Analisis Kecakapan Komunikasi Matematis Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal-Soal Relasi dan Fungsi

Rodhitul Amni

Abstract


Abstract: Education units at the junior high school level in the learning process need to hold an assessment. Through the assessment of a teacher can find out the quality of learning. Is the learning process carried out in class successful or not. One way to determine student success is by analyzing mathematical communication skills. It was found that at MTs Al Muhajirin many students got low scores in solving math problems. The high and low scores obtained depend on the ability of each student, there are students with high, medium and low abilities. The purpose of this study was to analyze mathematical communication skills in solving math problems on the topic of relationships and functions in class IIC MTs Al Muhajirin Tapung District in the 2022/2023 academic year. The type of research used is qualitative research with descriptive methods. The data collection technique is a test technique consisting of 3 questions. Data analysis used is data processing, data analysis and data analysis. From the data analysis, it was found that students with high abilities were 95%, moderate abilities were 55%, and low abilities were 38%. The average proportion of students' mathematical communication ability indicators at MTs Al Muhajirin for the writing indicator is 53.3%, the drawing indicator is 81.6%, and the writing indicator is 53.3%. So the proportion of students' communication skills at MTs Al Muahjirin Tapung is 62.7% in the low category.

Abstrak: Satuan pendidikan ditingkat SMP pada proses pembelajaran perlu diadakannya asesmen. Melalui asesmen seorang pengajar bisa mengetahui kualitas pembelajaran. Apakah proses pembelajaran yang dilakukan dikelas berhasil atau tidak. Salah satu cara untuk menetukan keberhasilan peserta didik dengan cara menganalisis kecakapan komunikasi matematis. Ditemukan di MTs Al Muhajirin banyak peserta didik yang mendapatkan nilai rendah dalam menyelesaikan soal-soal matematika. Tinggi atau rendahnya nilai yang diperoleh tergantung dari kemampuan setiap peserta didik, ada peserta didik yang berkemampuan tinggi, sedang dan rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kecakapan komunikasi matematis dalam menyelesaikan soal-soal matematika topik relasi dan fungsi kelas VIIIC MTs Al Muhajirin Kecamatan Tapung pada tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitataif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data adalah teknik tes yang terdiri dari 3 soal. Analisis data yang digunakan yaitu pengolahan data, penganalisisan data dan penafsiran data. Dari analisis data didapat hasil bahwa peserta didik yang berkemampuan tinggi diperoleh 95%, kemampuan sedang 55%, dan kemampuan rendah 38%. Rata-rata persentase indikator kecakapan komunikasi matematis peserta didik di MTs Al Muhajirin pada indikator menulis sebesar 53,3%, indikator menggambar 81,6%, dan indikator menulis 53,3%. Jadi persentase kecakapan komunikasi matematis peserta didik di MTs Al Muahjirin Tapung sebesar 62,7% dengan kategori rendah.


Keywords


Analysis; Mathematical communication skills; Topics of relations and functions.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


BSKAP. (2022). Kajian Akademik Kurikulum Untuk Pemulihan Pembelajaran. Pusat Kurikulum Dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi, 123. https://repositori.kemdikbud.go.id/20029/1/Buku Merdeka Belajar 2020.pdf

Haji, S., & Abdullah, M. I. (2016). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematik Melalui Pembelajaran Matematika Realistik. Infinity Journal, 5(1), 42. https://doi.org/10.22460/infinity.v5i1.190

Hikmah, A., Roza, Y., & Maimunah, M. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Smp Pada Soal Spldv. Media Pendidikan Matematika, 7(1), 29. https://doi.org/10.33394/mpm.v7i1.1428

Meldawati, kartini. (2021). analisis kesalahan siswa kelas VII SMP dalam menyelesaikan soal matematika pada materi bilangan berpangkat bulat positif. 10(1), 1–14.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Pt Remaja Rosda Karya.

Nenohai, S. (2020). Profil Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Tingkat Kemampuan Matematika Siswa Dan Gender. 5, 9–20. http://repository.unwira.ac.id/1360/

Ridayanti, R. (2017). Pengembangan LKPD dengan Model Problem Based Learning ( PBL ) untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 229–238.

Risma, & T. (2019). analisis kemampuan komunikasi matematis siswa SMP pada materi segiempat dan segitiga. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 3(April), 18–23.

Saptika, Y. A., Rosdiana, F., & Sariningsih, R. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Materi Bangun Datar. 1(5), 873–880.

Suciati, W. (2018). Analisis kesalahan siswa dalam mengerjakan soal matematika pada operasi hitung pecahan pada siswa kelas V SDN Pengawu. JPMM, 2, 129–144.

Sudiono, E. (2017). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Persamaan Garis Lurus Berasarkan Analisis Newman. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(3), 295–302.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Seminar Nasional Paedagoria telah terindek: