Peran Pendidikan Kewarganegaraan di Era Globalisasi dalam Menumbuhkan Semangat Belajar Peserta Didik

Fatri Saleh, Rina Gustina, Zedi Muttaqien, Deviana Mayasari, Sri Rezeki, Saddam Saddam

Abstract


Abstrak: Pendidikan Kewarganegaraan atau Civic Education merupakan suatu pendidikan/rencana pembelajaran yang berupayamemanusiakan (humanizing), membudayakan (civilizing) dan memberdayakan (empowering)umat manusia dalam hal ini peserta didik, diri sendiri dan kehidupannya menjadi warga negara yang baik sebagaimana tuntutan keharusan/yuridis konstritusional bangsa/negara yang bersangkutan.Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui betapa penting Peran pembelajaran pendidikan kewarganegaran di Era Globalisasi ini agar menumbuh semangat belajar peserta didik dan bertujuan mengajak peserta didik untuk memanfaatkan teknologi yang semakin maju dan canggih di Era Globalisasi ini ke hal-hal yang positif agar tidak terpengaruh dengan gaya hidup budaya luar yang mempengaruhi kehidupan generasi milenial bangsa. Penelitian ini menggunakan Metode Systematic Literature Review (SLR).Adapun hasil dari penelitian ini adalah dapat mengetahui peran pendidikan kewarganegaraan bagi generasi milenial khususnya peserta didik dalam membentuk wawasan dan pengetahuan global, juga pendidikan kewarganegaraan ini memainkan peran yang strategis. Tidak hanya mempelajari hak dan kewajiban saja, pendidikan kewarganegaraan juga lebih jauh dan lebih dalam mempersiapkan peserta didik untuk menjadi warga negara global. Pendidikan kewarganegaraan memberikan peserta didik berbagai pengetahuan tentang masalah global, tradisi hingga sistem global sebagai bekalnya dimasa depan dan memastikan bahwa peserta didik sanggup untuk menjadi warga negara global yang memiliki sikap tanggungjawab, baik terhadap diri sendiri maupun terhadap bangsa dan negaranya dan selalu menerapkan budayanya tanpa mengikuti budaya luar.

Abstract: Citizenship Education or Civic Education is an education/learning plan that seeks to humanize, civilize and empower humanity, in this case students, themselves and their lives to become good citizens as constitutional-juridical demands nation/country concerned. The purpose of conducting this research is to find out how important the role of learning citizenship education is in this Globalization Era in order to foster students' enthusiasm for learning and aims to invite students to take advantage of increasingly advanced and sophisticated technology in this Globalization Era to things that positive so as not to be influenced by outside cultural lifestyles that affect the lives of the nation's millennial generation. This research uses the Systematic Literature Review (SLR) Method. The results of this study are able to find out the role of civics education for the millennial generation, especially students in forming global insights and knowledge, also this civics education plays a strategic role. Not only studying rights and obligations, civics education is also further and further in preparing students to become global citizens. Citizenship education provides students with various knowledge about global issues, traditions to the global system as provisions for the future and ensures that students are able to become global citizens who have a responsible attitude, both to themselves and to their nation and country and always apply their culture without following outside culture.


Keywords


Civic education; Globalization; Participants Educate.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Anggraini, D., & Hafsah, H. (2019). Upaya Guru Ppkn Dalam Proses Remedial Di Bawah Kriteria Ketuntasan Minimal Kelas VIII SMP Negeri 3 Dompu. CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 6(2), 23. https://doi.org/10.31764/civicus.v6i2.671

Apriliawati, D. (2020). Diary Study sebagai Metode Pengumpulan Data pada Riset Kuantitatif: Sebuah Literature Review. Journal of Psychological Perspective, 2(2), 79–89. https://doi.org/10.47679/jopp.022.12200007

Asyari, D., & Anggraeni Dewi, D. (n.d.). Peran Pendidikan Kewarganegaraan bagi Generasi Milenial dalam Menanamkan Jiwa Nasionalisme Di Era Globalisasi.

Darmayanti, N. W., Sueca, I. N., Utami, L. S., & Sari, N. (2020). Pendampingan bimbingan belajar di rumah bagi siswa sd dusun buruan tampaksiring untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 3(2), 207.

Fauzi, R., Dinie, A., & Dewi, A. (2021). Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan dalam Meminimalisir Pengaruh Globalisasi terhadap Karakter Cinta Tanah Air pada Siswa SMAN 1 Majalaya. Ensiklopedia of Journal, 3(3), 103–110. http://jurnal.ensiklopediaku.org

Fitrayadi, D. S. (n.d.). Peran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Mengembangkan Karakter Tanggungjawab Peserta Didik Di Era Globalisasi Di Sma Negeri 1 Baleendah (Diterima. Peran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Mengembangkan Karakter Tanggungjawab Peserta Didik Di Era Globalisasi Di Sma Negeri 1 Baleendah (Diterima.

Gani, A. A., & Saddam, S. (2020). Pembelajaran Interaktif Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Mobile Learning di Era Industri 4.0. CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 8(1), 36. https://doi.org/10.31764/civicus.v8i1.1849

Hazimah, G. F., Astuti, N. R. W., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Peran Guru dalam Meningkatkan Jiwa Nasionalisme Siswa Sekolah Dasar melalui Pembelajaran Pkn di Era Globalisasi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4827–4835. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1566

Koesmiyati, E. (2021). Peran Pendidikan Kewarganegaraan Di Era Globalisasi Dalam Menumbuhkan Semangat Nasionalisme Mahasiswa (Vol. 23, Issue 1).

Komala, R. (n.d.). Peran Pendidikan Kewarganegaraan Bagi Generasi Milenial Dalam Menanamkan Jiwa Nasionalisme Di Era Globalisasi (The Role Of Citizenship Education For The Millenial Generation In Implenenting The Soul Of Nationalism In The Globalization Era).

Latifah, L., & Ritonga, I. (2020). Systematic Literature Review (SLR): Kompetensi Sumber Daya Insani Bagi Perkembangan Perbankan Syariah Di Indonesia. Al Maal: Journal of Islamic Economics and Banking, 2(1), 63. https://doi.org/10.31000/almaal.v2i1.2763

Lisnadiani Iswanda, M., & Anggraeni Dewi, D. (n.d.). Peran Pendidikan Kewarganegaraan di Era Globalisasi.

Maemunah, M. (2018). Prosiding Seminar Nasional Ritektra. 81–90.

Mayasari, D., & Muttaqin, Z. (2023). Peningkatan Kemampuan Belajar pada Mata Kuliah Belajar dan Pembelajaran Melalui Metode Kooperatif. 8(1), 37–45.

Nurhaidah, M. I. M. (2015). Dampak Pengaruh Globalisasi Bagi Kehidupan Bangsa Indonesia. Jurnal Pesona Dasar, 7(2), 1–9. https://doi.org/10.24815/pear.v7i2.14753

Rusdiana, S., Diponegoro, J., Bondowoso, K., Timur, J., Penelitian Ternak, B., & Pertanian Republik Indonesia, K. (2022). Peranan Kelembagaan Peternakan, Sebuah Eksistensi Bukan Hanya Mimpi: Ulasan dengan Metode Systematic Literature Review (SLR) The Role of Animal Husbandry Institutions, An Existence Not Just a Dream: A Review Using the Systematic Literature Review (SLR) Me. Jurnal Peternakan, 19(1), 9–21. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/peternakan

Siti Fadia Nurul Fitri, D. A. D. (2021). Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan Di Era Globalisasi Dalam Mencegah Degradasi Moral Siti Fadia Nurul Fitri, Dinie Anggraeni Dewi. Ensiklopedia of Journal, 3(3), 96–102. http://jurnal.ensiklopediaku.org

Sutrisno. (2018). Peran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membangun Warga Negara Global Sutrisno Staf Pengajar Prodi PPKn FKIP Universitas Muhammadiyah Ponorogo. http://e-journal.unipms.ac.id/index.php/citizenship

Syavanny, F., BP, S. A., & Kurnia, A. (2021). Dampak Globalisasi dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. IJOCE: Indonesia Journal of Civic Education, 2(1), 13–23. https://doi.org/10.31539/ijoce.v2i1.3076

Wijaya, D. A., Triyadi, I., Kanya, N., Prodi, I., Pembangunan, E., Ekonomi, F., & Bisnis, D. (2023). Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Upaya Menumbuhkan Rasa Nasionalisme Dalam Diri Mahasiswa. In ADVANCES in Social Humanities Research (Vol. 1, Issue 4).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Seminar Nasional Paedagoria telah terindek: