Efektivitas Pembelajaran Berbasis Daring Terhadap Interaksi Sosial Siswa SMA

Hafadzatun Adzmi, Atin Nurhalimah, Saddam Saddam, Sri Rejeki, Deviana Mayasari, Isnaini Isnaini

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan membahas tentang efektivitas yang ditimbulkan oleh pembelajaran daring terhadap interaksi sosial yang terjadi dikalangan siswa SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah SLR (Systematic Literature Review). Dengan metode ini peneliti melakukan review dan mengidentifikasi jurnal-jurnal secara terstruktur yang pada setiap prosesnya mengikuti langkah-langkah yang telah ditetapkan. Sumber data yang digunakan adalah sumber data sekunder, Untuk merampungkan penelitian ini, peneliti mengumpulkan sebanyak 50 artikel jurnal dari Google Scholar, DOAJ, Tandfonline, dan ScienceDirect, sehingga diperoleh hasil bahwa efektivitas pembelajaran berbasis daring terhadap interaksi sosial siswa SMA adalah terbilang efektif dan juga tidak efektif, karena pembelajaran daring akan efektif apabila interaksi sosial antara guru, siswa dan orangtua menjalankan fungsi pemanfaatan teknologi dengan baik, namun jika sebaliknya maka akan menyebabkan pembelajaran daring tidak efektif.

Abstract: This study aims to analyze and discuss the effectiveness of online learning on social interactions that occur among high school students. The method used in this research is SLR (Systematic Literature Review). With this method the researcher reviews and identifies journals in a structured manner, which in each process follow predetermined steps. The data sources used were secondary data sources. To complete this research, researchers collected as many as 50 journal articles from Google Scholar, DOAJ, Tandfonline, and ScienceDirect, so that the results obtained were that the effectiveness of online-based learning on social interaction of high school students was fairly effective and also not effective, because online learning will be effective if social interaction between teachers, students and parents carries out the function of using technology properly, but if it's the other way around it will cause online learning to be ineffective.


Keywords


Effectiveness, Online Learning, Social Interaction, High School Student.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Al Salman, S., Alkathiri, M., & Khaled Bawaneh, A. (2021). School off, learning on: identification of preference and challenges among school students towards distance learning during COVID19 outbreak. International Journal of Lifelong Education, 40(1), 53–71. https://doi.org/10.1080/02601370.2021.1874554

Alhaddad, M. L. (2021). Interaksi Sosial Dalam Proses Pembelajaran Sistem Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 DI SMAN 5 TANGERANG.

Alwi, A. A., Zulti, N., ElyantiRosmanidar, & Usdeldi. (2023). Analisis Car, Npf, Bopo Dan Fdr Terhadap Profitabilitas Pada Bank Syariah Di Indonesia: Systematic Literature Review. วารสารวิชาการมหาวิทยาลัยอีสเทิร์นเอเชีย, 4(1), 88–100.

Dama, L., Husain, I. H., & Nurelviana, N. (2022). Efektivitas Pembelajaran Daring Peserta Didik (Suatu Penelitian Pada Mata Pelajaran Biologi SMA Terpadu Wira Bhakti Gorontalo). Jurnal Pendidikan, 10(1), 67–78. https://doi.org/10.36232/pendidikan.v10i1.1432

Eka Kurnia Wiratama, I. G., Suwiwa, I. G., & Dartini, N. P. D. S. (2022). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Dalam Pembelajaran Pjok Berbasis Daring Untuk Peserta Didik Kelas X Di Sma Negeri 1 Bangli Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal IKA, 20(2), 66–72. https://doi.org/10.23887/ika.v20i2.52778

Eliandy, R. R., Tumanggor, E. R., Hasibuan, E. A., & Nasution, T. (2022). Interaksi Sosial di Kalangan Peserta Didik Pada Saat Pembelajaran Online. 2022(14), 212–217.

Faridawaty, A. (2021). Efektivitas Penggunaan M-Learning Dalam Pembelajaran Interaksi Sosial. 2021(13), 109–113.

Gherghel, C., Yasuda, S., & Kita, Y. (2023). Computers & Education Interaction during online classes fosters engagement with learning and self-directed study both in the first and second years of the COVID-19 pandemic. Computers & Education, 200(December 2022), 104795. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2023.104795

Halima, & Wasia, S. (2020). Efektifitas Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMAN 1 Lambandia. Jurnal Universitas Muhammadiyah Kendari, 4.

Harfiyanto, D., Utomo, C. B., & Budi, T. (2015). Pola interaksi sosial Siswa pengguna Gadget di SMAN 1 Semarang. Pola Interaksi Sosial Siswa Pengguna Gadget Di SMAN 1 Semarang, 4(1), 1–5. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jess

Idrus, N., Lestari, S. I., & Mukramin, S. (2023). Interaksi Sosial Pendidikan dalam Pembelajaran Online. 05(02), 5403–5412.

Mahsus, M., & Latipah, E. (2021). Metodologi Eduinnova: Pembelajaran kolaboratif yang diintegrasikan dangan teknologi untuk meningkatkan keaktifan dan interaksi siswa dalam pembelajaran daring. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(1), 1–8. https://doi.org/10.21831/jitp.v8i2.38706

Marryono Jamun, Y., A Wejang, H. E., Ngalu, R., Studi PGSD STKIP Santu Paulus Ruteng, P., & Ahmad Yani, J. (2019). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Pola Interaksi Sosial Siswa Sma Di Kecamatan Langke Rembong. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, III(10), 1–7. https://unikastpaulus.ac.id/jurnal/index.php/jipd/article/view/201

Massie, A. Y., & Nababan, K. R. (2021). Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Pendidikan Karakter Siswa. Satya Widya, 37(1), 54–61. https://doi.org/10.24246/j.sw.2021.v37.i1.p54-61

Mimi, M. P. S. (2020). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Daring Pada Mata Kuliah Insya’ Di Stai Ma’Arif Sarolangun. El-Jaudah : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab, 1(2), 59–68. https://doi.org/10.56874/faf.v1i2.134

Mursabdo, W., & Mursabdo, M. C. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring terhadap Daya Serap Siswa Kelas 9 SMP Kristen Kanaan Jakarta. Jurnal LENTERA: Jurnal Studi Pendidikan, 3(2), 17–26. https://doi.org/10.51518/lentera.v3i2.49

Nizar, M., & Maryati, Y. (2020). Science Learning through YouTube Channel. 170–177.

Omani, F., & Celcima, D. (2020). Topic: Students’ perceived effectiveness and preference of online lectures- Kosovo study case. 55(39), 15–25.

Putri, R. A., & Yuhdi, A. (2022). Efektivitas Pembelajaran Daring Bahasa Indonesia Kelas XII SMA RK Deli Murni Bandar Baru. EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia), 1(1), 38. https://doi.org/10.30821/eunoia.v1i1.1001

Ratu, T., Sari, N., Mukti, W. A. H., & Erfan, M. (2021). Efektivitas Project Based Learning Terhadap Efikasi Diri dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Konstan - Jurnal Fisika Dan Pendidikan Fisika, 6(1), 1–10. https://doi.org/10.20414/konstan.v6i1.74

Samoling, I. E., Ismanto, B., & Rina, L. (2022). Efektivitas Pembelajaran Daring Pada Masa Covid di SMAN 2 Salatiga. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(1), 55–61. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i1.p55-61

Sanisah, S., Rochayati, N., Milandari, B. D., & Darmurtika, L. A. (2023). Meningkatkan Kemampuan Pendidik Sekolah Dasar Dalam Membuat Media Pembelajaran Multimedia Berbantuan Aplikasi Canva For Education. 5(1), 95–108.

Sari, D. S., Jalmo, T., & Rakhmawati, I. (2021). Analisis Efektivitas Pembelajaran Daring terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 9(1), 59–69. https://doi.org/10.23960/jbt.v9i1.22294

Sari, S. N., & Haryono, H. (2021). Dampak Pembelajaran Online Pada Mata Pelajaran Sosiologi Di Masa Pandemi Covid-19 Di Sma 4 Pandeglang. Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora, 12(1), 51. https://doi.org/10.26418/j-psh.v12i1.46330

Setyawan, P. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Biologi Selama Pandemi Covid-19 Di Sma It Al Huda Wonogiri. EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 1(3), 220–226. https://doi.org/10.51878/edutech.v1i3.682

Sibuea, L. M. F., Sembiring, M. A., & Agus, R. T. A. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Berbasis Media Sosial Facebook Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Journal of Science and Social Research, 3(1), 73–77. http://jurnal.goretanpena.com/index.php/JSSR/article/view/430

Sjølie, E., Espenes, T. C., & Buø, R. (2022). Social interaction and agency in self-organizing student teams during their transition from face-to-face to online learning. 189(May).

Triya, K., & Astuti, W. (2021). Gambaran interaksi sosial siswa sman 1 tanah grogot selama pembelajaran daring di masa pandemi covid-19.

Utama, I. K. R. D. (2022). Interaksi Sosial Guru Dan Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Slb Negeri 2 Buleleng, Bali. 2–3.

Zalewska, E., & Trzcińska, K. (2022). Effectiveness of distance learning during the COVID-19 pandemic. Wiadomości Statystyczne. The Polish Statistician, 67(10), 48–61. https://doi.org/10.5604/01.3001.0016.0659

Zhang, J., Ding, Y., Yang, X., Xin, J. Z., Qiu, X., & Zou, Z. (2022). COVID-19’s impacts on the scope, effectiveness, and interaction characteristics of online learning: A social network analysis. PLoS ONE, 17(8 August), 1–21.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Seminar Nasional Paedagoria telah terindek: