Pengaruh Pendidikan Karakter terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar

Murtisari Dwi Utami, Ardilansari Ardilansari, Haifaturrahmah Haifaturrahmah, Muhammad Nizaar, Inang Irma Rezkillah, Nurul Julaifah

Abstract


Abstrak: Pendidikan karakter merupakan suatu sistem penanaman nilai-nilai karakter kepada peserta didik yang meliputi komponen-komponen kesadaran, pemahaman, kepedulian, dan komitmen yang tinggi untuk melaksanakan nilai-nilai tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendididkan karakter terhadap motivasi belajar siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Systematic Literature Review (SLR). Hasil penelitian bahwa pendidikan karakter ditanamkan kepada siswa sekolah dasar mempunyai peranan di dalam meningkatkan prestasi belajar siswa, hal ini dikarenakan pendidikan karakter yang ditanamkan tersebut membuat. peserta didik dapat memberikan keputusan baik dan buruk, memelihara nilai-nilai kebaikan dan mewujudkannya dalam kehidupan sehari-hari baik di lingkungan rumah, sekolah, maupun lingkungan masyarakat. Sehingga motivasi belajar siswa yang tinggi tersebut membuat prestasi belajar siswa sekolah dasar bagus.

Abstract: Character education is a system of instilling character values in students which includes components of awareness, understanding, concern, and high commitment to implementing these values. The purpose of this study was to determine the effect of character education on the learning motivation of elementary school students. The method used in this study is the Systematic Literature Review (SLR) method. The results of the research show that character education instilled in elementary school students has a role in improving student achievement, this is because the instilled character education makes. students can make good and bad decisions, maintain good values and make it happen in everyday life both in the home, school and community environment. So that high student learning motivation makes the learning achievement of elementary school students good.


Keywords


Character building; Motivation to learn; Elementary school students.

Full Text:

PDF

References


’Afiifah, K., Azzahra, Z. F., & Anggoro, A. D. (2022). Analisis Teknik Entity-Relationship Diagram dalam Perancangan Database Sebuah Literature Review. Intech, 3(2), 18–22. https://doi.org/10.54895/intech.v3i2.1682

Abdullah, U. M. K., & Azis, A. (2019). Efektifitas Strategi Pembelajaran Analisis Nilai Terhadap Pengembangan Karakter Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 51. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.355

Abustang, P. B., Sumantri, M. S., & Nurhasanah, N. (2023). Analisis Implementasi Pendidikan Karakter Siswa Pada. 8.

Darmayanti, N. W. S., Wijaya, I., & ... (2021). Analisis Motivasi Belajar Siswa SD Bidang Studi IPA Di Tengah Pandemi Covid-19 Melalui Praktikum Berorientasikan Lingkungan Sekitar Rumah. Jurnal Elementary, 4(2), 139–143. http://journal.ummat.ac.id/index.php/elementary/article/view/5344

Education, E., Ekonomi, P., Ekonomi, K., Tua, O., & Siswa, P. B. (2021). Pengaruh Pendidikan Karakter dan Kondisi Ekonomi Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Siswa Rudisa 1  , Elpisah 2 , Muh. Fahreza 3 , Muh. Yahya 4. 5(6), 6227–6235.

Fithriyaani, F., Yudhyarta, D. Y., & Syarifudin, S. (2021). Pengaruh Pendidikan Karakter terhadap Motivasi Belajar Siswa. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 2(2), 138–150. https://doi.org/10.46963/asatiza.v2i2.332

Kamaladini, K., Gani, A. A., & Sari, N. (2021). Pengembangan Media Papan Edukasi Pintar Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasional …, 1(September), 93–100. http://journal.ummat.ac.id/index.php/fkip/article/view/5693%0Ahttp://journal.ummat.ac.id/index.php/snpaedagor/article/view/5693

Khatimah, H., Kartika, I. M., & Santika, I. G. N. (2022). Pengaruh Implementasi Pendidikan Karakter Terhadap Sikap Sosial Pada Siswa. Widya Accarya, 13(2), 127–132. https://doi.org/10.46650/wa.13.2.1266.127-132

Kunci, K., & Dasar, S. (2019). Implementasi pendidikan karakter di sekolah dasar 1). 2, 57–72.

Munawwaroh, A. (2019). Keteladanan Sebagai Metode Pendidikan Karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 141. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.363

Nababan, R. S., Lumbanraja, B., Gaol, R. L., Sinaga, R., & Abi, R. (2023). Pengaruh Pendidikan Karakter Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 177055 Sigalogo Tahun Ajaran 2022 / 2023. 06(01), 3388–3400.

Rosidah, Nizaar, M., Muhardini, S., Haifaturrahmah, & Mariyati, Y. (2022). Efektifitas Media Pembelajaran Game interaktif Berbasis Power Point Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD. Seminar Nasional Paedagoria, 2(1), 10–16. http://journal.ummat.ac.id/index.php/fkip/article/view/9749%0Ahttp://journal.ummat.ac.id/index.php/fkip/article/download/9749/pdf

Solehat, T. L., & Ramadan, Z. H. (2021). Jurnal basicedu. 5(4), 2270–2277.

Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Werla Putra, G., & Iswara, B. (2019). Metode Systematic Literature Review untuk Identifikasi Platform dan Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems, 1(2), 63. https://doi.org/10.24002/ijis.v1i2.1916


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Seminar Nasional Paedagoria telah terindek: