707–1715.

Rahman, A., Ahmar, A. S., Arifin, A. N. M., Upu, H., Mulbar, U., Alimuddin, Arsyad, N., Ruslan, Rusli, Djadir, Sutamrin, Hamda, Minggi, I., Awi, Zaki, A., Ahmad, A., & Ihsan, H. (2018). The Implementation of APIQ Creative Mathematics Game Method in the Subject Matter of Greatest Common Factor and Least Common Multiple in Elementary School. Journal of Physics: Conference Series, 954(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/954/1/012011

Rohmatin, T. (2020). Etnomatematika Permainan Tradisional Congklak Sebagai Teknik Belajar Matematika. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 2, 144–150.

Rusdiana, S., Diponegoro, J., Bondowoso, K., Timur, J., Penelitian Ternak, B., & Pertanian Republik Indonesia, K. (2022). Peranan Kelembagaan Peternakan, Sebuah Eksistensi Bukan Hanya Mimpi: Ulasan dengan Metode Systematic Literature Review (SLR) The Role of Animal Husbandry Institutions, An Existence Not Just a Dream: A Review Using the Systematic Literature Review (SLR) Me. Jurnal Peternakan, 19(1), 9–21. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/peternakan

Saputra, K. A., Tristaningrat, M. N., & Arya, N. (2023). Pengaruh Model Search , Solve , Create , Share Berbantuan Permainan Tradisional Congklak Terhadap Pemecahan Masalah Siswa Kelas V SD Negeri 2 Banyuning. 3.

Sari, C. K., Muslihatun, A., Cahyaningtyas, L., Khaimmudin, R. N. L. H., Fijatullah, R. N., & Nisa’, E. U. (2019). Pemanfaatan permainan tradisional untuk media pembelajaran: Congklak bilangan sebagai inovasi pembelajaran matematika sekolah dasar. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 15(1), 14–22. https://doi.org/10.20414/transformasi.v15i1.915

Sari, D., Hermansah, B., & Selegi, S. F. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Permainan Tradisional Congklak terhadap Kemampuan Berhitung Siswa pada Pembelajaran Matematika Kelas 1 SD. JOTE: Journal On Teacher Education, 4(2), 48–54.

Surya, A. (2019). Learning Trajectory Pada Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar (Sd). Jurnal Pendidikan Ilmiah, 4(2), 22–26.

Syaharuddin, S., Pramita, D., & Sirajuddin, S. (2019). Pengenalan Operasi Tambah Kurang Melalui Permainan Congklak Bagi Siswa Sekolah Dasar. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 3(1), 01. https://doi.org/10.31764/jmm.v3i1.900

Verawati Wote, A. Y., Sasingan, M., & Yunita, K. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Melalui Media Congklak Pada Siswa Kelas II SD Inpres Wosia. International Journal of Elementary Education, 4(1), 107. https://doi.org/10.23887/ijee.v4i1.24384


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Seminar Nasional Paedagoria telah terindek: