Analisis Kesiapan Guru Dalam Merancang Modul Ajar Kurikulum Merdeka

Jeni Rahma Dani, Haifaturrahmah Haifaturrahmah, Syafruddin Muhdar, Nanang Rahman, Sintayana Muhardini, Intan Dwi Hastuti

Abstract


Abstract: The implementation of the Merdeka Curriculum in Indonesia requires teachers to play an active role as adaptive, innovative, and student-centered learning designers. One crucial aspect of this implementation is the teacher's ability to develop teaching modules that align with students' needs and characteristics. This study aims to analyze teachers' readiness in designing teaching modules within the context of the Merdeka Curriculum implementation by employing a qualitative approach using the Systematic Literature Review (SLR) method. The study reviews various scholarly articles published between 2019 and 2024, sourced from databases such as Google Scholar, Garuda, ScienceDirect, and ResearchGate. Inclusion criteria focus on articles relevant to teacher readiness in the context of the Merdeka Curriculum, particularly in teaching module development. The analysis reveals that teacher readiness remains varied and faces several challenges, including difficulties in applying differentiated instruction principles, limited school facilities, and a lack of practical training support. Many teachers still lack adequate competencies in designing teaching modules that address students' diverse needs, interests, and characteristics. Therefore, comprehensive support is needed in the form of intensive training, professional mentoring, and improvements in educational infrastructure. These findings are expected to serve as a foundation for stakeholders in formulating strategies to enhance teacher capacity and ensure the successful implementation of the Merdeka Curriculum across educational levels.

Abstrak: Penerapan Kurikulum Merdeka di Indonesia menuntut peran aktif guru sebagai perancang pembelajaran yang adaptif, inovatif, dan berpusat pada peserta didik. Salah satu aspek penting dalam implementasi kurikulum ini adalah kemampuan guru dalam menyusun modul ajar yang relevan dengan kebutuhan dan karakteristik siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesiapan guru dalam merancang modul ajar dalam implementasi Kurikulum Merdeka dengan menggunakan pendekatan kualitatif melalui metode Systematic Literature Review (SLR). Studi ini mengkaji berbagai literatur ilmiah yang diterbitkan antara tahun 2019 hingga 2024, yang diperoleh dari basis data seperti Google Scholar, Garuda, ScienceDirect, dan ResearchGate. Kriteria inklusi mencakup artikel yang relevan dengan topik kesiapan guru dalam konteks Kurikulum Merdeka, khususnya dalam pengembangan modul ajar. Hasil analisis menunjukkan bahwa kesiapan guru masih beragam dan menghadapi berbagai tantangan, di antaranya kesulitan dalam menerapkan prinsip pembelajaran berdiferensiasi, keterbatasan fasilitas di sekolah, serta kurangnya pelatihan praktis yang mendukung. Banyak guru belum memiliki kompetensi yang memadai dalam menyusun modul ajar yang sesuai dengan kebutuhan, minat, dan karakter siswa yang beragam. Oleh karena itu, diperlukan dukungan komprehensif berupa pelatihan intensif, pendampingan profesional, serta peningkatan sarana dan prasarana pendidikan. Temuan ini diharapkan dapat menjadi landasan bagi para pemangku kepentingan dalam merumuskan strategi peningkatan kapasitas guru demi keberhasilan implementasi Kurikulum Merdeka di berbagai jenjang pendidikan.


Keywords


Teacher Readiness, Teaching Module, Independent Curriculum, Systematic Literature Review.

Full Text:

DOWNLOAD [PDF]

References


Abaya, R. (2024). Tantangan Guru Dalam Penyusunan Modul Ajar Kurikulum Merdeka: Studi Di Madrasah Ibtidaiyah. Sasangga: Journal of Education and Learning, 2(2), 47–55.

Aliyah, A., Sari, D. P., & Warlizasusi, J. (2024). Analisis Permasalahan dan Kebutuhan Pelatihan Guru dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Belajar (Studi Pada Guru PAI SDIT Annajiyah Lubuklinggau). Pascasarjana IAIN Curup.

ANGGRAHENI, I. K. A., HADI, S., & PRISTIANI, R. (2024). Pengembangan profesional guru di sekolah dasar indonesia dalam konteks kebijakan nasional. PAEDAGOGY: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Psikologi, 4(4), 590–600.

Aryenda, D. M., Koesvahana, N., Afifah, Z., Putra, M. J. A., & Nisa, M. (2024). ANALISIS IMPLEMENTASI PRINSIP-PRINSIP PSIKOLOGI KEPADA GURU SEKOLAH DASAR DALAM KURIKULUM MERDEKA BELAJAR. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kearifan Lokal, 4(5), 694–704.

Azri, A., & Raniyah, Q. (2024). Peran teknologi dan pelatihan guru dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 3(4), 4859–4884.

Capah, A., Indah T, K., Mardayanti, F., Sitorus, S. Q., Siahaan, T. L., Siregar, W. M., & Pratama, A. (2025). Hambatan yang di Hadapi Guru SD dalam Merancang Modul Ajar di Kurikulum Merdeka. Dinamika Pembelajaran : Jurnal Pendidikan Dan Bahasa, 28–29.

Handayani, M. (2018). Analisis isi modul pembelajaran tematik integratif berbasis problem based learning. Jurnal Pendidikan Anak Dan Karakter, 01(01), 9–21.

Irmaliya Izzah Salsabilla, Erisya Jannah, J. (2023). Analisis Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. 3(1), 33–41.

Kamila, Q. A. N., ASBARI, M., & DARMAYANTI, E. (2024). Merdeka Belajar: Memahami Konsep Pembelajaran Masa Kini. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 3(2), 104–110.

Maulida, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi : Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 5(2), 130–138. https://doi.org/10.51476/tarbawi.v5i2.392

Mujianto, G., & Setiawan, A. (2024). Peningkatan Kualitas Pembelajaran melalui Pelatihan dan Pendampingan Implementasi Kurikulum Merdeka di SMA Muhammadiyah 2 Sumber Pucung: Penelitian. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Riset Pendidikan, 2(4), 517–526.

Ningrum, D. M., & Sofwan, M. (2023). Kesiapan Guru dalam Merancang Modul Ajar Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Pendidikan Tematik Dikdas, 8(2), 95–100. https://doi.org/10.22437/jptd.v8i2.26150

Nuryanti, N. E., Mulyana, E. H., & Loita, A. (2023). Analisis Kesulitan Guru dalam Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Jurnal Paud Agapedia, 7(2), 176–183. https://doi.org/10.17509/jpa.v7i2.63929

Purwowidodo, A., & Zaini, M. (2023). Teori dan praktik model pembelajaran berdiferensiasi implementasi kurikulum merdeka belajar. Yogyakarta: Penebar Media Pustaka, 65.

Putri, T. N., Anwar, R. N., & Afifah, D. R. (2024). Manfaat modul ajar terhadap hasil belajar peserta didik. Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora, (SENASSDRA), 3(3), 18–21.

Qonita, A., Rahmawati, D., Robiansyah, F., & Adriweri, E. (2023). Problematika guru dalam menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar pada siswa kelas I & IV SD Negeri. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 10(2), 204–220.

Rico Abaya. (2021). Tantangan Guru Dalam Penyusunan Modul Ajar Kurikulum Merdeka: Studi Di Madrasah Ibtidaiyah. Kodifikasia : Jurnal Penelitian Islam, Vol 15, No. 01 (2021), 133-158, 15(01), 133–158.

Ripandi, A. J. (2023). Hakikat Kurikulum Dalam Pendidikan. Jurnal Al Wahyu, 1(2), 123–133. https://doi.org/10.62214/jayu.v1i2.129

Rismawanda, H., & Mustika, D. (2024). Kemampuan Guru dalam Menyusun Modul Ajar pada Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Aulad: Journal on Early Childhood, 7(1), 32–42. https://doi.org/10.31004/aulad.v7i1.575

RYAN, R. (2024). Problematika Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas X Di Man 1 Bandar Lampung. Uin Raden Intan Lampung.

Salirawati, D. (2016). Teknik Penyusunan Modul Pembelajaran. Academia, 1–14.

Santoso, T. B. (2024). Kompetensi Pedagogik Guru MI dalam Mengimplementasikan Kurikulum. Jurnal Studi Pendidikan Dasar, 2(1), 14–32.

Subhan Widiansyah, Serly Putri Hidayat, Sauqi Ichsan Kamil, Ida Dwi Lestari Br Purba, Usy Rahmawati, & Feby Miftah Azmi Khairo. (2024). Kesiapan Guru dalam Menghadapi Tantangan Implementasi Kurikulum Merdeka. Harmoni Pendidikan : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 344–362. https://doi.org/10.62383/hardik.v2i1.1120

Taufik, T., Andang, A., & Imansyah, M. N. (2023). Analisis Kesulitan Guru dalam Menyusun Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Media Pembelajaran, 2(3), 48–54. https://doi.org/10.59584/jundikma.v2i03.35

Wahyudi, S. A., Siddik, M., & Suhartini, E. (2023). Analisis pembelajaran IPAS dengan penerapan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(4), 1105–1113.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Seminar Nasional Paedagoria telah terindek: