Pengembangan Media Bowling Latter untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata pada Materi Bahasa Indonesia Siswa

Suci Ramadani, Intan Dwi Hastuti, Sukron Fujiaturrahman, Nanang Rahman, Baiq Desi Milandari

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media bowling latter untuk meningkatkan penguasaan kosakata pada siswa materi bahasa Indonesia yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Development Research) media bowling latter yang dikemukakan oleh Borg and Gall dengan instrument pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini yaitu menggunakan teknik tes berupa lembar soal evaluasi dan teknik non tes berupa lembar angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yaitu analisis ahli materi dan media, kepraktisan, keefektifan. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Media pembelajaran bowling latter yang dikembangkan, diperoleh data dari 2 validator yaitu ahli materi dengan presentase 83% dan 2 validator ahli media dengan presentase 89,75% pada kategori sangat valid, (2) Hasil angket respon siswa diperoleh data presentase dari uji coba terbatas dengan presentase 87,66% kategori sangat praktis. (3) Keefektifan media bowling latter dilihat dari hasil lembar soal evaluasi siswa dengan presentase 88,8%. Sedangkan nilai rata-rata pretest 39,6 dan postest 91,6 diperoleh dari data hasil uji coba lapangan dengan presentase rata-rata nilai siswa 86% pada kategori efektif.

Abstract: This study aims to determine the development of bowling latter media to improve vocabulary mastery in Indonesian language material for grade 1to students which is valid, practical and effective. This research is a development research (Development Research) bowling latter media proposed by Borg and Gall with data collection instruments carried out in this study, namely using test techniques in the form of evaluation question sheet and non-test techniques in the form of questionnaire sheets .While data analysis techniques are material and media expert analysis, practicality, effectiveness. The results showed that (1) The bowling latter media developed, obtained data from 2 validators, namely material experts with a percentage of 83% and 2 media expert validators with a percentage of 89,75% in the very valid category, (2) The results of the student response questionnaire obtained percentage data from a limited trial in with a percentage of 87,66% of the very practical category. (3) The effectiveness of bowling latter media is seen from the student evaluation question sheet with a percentage of 88,8% while the everage pretests score of 39,6 and postests 91,6 was obtained from data from empirical operational field trials with the presentation of an average student scores of 86% in the effective category.


Keywords


Bowling Latter Media, Vocabulary mastery.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Faizin, K. (2020). Permainan “Abc 5 Dasar” Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab. Muróbbî: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 43–56. https://doi.org/10.52431/murobbi.v4i1.234

Gunawan, G. (2019). Hubungan Penguasaan Kosakata Dengan Kemampuan Menulis Puisi Pada Siswa Kelas X IIS SMA Negeri 1 Cigudeg Bogor. El Banar : Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 2(1), 36–43. https://doi.org/10.54125/elbanar.v2i1.25

Kadir, R. (2021). Peningkatan Penguasaan Kosakata Anak Tunarungu Melalui Media Gambar Pada Siswa Kelas IV di SLB Negeri Kota Gorontalo. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(3), 1185. https://doi.org/10.37905/aksara.7.3.1185-1192.2021

Kurniawan, C., & Suswanta, S. (2022). Implementation of Artificial Intelligence by the Government of West Nusa Tenggara (NTB) in Disaster Management. International Conference on Public Organization (ICONPO 2021), 209(Iconpo 2021), 39–44.

Kusumaningrum, S., & Setyawati, I. G. (2019). Penerapan Metode Snowball Throwing Dalam Pembelajaran Baahasa Inggris Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Dan Kemampuan Psikomotorik Siswa Sd Islam Terpadu Kota Sorong. Jurnal Pendidikan, 7(1), 21–29. https://doi.org/10.36232/pendidikan.v7i1.207

NURILA, N. (2023). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaiakan Soal Cerita Matematika Materi Pecahan Campuran Kelas Iii Sdn 14 Mataram …. 06(01), 1–12. http://repository.ummat.ac.id/6455/1/COVER-BAB III.pdf

Nurul Inayah, dkk. (2019). اPeningkatan Penguasaan Kosakata (Mufrodat) Untuk Memahami Wacana Bahasa Arab Melalui Media Kartu Bergambar (Bithoqotu Ash-Shuroh) PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 GOWA. In Jurnal Fakultas Bahasa dan Sastra (Vol. 1, Issue 1). eprints.unm.ac.id. http://eprints.unm.ac.id/15353/

Okta. (2019). Peningkatakan Penguasaan Kosa Kata Siswa Melalui Media Kartu Tempel Dalam Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Kelas I Sekolah …. repository.iainbengkulu.ac.id. http://repository.iainbengkulu.ac.id/2815/

Rikmasari, R., & Budianti, Y. (2019). Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Model Pembelajaran Circuit Learning Pada Siswa Kelas Iii Di Sdn Jatimulya 03 Bekasi. JISD: Jurnal Inovasi Sekolah Dasar, 6(2), 135–141. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jisd/article/view/10339

Riswiarti, L. (2020). Peningkatan Penguasaan Kosakata Siswa Kelas 1 dengan Media Kartu Kata Bergambar pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri Kebonagung 03 Tahun Pelajaran 2020/2021. Educatif Journal of Education Research, 3(2), 15–30. https://doi.org/10.36654/educatif.v3i2.44

Serani, G., Linawati, L., & Heni, L. (2020). Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Menggunakan Media Gambar Pada Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar Negeri 43 Tapang Aceh Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal KANSASI (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 5(1), 71–80. https://doi.org/10.31932/jpbs.v5i1.741

Sutarto, S., Hastuti, I. D., & Haifaturrahmah, H. (2020). Analisis Kemampuan Metakognisi Mahasiswa PGSD Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. JPIn: Jurnal Pendidik Indonesia, 3(1), 61–71. https://doi.org/10.47165/jpin.v3i1.87

Yunitasari, S. N., Santoso, A., & Sapto, A. (2019). Pengaruh Metode Permainan Kata Teka-Teki Silang dan Anagram terhadap Penguasaan Kosakata Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(2), 202. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i2.11974

Zenati, C., & Hella, S. Le. (2023). Analysis of Culture Related References in the Arabic Translation of Orwell’s “Down and Out in Paris and London.” Dspace.Univ-Ouargla.Dz. https://dspace.univ-ouargla.dz/jspui/handle/123456789/32687


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Seminar Nasional Paedagoria telah terindek: