Media Pembelajaran Interaktif dengan Media Permainan Daerah pada Mata Pelajaran PPKn

Regita Yasmin, Ardilansari Ardilansari, Deviana Mayasari, Alihardi Winata, Isnaini Isnaini, Sri Rejeki

Abstract


Abstrak: Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) merupakan salah satu mata pelajaran wajib di semua jenjang mulai dari pendidikan dasar sampai perguruan tinggi. Induktive teaching and learning merupakan induk dari metode pembelajaran diantaranya Inkuiri, PBL (probem based learning).Penelitian ini bertujuan untuk menguragi kebosanan dan menigkatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran PPKn dengan permainan daerah. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR). Metode SLR merujuk pada metodologi penelitian tertentu dan pengembangan untuk mengumpulkan serta mengevaluasi penelitian yang terkait fokus tertentu. Hasil dari kesimpulan Penelitian ini berdampak pada pemahaman siswa yang lebih cepat dan mudah untuk mengingat pembelajaran mata pelajaran PPKn sesuai dengan yang di harapkan.

Abstract: Pancasila and Citizenship Education (PPKn) is a compulsory subject at all levels from basic education to tertiary education. Inductive teaching and learning is the parent of learning methods including inquiry, PBL (probem based learning). This research aims to reduce boredom and increase student understanding in civics learning with regional games. This research was conducted using the Systematic Literature Review (SLR) method. The SLR method refers to a particular research methodology and development to collect and evaluate research related to a particular topic focus. The results of the conclusions of this study have an impact on students' understanding which is faster and easier to remember learning Civics subjects as expected.

 



Keywords


Media; Interactive; Regional game; PPKn.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Andreas Sapta Hendrawan, Yulianti, dan N. Y. (2020). Pengembangan Permainan Puzzle Karambol Berbasis Constextual Teaching and Learning (CTL) Pada Materi Keberagaman di Lingkungan Sekitar Untuk Kelas 3 Sekolah Dasar. Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 4(1), 230–237. Retrieved from https://conference.unikama.ac.id/artikel/index.php/pgsd/article/view/477

Anggraini, L. A., & Rochmadi, N. W. (2021). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Viii Melalui Media Ular Tangga Kewarganegaraan Pada Mata Pelajaran Ppkn Improving Critical Thinking Skills of Viii Grade Students Through Civic Ladder Snake Learning Media in Pancasila and Civic Education. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 6(2), 480–488. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/jppk

Debby, M., Astuti, P., Awaliyah, S., & Suhartono, E. (2022). Pengembangan Media Flashcard Kombinasi Dalam Mata Pelajaran Ppkn Smp Kelas Vii Development of Combination Flashcard Media in Pancasila and Civic Education Subject At Junior High School Grade 7 Th. 7, 40–48. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/jppk

Dyah Gandasari, D. (2021). Books @ Books.Google.Co.Id. In Hukum Perumahan (p. 482). Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=t3zPqTnRjX0C&dq=wrong+diet+pills&source=gbs_navlinks_s

Gani, A. A., & Saddam, S. (2020). Pembelajaran Interaktif Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Mobile Learning di Era Industri 4.0. CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 8(1), 36. doi: 10.31764/civicus.v8i1.1849

Hamzah, H., Utami, L. S., & Zulkarnain, Z. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Roda Putar Fisika Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 5(2), 77. doi: 10.31764/orbita.v5i2.1192

Kurniawati, E. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli Untuk. Pedagogi : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 1–5.

Made Alit Darmawan, Sariyasa, & I Made Gunamantha. (2021). Implementasi Etnomatika Berbasis Permainan Tradisional Terhadap Berpikir Kritis Dengan Kovariabel Kemampuan Verbal Siswa Kelas Ii Sd. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(1), 31–42. doi: 10.23887/jurnal_pendas.v5i1.255

Marsono. (2019). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai Budaya Di Era Milenial. Institut Hindu Dharma Negeri, 51–58. Retrieved from http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/dharmaacarya

Maryanti, R. D., & Qurrotaini, L. (2019). Pengembangan Papan Karambol Ips Sebagai Alat Permainan Edukatif Kelas Iv Sekolah Dasar. 50–55. Retrieved from http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/jpips/article/download/7503/pdf

Mustaricha, M., & Rochmadi, N. W. (2020). Efektifitas Model Pembelajaran Inkuiri dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(2), 375. doi: 10.17977/um019v4i2p375-380

Rusdiana, S., Diponegoro, J., Bondowoso, K., Timur, J., Penelitian Ternak, B., & Pertanian Republik Indonesia, K. (2022). Peranan Kelembagaan Peternakan, Sebuah Eksistensi Bukan Hanya Mimpi: Ulasan dengan Metode Systematic Literature Review (SLR) The Role of Animal Husbandry Institutions, An Existence Not Just a Dream: A Review Using the Systematic Literature Review (SLR) Me. Jurnal Peternakan, 19(1), 9–21. Retrieved from http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/peternakan

Safitri, R. W., Primiani, C. N., & Hartini, H. (2018). Pengembangan media flashcard tematik berbasis permainan tradisional untuk kelas IV sub tema lingkungan tempat tinggalku. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 8(1), 1. doi: 10.25273/pe.v8i1.1332


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Seminar Nasional Paedagoria telah terindek: