Penggunaan Kahoot! dalam Mendukung Pembelajaran di Sekolah Dasar (Literature Review)

Indah Nofrida Limbong, Dian Rahmawati, Reftiani Wulandari W, Salsabila Fitri, Tri Yudha Setiawan

Abstract


Abstract: This study aims to be able to find out and describe the use of Kahoot! in supporting learning in elementary schools. The method used in this research is using the systematic Literature Review method. Data collection is used by tracing and documenting articles that are relevant to this research. The articles used are 11 articles published in 2022 that are relevant to this research topic. The 11 articles were obtained from the Google Scholar database. Based on the results of this study, it can be concluded that the use of Kahoot! supporting learning is very effective. Learning using Kahoot! Can foster the interest and motivation of students in learning and be effective in improving learning outcomes.

Abstrak: Penelitian ini memiliki tujuan untuk dapat mengetahui serta mendeskripsikan terkait penggunaan Kahoot! dalam mendukung pembelajaran di sekolah dasar. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan metode systematic Literature Review. Pengumpulan data digunakan dengan cara menelusuri dan mendokumentasikan artikel yang relevan dengan penelitian ini. Artikel yang digunakan adalah 11 artikel yang terbit pada tahun 2022 yang relevan dengan topik penelitian ini. 11 artikel tersebut diperoleh dari database Google Scholar. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi Kahoot! Dalam menunjang pembelajaran sangat efektif. Pembelajaran menggunakan aplikasi Kahoot! Dapat menumbuhkan minat dan motivasi peserta didik dalam pembelajaran dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar.

 

 


Keywords


Kahoot Media; Instructional Media.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Alfiani, A., Widayanti, M., Sukma, S., & Abstrak, F. (2021). Literature Review : Efektivitas Penggunaan Kahoot ! Dalam Mendukung Pembelajaran di Sekolah Dasar.

Alimuddin, A., Niaga Siman Juntak, J., Ayu Erni Jusnita, R., Murniawaty, I., & Yunita Wono, H. (2023). Nipa-Nipa Lama Antang No. 23 Makassar, Sulawesi Selatan 2 Universitas Kristen Teknologi Solo. Menur Pumpungan, Kec. Sukolilo, Kota SBY, 05(04), 36–38.

Bahar, H., Setiyaningsih, D., Nurmalia, L., & Astriani, L. (2020). Efektifitas Kahoot Bagi Guru Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. KACANEGARA Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(2), 155–162. https://doi.org/10.28989/kacanegara.v3i2.677

Diah Harmawati, Retno Wuri Sulistyowati, B. T. (2022). Pembelajaran Inovatif Berbasis Kahoot Di SD YPPK Hati Kudus Merauke Kahoot-Based Innovative Learning at SD YPPK Hati Kudus Merauke. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 31–36.

Eliyah, A., Madjid, T., & Abira, A. (2022). Implementasi Media Pembelajaran Kahoot Bagi Siswa Sekolah Dasar Dalam Memasuki. Al-Gazali Journal of Islamic Education, 1(2).

Fathi, M., Fadly, N., & Sari, P. M. (2022). Quizizz Dalam Pembelajaran Di Kelas Iv Sekolah Dasar. 8(4), 1029–1037.

Icha Timart Diany Sinaga, Netto W. S. Rahan, & Abdul Rahman Azahari. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Kahoot Terhadap Motivasi Belajar Siswa SDN Nanga Bulik 6 Kabupaten Lamandau. Journal of Environment and Management, 3(1), 55–61. https://doi.org/10.37304/jem.v3i1.4286

Indriani, E., & Desyandri. (2022). Pengaruh Game Kahoot Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ipas Kelas Iv Di Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 1934–1942. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.491

Janattaka, N., & Tiyana, F. A. D. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Kahoot Sebagai Media Pembelajaran Matematika Kelas 2 Di SDI Aisyiyah. Arus Jurnal Pendidikan, 2(2), 116–123. https://doi.org/10.57250/ajup.v2i2.78

Listi, I., Lestari, S., & Tryanasari, D. (2022). Aplikasi Kahoot sebagai media pembelajaran di kelas V SD. … Nasional Sosial, Sains …, 1, 672–678.

Sakdah, M. S., Prastowo, A., & Anas, N. (2022). Implementasi Kahoot Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Game Based Learning Terhadap Hasil Belajar dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4 . 0. 4(1), 487–497.

Salmiyanti, Neviyarni S, D. (2023). Peran Guru Dalam Perkembangan Moral Dan Kepribadian Siswa Sekolah Dasar. DE_JOURNAL (Dharmas Education Journal), 4(1), 68.

Syarifah, Lisa Oktapia, Fani Zahriana Dwizar, Cici Febi Putri Tanjung, R. R., & Wandini. (2022). Manfaat Penggunaan Aplikasi Kahoot terhadap Peningkatan Hasil Belajar Tematik Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 1349–1358.

Tumurang, H. J., & Chandra, F. H. (2022). Teknologi dan pedagogi: kahoot! Dan quizziz sebagai media pembelajaran di sekolah dasar.

Wardana, D. A. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Kahoot untuk Meningkatkan Kemampuan Perkalian dan Pembagian Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Literasi Digital, 2(1), 72–77.

Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Seminar Nasional Paedagoria telah terindek: