Pengaruh Permainan Bahasa Inggris Terhadap Kemampuan Berbicara Siswa

Nurfaidah Nurfaidah, Rima Rahmaniah, lham lham, Fauzi Bafadal, Irwandi Irwandi, Hijril Ismail

Abstract


Abstract: The ability to speak English is one of the productive skills that plays an important role in supporting students' communication competencies. This skill not only involves the ability to convey ideas verbally but also requires mastery of language structure, fluency in speaking, and confidence in interacting. With the development of innovative learning approaches, English language games have become one of the strategies used to effectively and enjoyably improve students' speaking skills. This study aims to systematically evaluate the impact of English language games on students' speaking skills through a Systematic Literature Review (SLR) approach. The literature reviewed was obtained from various indexed academic databases, with publication dates ranging from 2015 to 2025, and selected based on predetermined inclusion and exclusion criteria. The findings reveal that: (1) games such as role-play, guessing games, word games, and storytelling have been proven to enhance students' speaking fluency; (2) playful activities in learning also boost students' motivation, active engagement, and self-confidence; (3) the effectiveness of games is influenced by the context of their implementation, such as educational level, class size, and the readiness of both teachers and students; and (4) some challenges, such as time constraints, resources, and curriculum adaptation, remain.Thus, English language games have significant potential in supporting speaking skill learning, but careful planning and contextual adaptation are necessary to achieve optimal results.

Abstrak: Kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris merupakan salah satu aspek keterampilan produktif yang memiliki peran penting dalam menunjang kompetensi komunikasi siswa. Keterampilan ini tidak hanya mencakup kemampuan menyampaikan gagasan secara lisan, tetapi juga menuntut penguasaan struktur bahasa, kelancaran berbicara, dan rasa percaya diri dalam berinteraksi. Seiring berkembangnya pendekatan pembelajaran yang inovatif, permainan bahasa Inggris menjadi salah satu strategi yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa secara efektif dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi secara sistematis pengaruh permainan bahasa Inggris terhadap kemampuan berbicara siswa melalui pendekatan Systematic Literature Review (SLR). Literatur yang ditelaah diperoleh dari berbagai basis data akademik terindeks, dengan rentang waktu publikasi antara tahun 2015 hingga 2025, serta diseleksi berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi yang telah ditentukan. Hasil kajian menunjukkan bahwa: (1) permainan seperti role-play, guessing games, word games, dan storytelling terbukti mendorong peningkatan kelancaran berbicara siswa; (2) aktivitas bermain dalam pembelajaran turut meningkatkan motivasi, keterlibatan aktif, dan rasa percaya diri siswa; (3) efektivitas permainan dipengaruhi oleh konteks pelaksanaannya, seperti jenjang pendidikan, ukuran kelas, dan kesiapan guru maupun siswa; dan (4) beberapa kendala seperti keterbatasan waktu, sarana, serta adaptasi kurikulum menjadi tantangan dalam penerapannya. Dengan demikian, permainan bahasa Inggris memiliki potensi signifikan dalam mendukung pembelajaran keterampilan berbicara, namun perlu perencanaan dan adaptasi kontekstual yang matang untuk mencapai hasil yang optimal.


Keywords


English Games, Speaking Skills, Game-Based Learning.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Agus, A. rofii. (2023). Kesulitan Berbicara Siswa Sekolah Dasar dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 1895–1904. https://doi.org/10.31949/jee.v6i4.6851

Agustina, E., Andanty, F. D., Setiawan, R., Susanto, F., Soelistijowati, J. O., & Putri, N. T. (2024). Peranan Game untuk Pengajaran Kosakata Bahasa Inggris: Sebuah Penguatan Literasi bagi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Peradaban Masyarakat, 4(1), 32–37.

Ali, S. W. (2025). Membangun Kepercayaan Diri dan Kemampuan Bahasa InggrisSiswa SD melalui Permainan Edukatif. Jurnal Pengabdian Sosial, 2(8), 3867–3871.

Astutie, Y. R. E. (2018). Peningkatan kemampuan berbicara bahasa Inggris siswa kelas VII SMP negeri I kota Blitar melalui games (kalender). Jurnal Pendidikan : Riset Dan Konseptual, 2(1), 45–56. http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual%0Ahttp://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/31

Budiwati, R., & Fauziati, E. (2022). Merdeka Belajar Dalam Perspektif Ki Hajar Dewantara. Jurnal Elementa, 4(1), 15–24. https://doi.org/10.33654/pgsd

Daar, G. F., Maria M.N. Manggas, Elfrida Trifoniati Astuti, Maria Angelitari Aryanto, Steviana Marsiana, Florianus Jegaut, & Djerubu, D. (2025). Fun English for Elementary Students: Meningkatkan Keterampilan Bahasa Inggris Siswa S Kelas 6 Melalui Metode Interaktif Dan Permainan Edukatif. Jurnal Pengabdian Kolaborasi Dan Inovasi IPTEKS, 3(2), 355–361. https://doi.org/10.59407/jpki2.v3i2.2121

Dahliani, L. (2023). Media pembelajaran pertumbuhan tanaman hidroponik menggunakan demonstrasi dan discovery learning berbasis Aplikasi Canva: Studi Kasus di Era Digital. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 1(3), 144–151. https://doi.org/10.61650/jptk.v1i3.295

Dien Afni Ariyati, & Rostina Rostina. (2024). Efektivitas Game English Whisper dalam Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Inggris pada Siswa SMP 19 Makassar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 6(4), 222–236. https://doi.org/10.57214/pengabmas.v6i4.748

Dina, M. A. S. (2024). Pengaruh Model Role Playing Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Siswa Kelas V Sdn Cilandak Barat 01. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Firna, R., Ilham, Irwandi, Rahmania, R., Hidayanti, & Bafadal, F. (2024). Faktor Penyebab Dampak Kecemasan Berbicara dalam Bahasa Inggris. Seminar Nasional Paedagoria, 4, 189–199.

Fitri Nurhayati, & Hilmi, I. (2024). Efektivitas Pembekalan Kosakata Harian terhadap Kemampuan Berbicara Santri. JSIM: Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 5(5).

Ibrahim, M. (2025). Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris Dasar bagi Siswa Sekolah Dasar Melalui Metode Fun Learning di Desa Wekke ’ e. J-Abmas: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(April), 44–57.

Ilmiah, J., Dan, I. P. S., Peningkatan, D., Berbicara, K., & Inggris, B. (2024). J i i h. 23–27.

Khotimah, D. K. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Siswa Kelas Vii Smp Dengan Media Pembelajaran Flash Card. Jurnal Pionir LPPM Universitas Asahan, 7(3), 2020.

Mahsar, L. (2020). Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Content-Based Instruction (CBI) Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa di Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram. Media Bina Ilmiah, 16(July), 1–23.

Mutia, M. (2025). Peran Aktivitas Bahasa Inggris Yang Menyenangkan Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris. Jurnal Penelitian Kesmasy, 7(2), 126–133. https://doi.org/10.36656/jpksy.v7i2.2362

Nur Istiqomah, D., Fitrotun Nisa, A., Tri Handoko, A., Sarjanawiata Tamansiswa, U., & Sokowaten Baru, S. (2023). Meningkatkan Keterampilan Berbicara Menggunakan Problem Based Learning dan Metode Bermain Peran Pada Siswa Kelas Iii Sdn Sokowaten Baru Tahun Ajaran 2023/2024. 2(1), 2023.

Nur Wahyuni, Indah Afrianti, Fadlurrahman, Afrizal, & Isratul Aini. (2025). Pengalaman Siswa dalam Menghadapi Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris: Pendekatan Kualitatif. Jurnal Pendidikan & Pengajaran (Jupe2), 3(1), 150–161. https://doi.org/10.54832/jupe2.v3i1.568

Pembelajaran, E. (2025). 4 1234. 10, 234–245.

Purwaningsih, K. (2022). Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sasambo, 1(4), 54–59.

Puspitasari, E., Anwar, M., Habibul Umam, L., Wulan Asih, S., Khoiri, K., Kawijaya, J., & Mu, N. (2025). Pemberdayaan Anak di Sanggar Pusaka Bantul Melalui Game-Based Learning dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris. Dedikasi : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(1), 82–94. http://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/jpm

Risma Hanifatur Rosyida, Silvia Dwi Anjelika, Idris Salam Septiyanto, & Muhammad Nofan Zulfahmi. (2025). Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Siswa Sekolah Dasar Melalui Permainan Bingo yang Menyenangkan dan Interaktif. Pragmatik : Jurnal Rumpun Ilmu Bahasa Dan Pendidikan , 3(1), 216–227. https://doi.org/10.61132/pragmatik.v3i1.1329

Rokmanah, S., Andriana, E., Wiyudia, N., Fkip, P., Sultan, U., Tirtayasa, A., & Id, S. A. (2024). Analisis Metode Role Playing Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09, 1388–1399.

Salmiati, S., Amri, S., Yeni, M., Syafrizal, S., Wiluyo, A., Khairunnisa, K., & Alicia, C. (2023). Kegiatan English Club sebagai Sarana Peningkatan Kemampuan Berbicara (Speaking) Mahasiswa Universitas Islam Indragiri. CEMARA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin, 1(2), 21–27. https://doi.org/10.61672/cemara.v1i2.2687

Sampe, M. (2025). Peran Apresiasi Sastra dalam Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Anak Sekolah Dasar. 1(4), 109–120.

Simon, E., Olak, P., & Malang. (2023). Jurnal ilmu pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 1–9.

Suli, V. C., Novia, L., Sunra, L., Rosmawati, R., & Saad, M. (2025). Peningkatan Kepercayaan Diri dan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Siswa Melalui Kegiatan English Competition. Jurnal Abdimas Komunikasi Dan Bahasa Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 14–21. https://doi.org/10.31294/abdikom.v3i2

Suryaningsih, N. M. A., Br PA, R. H., & Pramartha, I. N. B. (2020). Strategi Pembelajaran Berbasis Digital: Berbagai Bidang Ilmu Pengetahuan. www.medsan.co.id

Syafii, M. L., Candrakusuma, M., & Riawan, R. (2024). Pendampingan Sinonim Antonim Homonim Homophone Bahasa Inggris Terhadap Siswa SMP Muhammadiyah 7 Gondang Nganjuk. Al-Khidmat, 7(2), 59–63. https://doi.org/10.15575/jak.v7i2.37855

Trisnadewi, K., & Purnama Lestari, E. A. (2018). Pengaruh Language Games Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris. KULTURISTIK: Jurnal Bahasa Dan Budaya, 2(1), 66. https://doi.org/10.22225/kulturistik.2.1.674

Ummah, S., Subroto, D. E., Hamzah, M. Z., & Fentari, R. (2022). Permainan Edukatif dalam Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Siswa Sekolah Dasar. Attractive : Innovative Education Journal, 4(1), 1–12.

Virdyna, N. K. (2015). Penerapan Metode Fonik Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Bagi Anak Usia Dini. OKARA: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 9(1), 113. https://doi.org/10.19105/ojbs.v9i1.584

Walicki, A. (2016). Appendix 213. Encounters with Isaiah Berlin, 213–474. https://doi.org/10.3726/978-3-653-00787-9/7

Wirahmi, I., Husain, N., & Rohandi, M. (2025). Strategi Pembelajaran Interaktif : Kosakata Bahasa Inggris Buah dan Sayuran melalui Permainan ’ Simon Says ’. DEVOTION: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(1), 1–5.

Yulianti, P., Ilham, Bafadal, M. F., Rahmaniah, R., Ismail, H., & Hudri, M. (2024). Pengaruh Meningkatnya Keterampilan Berbicara dalam Platform Digital dan Pembelajaran diruang Kelas. Seminar Nasional Paedagoria, 4, 72–84.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Seminar Nasional Paedagoria telah terindek: