Pengaruh Model Pembelajaran AIR (Auditory Intelectualy Repetition) Berbantuan Media Pimatika Terhadap Pencapaian Self-Efficacy Siswa

Ahmad Rizal Saqibul Fiqri, Jayanti Putri Purwaningrum, Ratri Rahayu

Abstract


Abstract: The purpose of this study was to analyze the increase in students' self-efficacy by applying the AIR learning model assisted by PiMatika media. The type of research used is quantitative research with quasi-experimental methods and the sampling technique used in this study is purposive sampling technique. The subjects in this study were students of class X TKR at SMK NU Ma'arif Kudus, the population of this study consisted of 69 students. Data collection techniques used in this study include questionnaires, documentation, and test instruments. The results showed that there was an increase in the self-efficacy of students who were taught with the AIR learning model assisted by PiMatika media with an increase of 0.73 in the high category.

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis peningkatan self-efficacy siswa dengan menerapkan model pembelajaran AIR berbantuan media PiMatika. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasi experimental dan teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik sampling purposive sampling. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X TKR SMK NU Ma’arif Kudus, populasi dari penelitian ini memiliki jumlah 69 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian inin meliputi angket, dokumentasi, dan instrument tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan self-efficacy siswa yang diajar dengan model pembelajaran AIR berbantuan media PiMatika dengan peningkatan sebesar 0,73 masuk dalam kategori tinggi.


Keywords


AIR Model, PiMatika Media, Self-Efficacy

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Aprilia, S., Bintoro, H. S., & Purwaningrum, J. P. (2020). Penerapan Model Auditory Intelectually Repetition untuk Meningkatkan Pemahaman Matematis Berbantuan Media Roda Pintar Matematika. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(1), 51–56. https://doi.org/10.24176/anargya.v3i1.4764

Bonatua, D. S., Mulyono, D., & Febriandi, R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran AIR (Auditory, Intellectualy, Repetition) menggunakan Media Gambar pada Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3850–3857. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1462

Diva, S. A., & Purwaningrum, J. P. (2022). Penyelesaian Soal Cerita pada Siswa Diskalkulia ditinjau dari Teori Bruner dengan Metode Drill. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 1–16. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i1.1520

Ekasari, E. R. R., & Trisnawati, N. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X OTKP di SMKN 2 Buduran. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(1), 236–245. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n1.p236-245

Fadilla, F., & Purwaningrum, J. P. (2021). Menumbuhkan Kemampuan Representasi Matematis dan Metakognitif Siswa Kelas XI SMP Menggunakan Model CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, dan Extending). AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 12(1), 155–168. https://doi.org/10.26877/aks.v12i1.7679

Hasanah, U., Dewi, N., & Rosyida, I. (2019). Self-Efficacy Siswa SMP Pada Pembelajaran Model Learning Cycle 7E (Elicit, Engange, Explore, Explain, Elaborate, Evaluate, and Extend). Prisma Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 551–555.

Indah, S., & Purwaningrum, J. P. (2022). Pengembangan Komunikasi Matematis Menggunakan Media E-Learning Edmodo Dalam Model Discovery Learning Dimasa Pandemik. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 13(1), 33–38. https://doi.org/10.23887/jjpm.v13i1.40130

Irmayanti, I. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (Air) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Dan Self Efficacy Siswa. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 8(2). https://doi.org/10.30821/axiom.v8i2.6332

Lestari, K., & Yudahnegara, M. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. PT Refika Aditama.

Rahman, Z. A., & Rizkyanti, T. (2017). Kemampuan berpikir matematis siswa pada pembelajaran metode discovery learning dan metode ekspositori. Gammath, 1(1), 1–9.

Rizal, A. F., Purwaningrum, J. P., & Rahayu, R. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Etnomatematika Untuk Menumbuhkan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Minat Belajar Siswa. Koordinat Jurnal MIPA, 2(2), 1–14. https://doi.org/10.24239/koordinat.v2i2.26

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Yuliyani, R., & Handayani, S. D. (2017). Peran Efikasi Diri ( Self Efficacy ) Dan Kemampuan Berpikir Positif Terhadap Kemampuan Pemecahan. Peran Efikasi Diri (Self Efficacy) Dan Kemampuan Berpikir Positif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, 7(2), 130–143.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Seminar Nasional Paedagoria telah terindek: