Efektifitas Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar
Abstract
Abstrak: Model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) merupakan model yang membantu siswa dalam pengembangan keterampilan membaca dan menulis siswa secara komprehensif. Tujuan di lakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa pada mata pelajaran Bahasa indonesia di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian SLR untuk mengumpulkan berbagai literatur atau artikel. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Penggunaan model pembelajaran CIRC dalam pembelajaran membaca pemahaman terbukti efektif dapat meningkatkan hasil belajar karena pembelajaran dilaksanakan sesuai dengan perancangan, pelaksanaan dan evaluasi, model pembelajaran CIRC memberikan pengalaman dan kegiatan belajar peserta didik yang relevan dengan tingkat perkembangan peserta didik.
Abstract: The Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) learning model is a model that helps students develop their reading and writing skills comprehensively. The purpose of this research was to determine the effect of the Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) learning model in improving students reading comprehension skills in Indonesian language subjects in elementary schools. This study uses the SLR research type to collect various literature or articles. The results of this study indicate that the use of the CIRC learning model in learning reading comprehension is proven to be effective in increasing learning outcomes because learning is carried out in accordance with the design, implementation and evaluation, the CIRC learning model provides experiences and learning activities of students that are relevant to the level of development of students.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Aderibigbe. (2018). Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Tipe Cooperative Integrated Reading And Composition Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iv Mi Dakwah Islamiyah Nurul Hakim Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018. Energies, 6(1), 1–8. http://journals.sagepub.com/doi/10.1177/1120700020921110%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.reuma.2018.06.001%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.arth.2018.03.044%0Ahttps://reader.elsevier.com/reader/sd/pii/S1063458420300078?token=C039B8B13922A2079230DC9AF11A333E295FCD8
Anitra, R., & Hendriana, E. C. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Circ Terhadap Di Sekolah Dasar. 11(2), 228–239. https://doi.org/10.31571/bahasa.v11i2.4205
Apriliawati, D. (2020). Diary Study sebagai Metode Pengumpulan Data pada Riset Kuantitatif: Sebuah Literature Review. Journal of Psychological Perspective, 2(2), 79–89. https://doi.org/10.47679/jopp.022.12200007
Awatik, A. (2020). Pembelajaran dengan Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam Meningkatkan Kemampuan Menemukan Pokok Pikiran. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 56. https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.813
Dasar, S. (2023). JR-PGSD : JURNAL RINJANI PENDIDIKAN GURU. 1(2), 41–46.
Elvaini, E. (2018). penerapan metode CIRC terhadap peningkatan membaca pemahaman teks mata pelajaran bahasa indonesia.
Evi, W. (2023). Pengembangan Media Kintar (Kincir Pintar ) Untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa Pada Muatan Bahasa Indonesia Kelas Iii Di Sekolah Dasar Tahun Ajaran 2022/2023.
Ghufron, S. (2022). Kesalahan Kalimat Pembelajar Bahasa Indonesia: Sebuah Systematic Review. Jurnal Basicedu, 6(2), 1724–1737. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2216
Junior, R. A., Noer, S. H., & Gunowibowo, P. (2021). Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (Circ) Ditinjau Dari Kemampuan Komunikasi Matematis. EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 114–124. https://doi.org/10.24127/emteka.v2i2.1019
Latifah, L., & Ritonga, I. (2020). Systematic Literature Review (SLR): Kompetensi Sumber Daya Insani Bagi Perkembangan Perbankan Syariah Di Indonesia. Al Maal: Journal of Islamic Economics and Banking, 2(1), 63. https://doi.org/10.31000/almaal.v2i1.2763
Model, P., Circ, P., Kemampuan, M., Pemahaman, M., Indonesia, B., Sikap, D. A. N., Kelas, K., Sd, I. V, Studi, P., Guru, P., Dasar, S., Keguruan, F., Ilmu, D. A. N., Islam, U., & Agung, S. (2023). Penerapan model pembelajaran circ untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman bahasa indonesia dan sikap kerjasama kelas iv sd negeri kalirejo 01.
Moharromah F, A., & Sari, M. K. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperatif, Integrated, Reading, and Composition (CIRC) Berbasis Mind Mapping Terhadap Kemampuan Menyimak Bahasa Jawa Kelas V SDN 02 Manisrejo. 2. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID
Nahdlatuzzainiah, N., Ibrahim, D. S. M., Hamdi, Z., & Sururuddinn, M. (2021). Pengaruh Model Cooperative Integrated Reading and Composition terhadap Keterampilan Membaca Cerita Anak Siswa Kelas IV SD Negeri Borok Toyang Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 5850–5859.
Nuraini, R. (2019). Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading and Composition ( Circ ) Pada Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 928–938. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgsd/article/view/15534
Palupi, P., Laila, A. A., & Santi, N. N. (2021). Analisis Kemampuan Mencermati Gagasan Pokok dan Gagasan Pendukung dari Teks Tulis Melalui Model Pembelajaran Cooperative, Integrated, Reading, And Composition (CIRC). TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 7(2), 119–134. https://doi.org/10.24042/terampil.v7i2.6619
Purbara, E. R., Subadiyono, & Kasmansyah. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Teks Berita. LINGUA : Jurnal Bahasa & Sastra, 19(1), 38–42. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i1.2822
Rahmi, Y., & Marnola, I. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Melalui Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Compotion (Circ). Jurnal Basicedu, 4(3), 662–672. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.406
Seftiyana, R. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Circ Terhadap Literasi Siswa Kelas V Sdn 2 Pematang Sari. http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27233%0Ahttp://repository.unissula.ac.id/27233/2/34301800061_fullpdf.pdf
Sumiyani, S., Magdalena, I., & Rosnaningsih, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (Circ) Terhadap Keterampilan Membaca Intensif Siswa Kelas Iv Sdn Tangerang 5. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 4(8), 118–124.
Syafitri, C. R., & Mansurdin. (2020). Model Cooperative Integrated Reading and Composition sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1335–1346. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/600
Teknik, P., Bahasa, P., Tingkat, D. A. N., Terhadap, K., Berbicara, K., & Indonesia, B. (2017). pengaruh tekhnik permainan bahasa dan tingkat kecemasan terhadap kemampuan berbicara bahasa indonesia. 2(2), 94–105.
V.A.R.Barao, R.C.Coata, J.A.Shibli, M.Bertolini, & J.G.S.Souza. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition Terhadap Kemampuan Membaca Intensif Siswa Kelas IV UPT SD Negeri 060880 Medan Polonia. Braz Dent J., 33(1), 1–12.
Wibawa, M. I., Azzufar, F. R., Firdaus, I. R., & Yaqin, M. A. (2021). Survey Teknik-Teknik Database Design Menggunakan Metode Systematic Literature Review. ILKOMNIKA: Journal of Computer Science and Applied Informatics, 3(2), 162–175. https://doi.org/10.28926/ilkomnika.v3i2.254
Yulita, T. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Terhadap Keterampilan Membaca Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Madrasah Ibtidaiyah Ma’Had Islamy Palembang. 93.
Zahratul Islami. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Circ (Cooperative Integrated Reading and Composition) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas Iii Min 1 Banda Aceh. Journal of Chemical Information and Modeling, 9, 1689–1699.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Prosiding Seminar Nasional Paedagoria telah terindek: