Perbandingan Motivasi dan Prestasi Belajar Mahasiswa Penerima Bidikmisi dan Non Bidikmisi pada Program Studi Pendidikan Geografi di Universitas Muhammadiyah Mataram

Jannatun Aulia, Syafril Syafril, Arif Arif, Siti Sanisah, Mas’ad Mas’ad, Nurin Rochayati

Abstract


Abstract: This study was conducted to analyze the comparison of motivation and learning achievement of bidikmisi and non-bidikmisi students in the Geography Education Study Program at Muhammadiyah Mataram University. This population research uses a quantitative approach with a research population of 52 people (36 students receiving bidikmisi and 16 non-bidikmisi students). The research data were obtained from questionnaires, documentation, and observation, and analyzed using the Polled Variance type t formula supported by the SPSS application. The results showed that the average learning motivation of students receiving bidikmisi (39.69) was lower than non-bidikmisi (42.19). While the learning achievement of bidikmisi recipients (3.69) is higher than non-bidikmisi students (3.33). Analysis with t Polled Variance type shows that tcount (1.331) < ttable (1.675) at a significant level of 5%. Thus the hypothesis that there is a difference in learning motivation between bidikmisi and non-bidikmisi students in the Geography education study program in the 2022/2023 academic year is accepted.

Abstrak: Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis perbandingan motivasi dan prestasi belajar mahasiswa penerima bidikmisi dan non bidikmisi pada Program Studi Pendidikan Geografi Universitas Muhammadiyah Mataram. Penelitian populasi ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi penelitian sebanyak 52 orang (36 mahasiswa penerima bidikmisi dan 16 mahasiswa non bidikmisi). Data penelitian diperoleh dari angket, dokumentasi, dan observasi, serta dianalisis menggunakan rumus t tipe Polled Varians didukung aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata motivasi belajar mahasiswa penerima bidikmisi (39,69) lebih rendah dari non bidikmisi (42,19). Sedangkan prestasi belajar penerima bidikmisi (3,69) lebih tinggi dari mahasiswa non bidikmisi (3,33). Analisis dengan t tipe Polled Varians menunjukkan bahwa thitung (1.331) < ttabel (1.675) pada tarap signifikan 5%. Dengan demikian hipotesis yang meyatakan ada perbedaan motivasi belajar antara mahasiswa bidikmisi dan non bidikmisi di program studi pendidikan Geografi tahun akademik 2022/2023 diterima.


Keywords


Motivation; Achievements; Bidikmisi; Non bidikmisi.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Andani, R., Kusumah, I. H., & Komaro, M. (2019). Pengaruh Pemahaman Tentang Beasiswa Bidikmisi Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. Pengaruh Pemahaman Tentang Beasiswa Bidikmisi Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa, 6(1), 80–85.

Atmanegara, U. (2020). Strategi Pembinaan Mahasiswa Penerima Beasiswa Bidikmisi di Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai.

Badu, A., Komba, S., & Safar, M. (2018). Perbandingan Prestasi Belajar Antara Mahasiswa Bidikmisi dengan Mahasiswa Nonbidikmisi. SELAMI IPS, 4(48), 308–315.

Baskoro, A. (2016). Efektivitas Program Bidikmisi di Universitas Negeri Yogyakarta. In Universtias Negeri Yogyakarta. file:///Users/andreataquez/Downloads/guia-plan-de-mejora-institucional.pdf%0Ahttp://salud.tabasco.gob.mx/content/revista%0Ahttp://www.revistaalad.com/pdfs/Guias_ALAD_11_Nov_2013.pdf%0Ahttp://dx.doi.org/10.15446/revfacmed.v66n3.60060.%0Ahttp://www.cenetec.

Huda, W. Al. (2015). Teori-Teori Motivasi. Jurnal Adabiya, 1(83), 1–11.

Lase, S. (2018). Hubungan Antar Motivasi dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP. Jurnal Warta Edisi, 56(April).

Noviandini, F. (2020). Effect of bidikmisi scholarship on learning motivation and learning achievement of bidikmisi students economic education department 2015 – 2017 yogyakarta state university. Jurnal Penddikan Dan Ekonomi, 9(2), 152–160.

Rachmawaty, D. T. (2016). Pengaruh Beasiswa Bidikmisi Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Penerima Bidikmisi di UIN Syarif Hidayatullah. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah - Jakarta.

Rifa’id, M. (2018). Beasiswa Bidikmisi dalam Perspektif Ekonomi Islam. Bitkom Research, 63(2), 1–3. http://forschungsunion.de/pdf/industrie_4_0_umsetzungsempfehlungen.pdf%0Ahttps://www.dfki.de/fileadmin/user_upload/import/9744_171012-KI-Gipfelpapier-online.pdf%0Ahttps://www.bitkom.org/ sites/default/files/ pdf/Presse/Anhaenge-an-PIs/ 2018/180607 -Bitkom

Sanisah, S. (2015). Kebijakan Pengelolaan Anggaran Pendidikan Di Kabupaten Lombok Tengah. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis (JPEB), 3(1). https://doi.org/10.21009/jpeb.003.1.5

Sanisah, S., & Santosa, H. (2023). Education Budget Fluctuation and Its Relevance to the Achievement of Human Development Index on the Dimension of Education. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 9(1). https://doi.org/10.33394/jk.v9i1.7041

Septian, A., & Ahmad, R. S. (2020). Dampak Pemanfaatan Beasiswa Bidikmisi Mahasiswa Program Studi Pendidikan SOsiologi Universitas Negeri Makassar. Jurnal Sosialisasi, 7(1), 14–20. http://apium.um.edu.my/journals/journal_usul/No_Usul.php

Septianti, D. (2017). Pengaruh Pemberian Beasiswa Bidik Misi terhadap Motivasi Berprestasi dan Disiplin Mahasiswa Penerima Beasiswa Bidik Misi di Kota Palembang. Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini, 8(02), 6–11.

Stei. (2017). Bab III metoda penelitian. Bab III Metoda Penelitian, 1–9.

Suhendra, A. (2016). Peranan Beasiswa Bidikmisi Dalam Meningkatkan Indeks Prestasi Komulatif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP UNTAN. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(2), 1–18.

Sylvana, A., & Alwi, M. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Penerima Bidikmisi Universitas Terbuka (Studi pada Unit Program Belajar Jarak Jauh-UT Makassar). Semnas Fekon, 2000, 50–57.

Yunus, M., & Arifin, Z. (2016). Perbedaan Mahasiswa Penerima Bidikmisi dan Nonbidikmisi Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar (Studi pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Sosiologi). Jurnal Sosialisasi Pendidikan Sosiologi, 1(1), 74–78.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Seminar Nasional Paedagoria telah terindek: