Moderasi Beragama Untuk Mencegah Radikalisme Pada Anak Usia Dini
Abstract
Abstract: Radicalism penetrates early childhood. Actions of radicalism have involved early childhood. Efforts to instil religious moderation in early childhood need to be carried out in educational institutions to have moderate values and prevent children from having radical ideas later in life. The purpose of the study was to find out how to strengthen religious moderation in early childhood to prevent radicalism. The research method uses a qualitative approach with the type of case study—data collection techniques through observation, interviews and documentation. The data analysis technique uses the Miles and Huberman model, namely data reduction, display, and verification. The results showed that religious moderation given to early childhood includes national commitment, tolerance, anti-violence, and application of culture and tradition. Instilling religious moderation in children needs to be delivered from an early age so that children will have a moderate nature and prevent radical ideas from arising in the future.
Abstrak: Radikalisme merambah pada anak usia dini. Aksi radikalisme telah melibatkan anak usia dini. Upaya menanamkan moderasi beragama pada anak usia dini perlu dilakukan di lembaga pendidikan, agar anak mampu memiliki nilai-nilai moderat dan mencegah anak memiliki paham radikal di kemudia hari. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui cara penguatan moderasi beragama pada anak usia dini sebagai upaya pencegahan radikalisme. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analaisis data menggunakan model Miles dan Huberman yakni reduksi data, display data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa moderasi beragama di berikan pada anak usia dini di lembaga paud meliputi komitmen kebangsaan, toleransi, anti kekerasan, serta penerapan terhadap kebudayaan dan tradisi. Menanamkan moderasi beragama pada anak perlu di berikan sejak dini sehingga anak akan mampu memiliki sifat-sifat moderat dan mencegah timbulkan paham radikal di kemudian hari.
Full Text:
PDFReferences
Adawiyah, R. Al, Tobing, C. I., & Handayani, O. (2021). Pemahaman Moderasi Beragama dan Prilaku Intoleran terhadap Remaja di Kota-Kota Besar di Jawa Barat. Jurnal Keamanan Nasional, 6(2), 161–183. https://doi.org/10.31599/jkn.v6i2.470
Akhmadi, A. (2019). Moderasi Beragama Dalam Keragaman Indonesia Religious Moderation in Indonesia’s Diversity. Jurnal Diklat Keagamaan, 13(2), 45–55.
Anwar, R. N. (2021). Management of Islamic Religious Education Learning in Children with Special Needs. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 539–548. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.971
Anwar, R. N. (2021). Penanaman Nilai-Nilai Islam Moderat Pada Anak Usia Dini Dalam Keluarga Sebagai Upaya Menangkal Radikalisme. Al Fitrah Journal Of Early Childhood Islamic Education, 4(2), 155–163.
Anwar, R. N. (2021). Pendidikan Alquran (TPQ) Sebagai Upaya Membentuk Karakter Pada Anak. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(2), 44–50.
Anwar, R. N., & Muhayati, S. (2021). Upaya Membangun Sikap Moderasi Beragama Melalui Pendidikan Agama Islam Pada Mahasiswa Perguruan Tinggi Umum. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 1–15.
Anwar, R. N., Priyanti, I., Sukowati, U., Mubarokah, L., & Yuniya, V. (2020). Penguatan Orangtua Di Tengah Pandemi Guna Dalam Menjaga Fitrah Anak. E-Prosiding Hapemas, 1(1), 386–392. Malang: Universitas Negeri Malang.
Anwar, R. N., Rahmasiwi, D. S., & Winggasari, M. (2021). Internalization Of Spiritual Value In Forming Attitudes And Behavior Of Students In Distance Learning Periods. Proceeding IConIGC: International Conference on Islamic and Global Civilization, 20–26. Malang: Faculty of Islamic Studies – University of Islam Malang.
B, J. (2018). Pesantren dan Radikalisme. UINJkt. Retrieved from https://www.uinjkt.ac.id/id/pesantren- dan-radikalisme/ (di akses tanggal 12 Januari 2020).
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Kamus Besar Bahasa Indonesia (V). Jakarta: Balai Pustaka.
Fahri, M., & Zainuri, A. (2019). Moderasi Beragama di Indonesia. Intizar, 25(2), 95–100.
Fajarwati, I. (2014). Konsep Montessori Tentang Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Pendidikan Agama Islam, XI(1), 37–52.
Hakam, A., & Anggraeni, D. (2019). Revitalisasi Nilai-Nilai Wasathiyah dan Kearifan Lokal dalam Pencegahan Radikalisme Beragama di Perguruan Tinggi. Proceeding The 1st Annual Conference on Islamic Education (ACIED), 12–15.
Iswan, & Herwina. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter Perspektif Islam Dalam Era Millenial IR. 4.0. Seminar Nasional Pendidikan Era Revolusi, 21–42. https://doi.org/10.18041/2382-3240/saber.2010v5n1.2536
Jurgensmeyer, M. (2003). Terorisme Para Pembela Agama. Yogyakarta: Terawang Press.
Kosasih, E. (2019). Literasi Media Sosial dalam Pemasyarakatan Sikap Moderasi Beragama. Jurnal Bimas Islam, 12(2), 263–296. https://doi.org/10.37302/jbi.v12i2.118
Misrawi, Z. (2013). Kesadaran Multikultural dan Deradikalisasi Pendidikan Islam: Pengalaman Bhinneka Tunggal Ika dan Qabul al-Akhar. Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 197. https://doi.org/10.14421/jpi.2013.21.197-215
Moh Badrul Munir, H. (2020). Tingkat pemahaman moderasi beragama serta korelasinya terhadap pengaruh kesehatan mental , keaktifan berorganisasi dan prestasi akademik. Prosiding Nasional: Peluang Dan Tantangan Studi Islam Interdisipliner Dalam Bingkai Moderasi, 137–150. Retrieved from https://files.osf.io/v1/resources/eb93d/providers/osfstorage/5efc1e19af115600233b4b03?format=pdf&action=download&direct&version=1
Mufid, A. S. (2013). Radikalisme dan Terorisme Agama, Sebab dan Upaya Pencegahannya. Jurna; Multikulturan & Multireligius, 12(1), 7–17.
Mulyono, G. P., & Mulyoto, G. P. (2017). Radikalisme Agama di Indonesia (Ditinjau dari Sudut Pandang Sosiologi Kewarganegaraan). Citizenship Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(1), 64. https://doi.org/10.25273/citizenship.v5i1.1212
Naharong, A. M. (2014). Terorisme atas Nama Agama. Refleksi, 13(5), 593–622. https://doi.org/10.15408/ref.v13i5.915
Purwanto, Y., Qowaid, Q., Ma’rifataini, L., & Fauzi, R. (2019). Internalisasi Nilai Moderasi Melalui Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 17(2), 110–124. https://doi.org/10.32729/edukasi.v17i2.605
Rahman, U. (2009). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini. Lentera Pendidikan, 12(1), 46–57.
Rouf, A. (2020). Penguatan Landasan Teologis : Pola Mewujudkan Moderasi Kehidupan Beragama The Strengthening of Theologhical Foundation : A Pattern for Embodying Religious Life Moderation. Jurnal Bimas Islam, 13(1), 105–140.
Satriawan, I., Islami, M. N., & Lailam, T. (2019). Pencegahan Gerakan Radikalisme melalui Penanaman Ideologi Pancasila dan Budaya Sadar Konstitusi Berbasis Komunitas. Jurnal Surya Masyarakat, 1(2), 99. https://doi.org/10.26714/jsm.1.2.2019.99-110
Suara.com. (2018, May 13). Biadab! Ibu Gandeng 2 Putri Kecil Lakukan Bom Bunuh Diri. Suara.com. Retrieved from https://www.suara.com/news/2018/05/13/192039/biadab-ibu-gandeng-2-putri-kecil-lakukan-bom-bunuh-diri?page=all
Supiana, & Sugiharto, R. (2017). Pembentukan Nilai-nilai Karakter Islami Siswa Melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Educan, 1(1).
Tim Redaksi. (2020). Teropong Potensi Radikalisme 2020. Jalan Damai (Majalah Pusat Media Damai BNPT), 58.
Widyaningrum, A. Y., & Dugis, N. S. (2018). Terorisme Radikalisme dan Identitas Keindonesiaan. Jurnal Studi Komunikasi (Indonesian Journal of Communications Studies), 2(1), 32–67. https://doi.org/10.25139/jsk.v2i1.368
Yani, A., & Jazariyah, J. (2020). Penyelenggaraan PAUD Berbasis Karakter Kebhinekaan sebagai Upaya Pencegahan Radikalisme Sejak Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 1. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.503
Yunus, A. F. (2017). Radikalisme, Liberalisme dan Terorisme: Pengaruhnya Terhadap Agama Islam. Jurnal Online Studi Al-Qur an, 13(1), 76–94. https://doi.org/10.21009/jsq.013.1.06
Yusuf, A. (2018). Moderasi Islam Dalam Dimensi Trilogi Islam (Akidah, Syariah, Dan Tasawuf). Al-Murabbi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 203, 203–216. Retrieved from http://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/pai
Zuhdi, M. H. (2017). Radikalisme Agama dan Upaya Deradikalisasi Pemahaman Keagamaan. Akademika, 22(11), 199–224.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Prosiding Seminar Nasional Paedagoria telah terindek: