Dampak Pendidikan Pancasila terhadap Pemahaman Siswa tentang Demokrasi dan Hak Asasi Manusia

Supratman Jayadi, Ardilansari Ardilansari, Isnaini Isnaini, Maemunah Maemunah, Deviana Mayasari, Alihardi Winata

Abstract


Abstrak: Pendidikan Pancasila memiliki dampak signifikan terhadap pemahaman siswa tentang demokrasi dan hak asasi manusia. Melalui pendekatan yang holistik, pendidikan Pancasila juga memperkuat kesadaran siswa akan hak asasi manusia dan pentingnya melindungi hak-hak tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui bagaimana dampak pendidikan Pancasila terhadap pemahaman siswa tentang demokrasi dan hak asasi manusia seperti; Meningkatnya pemahaman siswa tentang demokrasi dan hak asasi manusia. Dengan mengetahui sejauh mana siswa memahami konsep-konsep ini, kita dapat mengidentifikasi area yang perlu diperbaiki dan merancang strategi yang lebih efektif dalam mengajar dan memperkenalkan nilai-nilai demokrasi dan hak asasi manusia kepada siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian SLR untuk mengumpulkan berbagai literature atau jurnal. Hasil Penelitian ini bahwa Pendidikan Pancasila menempati peranan paling penting dalam pembentukan karakter bangsa karena pancasila merupakan dasar negara Indonesia. Pendidikan Pancasila dapat disebut sebagai suatu proses yang memberikan kesempatan kepada siswa sebagai kegiatan praktik kehidupan yang demokratis dengan tujuan agar mereka mengetahui dan memahami bagaimana proses politik suatu Negara. Dalam konteks hak asasi manusia, nilai-nilai Pancasila seperti keadilan sosial, demokrasi, dan kemanusiaan yang adil dan beradab menjadi landasan penting.

Abstract: Pancasila education has a significant impact on students' understanding of democracy and human rights. Through a holistic approach, Pancasila education also strengthens students' awareness of human rights and the importance of protecting those rights in everyday life. The purpose of this research is to determine the impact of Pancasila education on students' understanding of democracy and human rights, such as an increase in students' understanding of democracy and human rights. By knowing the extent to which students understand these concepts, we can identify areas that need improvement and design more effective strategies for teaching and introducing the values of democracy and human rights to students. This research uses a systematic literature review (SLR) to collect various literature or journals. The results of this study indicate that Pancasila education plays the most important role in shaping the character of the nation because Pancasila is the foundation of the Indonesian state. Pancasila education can be seen as a process that provides opportunities for students to engage in democratic life practices with the aim of knowing and understanding the political processes of a country. In the context of human rights, Pancasila values such as social justice, democracy, and fair and civilized humanity serve as important foundations.


Keywords


Pancasila Education; Democracy; Human Rights.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Amelia, R., Nur, P., Truvadi, L. A., & Agustina, R. T. (2023). Peran Pendidikan Pancasila dalam Membentuk Karakter Bangsa Indonesia : Tinjauan dan Implikasi. 1(4), 501–510.

Arifin, A. (2021). Persepsi Siswa Terhadap Konsep Demokrasi Dalam Pendidikan Kewarganegaraan. Research and Development Journal of …, 7(1), 226–234. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/RDJE%0Ap–ISSN

Arifin, R., & Lestari, L. E. (2019). Penegakan Dan Perlindungan Hak Asasi Manusia Di Indonesia Dalam Konteks Implementasi Sila Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradab. Jurnal Komunikasi Hukum (JKH), 5(2), 12. https://doi.org/10.23887/jkh.v5i2.16497

Asyari, D., & Dewi, D. A. (2021). Peran Pendidikan Kewarganegaraan bagi Generasi Milenial dalam Menanamkan Jiwa Nasionalisme Di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(2), 30–41. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i2.1628

Bramantyo, R. Y., & Suwarno. (2020). Membangun Kesadaran Hukum dan Demokrasi: Revitalisasi Peran Pendidikan Kewarganegaraan bagi Siswa SMAN 7 Kota Kediri. Cendekia, 3(2), 58–66. https://doi.org/10.30957/Cendekia.v14i2.627.Membangun

Ham, A. M. (2019). Negara Hukum dan Demokrasi Pancasila Dalam Kaitannya dengan Hak. 1.

Handayani, E. S., & Kusumarini, E. (2022). Sosialisasi Pendidikan Hak Asasi Manusia Di Sekolah Dasar. Suparyanto Dan Rosad (2015, 2(1), 74–79.

Hs, M. Y. (2019). Peran Guru PPKn dan Masyarakat Sekolah dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Materi Hak Asasi Manusia di Lingkungan Sekolah SMPN 1 Sanggar. 7(1).

Khalda Berlian, R., & Anggraeni Dewi, D. (2021). Urgensi Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membentuk Negara Demokratis dan Mewujudkan Hak Asasi Manusia. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(2), 486–498. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPP

Muttaqin, Z. (2019). Pemahaman dan Implementasi Ideologi Pancasila di Kalangan Generasi Muda (Studi Kasus di Desa Sumi Kecamatan Lambu Kabupaten Bima). CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 7(2), 27. https://doi.org/10.31764/civicus.v7i2.1139

Nufikha, U., Yayuk, H., & Meiwatizal, T. (2021). Urgensi Etika Demokrasi Di Era Global: Membangun Etika Dalam Mengemukakan Pendapat Bagi Masyarakat Akademis Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Kewarganegaraan, 5(2), 18. https://journal.upy.ac.id/index.php/pkn/article/view/1576/pdf

Nurgiansah, T. H. (2022). Pendidikan Pancasila sebagai Upaya Membentuk Karakter Religius. Jurnal Basicedu, 6(4), 7310–7316. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3481

Puspita, M. D. (2021). Strategi Guru Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Demokrasi Pancasila Di Smp N 5 Batang. Seminar Nasional Keindonesiaan (FPIPSKR), November, 146–156.

Rizki Ramdani, Dinie Anggraeni Dewi, Y. F. F. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Demokrasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan DEWANTARA …, 5(3), 9034–9038. https://jurnal.stkippgritrenggalek.ac.id/index.php/dewantara/article/view/102%0Ahttps://jurnal.stkippgritrenggalek.ac.id/index.php/dewantara/article/download/102/66

Ronto. (2012). Pancasila sebagai Ideologi dan Dasar Negara. Makalah Karya Tulis Ilmiah, 8(2), 7. http://download.portalgaruda.org/article.php?article=91674&val=4998

Rosmauli Jerimia Fitriani, dkk. (2021). Jurnal abdidas. Jurnal Abdidas, 1(3), 149–156.

Rosyad, A. M., & Indramayu, U. W. (2020). Islam dalam menghadapi tantangan globalisasi di indonesia. 3(1), 75–99.

Sari, R., & Ulfatun Najicha, F. (2022). Memahami Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Dasar Negara Dalam Kehidupan Masyarakat. Unnes, 7(1), 53–58. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/harmony

Tuti, P., & Afrimetty, D. (2021). Hubungan Pemahaman Materi Hak Asasi Manusia Dengan Sikap Peserta Didik Terhadap Tindak Bullying. 1(1), 7–12.

Widiyanto, D. (2023). Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Wahana Pendidikan Demokrasi. Jurnal Pendidikan, 32(1), 1–10. http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/jp/article/view/2826


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Seminar Nasional Paedagoria telah terindek: