Analisis Kebutuhan Pengembangan Mobile Learning Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sosial Sekolah Dasar
Abstract
Abstract: The social literacy skills of elementary school students still require special attention, especially in science education. One way to improve students' social literacy skills is by using mobile learning media in science education. This study aims to determine the needs analysis in the development of problem-based learning (PBL) mobile learning in science education in elementary schools, where the developed product is expected to improve students' social literacy skills. The research was conducted at an elementary school in Depok, West Java, with 30 students as research subjects. The research method used was Research and Development (R&D) with the Hannafin & Peck approach, which consists of three stages: needs analysis, design and development, and implementation. However, the implementation of this research was only carried out at the needs analysis stage to develop mobile learning products in accordance with field needs. Data collection techniques included observation, interviews, and questionnaires. The results of the needs analysis indicated that the learning media developed by teachers still had several weaknesses. Information was obtained through interviews and questionnaires. The findings revealed that schools greatly need learning media for learning activities, particularly PBL-based mobile learning in line with the independent curriculum.
Abstrak: Kemampuan literasi sosial peserta didik sekolah dasar masih memerlukan perhatian khusus, terutama dalam pembelajaran IPAS. Salah satu cara meningkatkan kemampuan literasi sosial siswa adalah dengan menggunakan media pembelajaran mobile learning pada pembelajaran IPAS. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan analisis kebutuhan dalam pengembangan mobile learning berbasis problem-based (PBL)learning dalam mata pelajaran IPAS di sekoklah dasar, dimana produk yang dikembangkan diharapkan dapat meningkatka kemampuan literasi sosial siswa. Penelitian dilakukan di sekolah dasar Depok, Jawa Barat dengan 30 siswa sebagai subjek penelitian. Metode penelitian yang dilakukan adalah Penelitian dan Pengembnagan (R&D) dengan pendekatan Hannafin & Peck yang memuat tiga tahapan, yaitu analisis kebutuhan desain dan pengembangan dan implementasi. Namun implementasi penelitian ini hanya melakukan pada tahap analisis kebutuhan untuk mengembangkan produk mobile learning sesuai dengan kebutuhan lapangan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui, observasi, wawancara dan kuesioner. Hasil analisis kebutuhan menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan oleh guru masih memiliki beberapa kelemahan. Informasi diperoleh melalui wawancara dan kuesioner. Temaun ini, bahwa sekolah sangat membutuhkan media pembelajaran untuk proses kegiatan belajar, terutama pembelajaran mobile learning berbasis PBL sesuai dengan kurikulum merdeka.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Asmaul, H., Asty, F., Fitri, P., Modesta, Tiara, P. H., & Arita, M. (2023). Analisis Materi IPS Dalam Pembelajaran IPAS Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. JPDSH Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 3(1), 57–64. https://bajangjournal.com/index.php/JPDSH
Aulia, L. R., Pebriani, Y. N., Arifin, M. H., & Yona Wahyuningsih. (2023). Mengembangkan Keterampilan Sosial dalam Kehidupan Melalui Model Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS (JPPI) 17 (1): 66-74, 2023 Http://Ejournal.Unikama.Ac.Id/Index.Php/JPPI, 17(1), 1–9. https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JPPI/article/view/6742/4006
Azmi, R. D., & Ummah, S. K. (2023). Pengembangan Apikasi Android Berbasis Simulasi Interaktif Berbantuan MATLAB untuk Pembelajaran Matematika SMP Pasca Pandemi. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 313–325. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1796
Darmaji, Kusmiati, & Utomo, T. P. (2024). Pemanfaat Teknologi Mobile Learning Untuk Menigkatkan Minat Belajar dan Keterampilan Komunikasi Siswa. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 4(2), 13–19.
Díaz-Sainz, G., Pérez, G., Gómez-Coma, L., Ortiz-Martínez, V. M., Domínguez-Ramos, A., Ibañez, R., & Rivero, M. J. (2021). Mobile learning in chemical engineering: An outlook based on case studies. Education for Chemical Engineers, 35, 132–145. https://doi.org/10.1016/j.ece.2021.01.013
Domingo, M. G., & Garganté, A. B. (2016). Exploring the use of educational technology in primary education: Teachers’ perception of mobile technology learning impacts and applications’ use in the classroom. Computers in Human Behavior, 56, 21–28. https://doi.org/10.1016/j.chb.2015.11.023
Esti, S., & Novitasari, K. (2019). Penguatan Literasi Sosial Anak Usia Dini Pada Siswa Sekolah Paud Sejenis (Sps) Wortel Di Bantulkarang, Ringinharjo, Bantul, Kabupaten Bantul. Jurnal Berdaya Mandiri, 1(1), 35–48. https://doi.org/10.31316/jbm.v1i1.237
Ferdiansyah, M. N. (2024). Upaya Peningkatan Keaktifan Belajar Peserta Didik Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi Berbantuan Media Konkret. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, 30(1), 145. https://doi.org/10.30587/didaktika.v30i1.7432
Geni, K. H. Y. W., Sudarma, I. K., & Mahadewi, L. P. P. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berpendekatan CTL Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV SD. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 1. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28919
Hannafin, M. J., & Peck, K. L. (1988). The Design Development, and Evaluation of Instructional Software (1st ed.). Macmillan Publishing Company.
Hao, Y., Lee, K. S., Chen, S.-T., & Sim, S. C. (2019). An Evaluative Study of a Mobile Application for Middle School Students Struggling with English Vocabulary Learnin. In Computers in Human Behavior (Vol. 95, pp. 208–216). Elsevier B.V. https://doi.org/10.1016/j.chb.2018.10.013
Imania, K. A. N., & Bariah, S. H. (2020). Pengembangan flipped classroom dalam pembelajaran berbasis mobile learning pada mata kuliah strategi pembelajaran. In PETIK: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi …. core.ac.uk. https://core.ac.uk/download/pdf/480660638.pdf
Jima, M. J., Fitriah, F., & Solo, Y. D. (2023). Analisis Gaya Belajar Siswa Secara Visual, Auditori Dan Kinestetik Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ipa. Teaching and Learning Journal of Mandalika, 4(2), 111–122. https://doi.org/10.36312/teacher.v4i2.1952
Kim, H. J., Lee, J. M., & Rha, J. Y. (2017). Understanding the role of user resistance on mobile learning usage among university students. Computers and Education, 113, 108–118. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2017.05.015
Kurniasih, N. F., & Ikhsan, F. K. (2019). Masalah Sosial Anak Usia Dasar. At-Ta’lim: Media Informasi Pendidikan Islam, 18(1), 111–136.
Kusuma, M. W., Nuramalia, T., Ain, T. Q., & Heryadi, Y. (2025). Persepsi Siswa terhadap Penggunaan Media Video Animasi dalam Pembelajaran Energi dan Perubahannya di Sekolah Dasar Students ’ Perception of the Use of Animated Video Media in Energy and Its Changes Learning in Elementary School. Ibtida’i: Jurnal Kependidikan Dasar, 12(1), 37–64.
Kusumawati, I. T., Soebagyo, J., & Nuriadin, I. (2022). Studi Kepustakaan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Penerapan Model PBL Pada Pendekatan Teori Konstruktivisme. JURNAL MathEdu, 5(1), 13–18.
Linda, S., Apip, P., & Deni, D. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Inggris: Degrees of Comparison. Gunahumas, 3(2), 57–72. https://doi.org/10.17509/ghm.v3i2.28389
Lintjewas, G. I., Sumarauw, S. J. A., & Pulukadang, R. J. (2022). Pengembangan Aplikasi Mobile Learning Berbasis Android pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel. MARISEKOLA: Jurnal Matematika Riset Edukasi Dan Kolaborasi, 3(1), 57–64. https://doi.org/10.53682/marisekola.v3i1.2491
Manurung, P. (2021). Multimedia Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid 19. Al-Fikru: Jurnal Ilmiah, 14(1), 1–12. https://doi.org/10.51672/alfikru.v14i1.33
Mardiyanto, & Annggara. (2025). Mobile Learning Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Pada SDN 1 Banjar. JELTec (Journal of Learning Technology), 03(01), 23–30.
Mayer, R. E. (2020). Where is the learning in mobile technologies for learning? Contemporary Educational Psychology, 60, 101824. https://doi.org/10.1016/j.cedpsych.2019.101824
Meliana, M., Suwindia, I. G., & Winangun, I. M. A. (2025). Efektivitas Media Pembelajaran Digital terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1), 862–867. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6578
Mike, Y., & Luthfiyah, A. (2024). Pengaruh Media Pop Up Book terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Tematik (IPA) di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971
Milanti, A. A., Lasambouw, C. M., & Maulana, M. Y. (2023). Validasi E-Modul Berbasis Mobile Learning dalam Pembelajaran Inovatif Pendidikan Kewarganegaraan. Journal of Education Research, 4(4), 1543–1552. https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.482
Mochamad, I. S., Hafiziani, E. P., & Ade, H. (2023). Penerapan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sosial Pada Mata Pelajaran Ips Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 1604–1611. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.886
Mufidah, E. F., Wirastania, A., & Pravesti, C. A. (2021). Studi Kasus: Permasalahan Yang Sering Ditangani Guru Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dasar Dan Sekolah Menengah Pertama. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia), 6(1), 7. https://doi.org/10.26737/jbki.v6i1.1651
Muhammad, M. H., & Yuliani, H. (2023). Sytematic Literature Review: Kelayakan Media Pembelajaran Mobile Learning Sebagai Penunjang Pembelajaran MIPA Di Indonesia. LAMBDA : Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA Dan Aplikasinya, 3(2), 78–86. https://doi.org/10.58218/lambda.v3i2.561
Mulabbiyah, Ismiati, & Ahmad, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Fleming-VAK ( Visual , Auditory , Kinesthetic ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MI Thohir Yasin Pada Muatan Pelajaran IPA. El-Midad Jurnal Jurusan PGMI, 10(1), 60.
Nasrikin, R., Komalasari, K., & Ruhimat, M. (2023). Pengaruh Literasi Media Internet Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Era Covid-19. Jurnal Civic Hukum, 8(1), 46–57. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jurnalcivichukum
Nasution, F. Z., & Elvira. (2022). Memahami Gaya Belajar untuk meningkatkan Potensi Anak Understanding Learning Styles to increase Children’s Potential Fenty Zahara Nasution 1 , Elvira 2 Dosen Fakultas Psikologi Univeritas Potensi Utama. Jurnal Pelayanan Dan Pengabdian Masyarakat Indonesia (JPPMI), 1(2), 10–23. https://journal-stiayappimakassar.ac.id/index.php/jppmi/article/view/808/827
Nikmah, N., Rahayu, R., & Fajrie, N. (2020). Penerapan Media Pembelajaran Math Mobile Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas Iv. WASIS : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2), 44–52. https://doi.org/10.24176/wasis.v1i2.4895
Nur’aini, Z., & Sunarso, A. (2024). Pengembangan Media Mobile Learning Berbantu Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa. Journal of Science Education, 8(1). https://doi.org/10.33369/pendipa.8.1.10-16
Nur, H., Haeruddin, & Rahmanpiu. (2024). Pengembangan Media Mobile Learning Berbasis Aplikasi Lectora Inspire pada Materi Termokimia. Jurnal Pendidikan Kimia, 9(3), 323–335.
Nuranti, E. Q., Intizhami, N. S., Maharani, P. A., Rafrin, M., & Agus, M. (2023). Pelatihan Model Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi SLIDO di SMAN 5 Parepare. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(5), 464–470. https://doi.org/10.59837/jpmba.v1i5.190
Radita, M. P. M., & Nurfauziah, P. (2022). Desain Aplikasi Mahtematics Mobile Learning Berbasis Android Pada Materi Teorema Phytagoras. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(2), 519. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i2.9509
Relawan, S. (2024). Kasus Bullying di Sekolah Meningkat, KPAI Sebut Ada 2.355 Kasus Pelanggaran Perlindungan Anak Selama 2023. https://sekolahrelawan.org/artikel/kasus-bullying-di-sekolah-meningkat-kpai-sebut-ada-2355-kasus-pelanggaran-perlindungan-anak-selama-2023
Riana, N., & Elmunsyah, H. (2024). Peran Aplikasi Elemen Mesin sebagai Mobile Learning Interaktif untuk Optimasi Pembelajaran Digital pada Pendidikan Vokasi. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2). https://jurnaldidaktika.org/contents/article/view/703
Saputri, A. B., & Firmantika, L. (2024). Efektivitas Penggunaan Media Video Pembelajaran, Berbantuan Plickers dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(3), 3042–3052. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.4093
Supit, D., Melianti, M., Lasut, E. M. M., & Tumbel, N. J. (2023). Gaya Belajar Visual, Auditori, Kinestetik terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal on Education, 5(3), 6994–7003. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1487
Tusriyanto, Nadiroh, & Japar. (2022). Pembelajaran IPS Berbasis Literasi dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Ri’ayah: Jurnal Sosial Dan Keagamaan, 7(2), 214. https://doi.org/10.32332/riayah.v7i2.5837
Widiana, I. W., Hermayuni, T. D., Sastra Agustika, G. N., & Kusumastuti, F. A. (2020). The effect of literacy based on exploration of science with cultural insights on thematic content mastery and social attitude. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(4), 521–531. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i4.25043
Wulandari, I. G. A. A. M., Antara, P. A., & Tegeh, I. M. (2024). Media Pembelajaran Berbasis Adaptive Mobile Learning untuk Anak Usia Dini. Journal of Education Action Research Volume, 8(3), 522–530.
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Prosiding Seminar Nasional Paedagoria telah terindek: