Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Audio Visual dan Motivasi Belajar terhadap IPA di Sekolah Dasar
Abstract
Abstrak: Model Problem Based Learning merupakan model pembelajaran yang menggunakan permasalahan nyata sebagai konteks untuk siswa agar belajar berfikir kritis, mempunyai keterampilan memecahkan masalah dan memperoleh pengetahuan. Problem Based Learning adalah pembelajaran yang memberikan permasalahan kepada siswa dan siswa dituntut dapat menyelesaikan dan memberikan solusi atas permasalahan tersebut (Ady et al., 2023). Tujuan penelitian ini untuk menganalisis penerapan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan audio visual dan motivasi belajar terhadap IPA di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian SLR untuk mengumpulkan berbagai literature atau artikel. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model problem based learning berbantuan audio visual terbukti mampu mendorong siswa mengalami pengalaman belajar yang lebih efektif. Hal ini sebagaimana terbukti pada temuan penelitian bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan PBL berbantuan audio visual terhadap pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Motivasi belajar sangat penting peranannya bagi siswa dalam usaha mencapai hasil belajar yang lebih baik. Siswa yang memiliki motivasi belajar diatas rata-rata, cenderung menunjukkan semangat dan kegairahan dalam mengikuti pembelajaran, mereka biasanya kelihatan lebih menaruh perhatian bersungguh-sungguh dalam belajar dan aktif berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran, baik dikelas maupun diluar kelas. Sedangkan siswa yang memiliki motivasi belajar di bawah rata-rata menjadi siswa yang kurang aktif, cenderung lamban dalam menggali informasi yang berhubungan dengan pengetahuan yang ingin dicapai.
Abstract: The Problem Based Learning model is a learning model that uses real problems as a context for students to learn to think critically, have problem solving skills and acquire knowledge. Problem Based Learning is learning that gives problems to students and students are required to be able to solve and provide solutions to these problems (Ady et al., 2023). The purpose of this study was to analyze the application of audio-visual assisted problem-based learning models and motivation to learn science in elementary schools. This study uses the SLR research type to collect various literature or articles. The results of this study indicate that the audio-visual assisted problem based learning model is proven to be able to encourage students to experience more effective learning experiences. This is evident in the research findings that there is a significant effect of the use of audio-visual assisted PBL on science learning in elementary schools. Learning motivation plays a very important role for students in an effort to achieve better learning outcomes. Students who have above average motivation to learn tend to show enthusiasm and enthusiasm in participating in learning, they usually seem to pay more attention to learning and actively participate in learning activities, both in class and outside the classroom. While students who have learning motivation below the average become students who are less active, tend to be slow in digging up information related to the knowledge to be achieved.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Adhini Virgiana dan Wasitohadi. (2016). Efektivitas Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Ditinjau Dari Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas 5 SDN 1 Gadu Sambong-Blora Semester 2 Tahun 2014/2015. Scholaria, 6, 100–118.
Ady, I. K., Surya, P., Wiyasa, I. K. N., & Rini, M. G. (2023). Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Audiovisual terhadap Kompetensi Bahasa Indonesia Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6, 24–32.
Apriliawati, D. (2020). Diary Study sebagai Metode Pengumpulan Data pada Riset Kuantitatif: Sebuah Literature Review. Journal of Psychological Perspective, 2(2), 79–89. https://doi.org/10.47679/jopp.022.12200007
Basri, M. (2022). Perbandingan Model Pembelajaran Inkuiri Dan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kemampuan …. Jurnal Pendidikan Dasar. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpd/article/view/28232
Darmayanti, N. W. S., Wijaya, I., & ... (2021). Analisis Motivasi Belajar Siswa SD Bidang Studi IPA Di Tengah Pandemi Covid-19 Melalui Praktikum Berorientasikan Lingkungan Sekitar Rumah. Jurnal Elementary, 4(2), 139–143. http://journal.ummat.ac.id/index.php/elementary/article/view/5344
Hasil, T., Ipas, B., Iv, K., Sendangguwo, S. D. N., & Semarang, K. (2022). Keefektifan Model Project Based Learning Berbantu Media Audio Visual. Dimensi Pendidikan Universitas PGRI Semarang, 19(1), 57–68.
Hastuti, I. D., Fuster-guill, D., Paola, J., Garay, P., Hern, R. M., & Namaziandost, E. (2022). The Effect of Problem-Based Learning on Metacognitive Ability in the Conjecturing Process of Junior High School Students. Hindawi Education Research International, 2022.
Herlina, M., Syahfitri, J., & Ilista, I. (2020). Perbedaan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif dengan model pembelajaran problem based learning berbantuan media audio visual. Edubiotik : Jurnal Pendidikan, Biologi Dan Terapan, 5(01), 42–54. https://doi.org/10.33503/ebio.v5i01.666
Istanti, R. (2015). Pengaruh model. ARTIKEL JURNAL.
Latifah, L., & Ritonga, I. (2020). Systematic Literature Review (SLR): Kompetensi Sumber Daya Insani Bagi Perkembangan Perbankan Syariah Di Indonesia. Al Maal: Journal of Islamic Economics and Banking, 2(1), 63. https://doi.org/10.31000/almaal.v2i1.2763
Mahfudin, M., Cahyani, I., & Adji, S. S. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Audio Visual dan Motivasi Belajar Terhadap IPA di Sekolah Dasar. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1), 67. https://doi.org/10.30997/dt.v8i1.4009
Nofida, A., & Arif, S. (2020). the Effect of Problem Based Learning (Pbl) Model Based on Audio Visual Media To Creative Thinking Skills of Students. INSECTA: Integrative Science Education and Teaching Activity Journal, 1(1), 59. https://doi.org/10.21154/insecta.v1i1.2057
Novianti, A., Bentri, A., & Zikri, A. (2020). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 194–202. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.323
Pelawi, H. S., & Sinulingga, K. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas X SMA Swasta Sinar Husni. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 32–37.
Pratiwi, I., & Mawardi. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Audio Visual Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Journal of Education Action Research, 6(3), 302–308. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/article/view/49668
Purbarani, D. A., Dantes, N., & Adnyana, P. B. (2018). Pengaruh Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Ipa Di Sekolah Dasar. PENDASI:Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia 24, 2(1).
Ragilia Novitasari , Yustinus Ulung Anggraito, S. N., & Jurusan. (2015). Efektivitas Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audio-Visual Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi. Journal of Biology Education, 4(3), 298–303.
Setyawan, D., & Riadin, A. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Direct Instruction (DI) Berbantuan Media Audiovisual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Peserta Didik Kelas V SDN-1 Langkai Palangka Raya. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 15(1), 1–9. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v15i1.1277
Suari, N. putu. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 241. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i3.16138
Sujana, D. M. A., Japa, I. G. N., & Yasa, L. P. Y. (2021). Meningkatnya Hasil Belajar IPA Siswa Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 320. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2.36865
Sumantri, M. S. (2015). Strategi Pembelajaran: Teori Dan Praktik Di Tingkat Pendidikan Dasar / Mohamad Syarif Sumantri. Jakarta, Rajawali Pers.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Prosiding Seminar Nasional Paedagoria telah terindek: