Efektifitas Media Blog terhadap Kemampuan Literasi Matematika Siswa

Yumira Simamora, Sahat Saragih, Izwita Dewi

Abstract


Abstract: The importance of technological media in the digital era is needed because it can help the learning process so that effective learning is obtained. The purpose of this study was to determine the effectiveness of media blogs on students' mathematical literacy skills and their analysis. This type of research uses a qualitative descriptive method. The sample used was students of class VII MTs Laboratory of IAIN SU Medan. The SPSS 25-assisted validity, reliability, difficulty level and discriminatory tests are valid and feasible to use. Expert validation by lecturers of mathematics education and mathematics teachers found learning media Blog with the blog address: guru-medan.blogspot.com declared fit for use, and the instrument for testing students' mathematical literacy skills is valid in terms of content, language and constructs. The results of the students' mathematical literacy test were obtained on the understanding aspect 94%, implementation aspect 57% while the reasoning aspect <57%.

Abstrak: Pentingnya media tekhnologi di era digital sangat dibutuhkan karena bisa membantu proses pembelajaran sehingga diperoleh pembelajaran yang efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas media blog terhadap kemampuan literasi matematika siswa serta analisisnya. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas VII MTs Laboratorium IAIN SU Medan. Uji validitas, Reliabilitas, Tingkat kesukaran dan daya pembeda berbantuan SPSS 25 valid dan layak digunakan. Validasi ahli oleh dosen pendidikan matematika dan guru mata pelajaran matematika ditemukan media pembelajaran Blog dengan alamat blog: guru-medan.blogspot.com dinyatakan layak digunakan, serta instrument tes kemampuan literasi matematika siswa valid secara isi, bahasa dan konstruk. Diperoleh hasil tes kemampuan literasi matematika siswa pada aspek pemahaman ≥ 94%, aspek penerapan ≥ 57% sedangkan aspek penalaran < 57%.


Keywords


Media Blogs, Mathematical Literacy Skills.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Abdillah, R., Joyoatmojo, S., & Noviani, L. (2017). Pemanfaatan Blog Sebagai Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Sebelas Maret, 3(1), 1–21. https://jurnal.uns.ac.id/

Abdoeloh, R., & Suryana, Y. (2023). Asesmen Kompetensi Minimum Numerasi di Sekolah Dasar. Pedadidaktika : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(1), 91–100.

Diantoro, S. (2021). Tingkat Literasi Indonesia di Dunia Rendah, Ranking 62 Dari 70 Negara. https://perpustakaan.kemendagri.go.id/?p=4661.

Golla, E., & Reyes, A. (2022). Pisa 2022 Mathematics Framework ( Draft ). November 2018. https://pisa2022-maths.oecd.org/files/PISA 2022 Mathematics Framework Draft.pdf

Habibi, H., & Suparman, S. (2020). Literasi Matematika dalam Menyambut PISA 2021 Berdasarkan Kecakapan Abad 21. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 57. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i1.8177

Moleong. (2005). Data primer, yaitu data yang diperoleh dari hasil wawancara secara dan pengamatan secara mendalam kepada para informannya. 1.

Purwasih, R., Sari, N. R., & Agustina, S. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Dan Mathematical Habits Of Mind Siswa SMP Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Numeracy, 5(1), 67–76.

Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif Ahmad Rijali UIN Antasari Banjarmasin. Jurnal Alhadharah, 17(33), 81–95.

Riyan, M. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Pembelajaran Teks Eksposisi. Diksi, 29(2), 205–216. https://doi.org/10.21831/diksi.v29i2.36614

Sapriyah. (2019). Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 470–477.

Siregar, M. . (2021). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP. Masters Thesis, Universitas Negeri Medan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Seminar Nasional Paedagoria telah terindek: