Efektivitas Pembelajaran Materi Program Linear Berbasis Aplikasi Desmos Terhadap Hasil Belajar Siswa

Novi Haerunnisa, Abdillah Abdillah, Dewi Pramita, Mahsup Mahsup, Vera Mandailina, Syaharuddin Syaharuddin, Yunita Septiana Anwar, Sirajuddin Sirajuddin, Raden Sudarwo, Khaerul Anam

Abstract


Abstract: This study aims to determine the effectiveness of Desmos Application-based learning is for high school students studying linear programming content. This research is a quantitative study that employs a quasi-experimental design with a Post Test Only Control Design. The sample for this study was acquired utilizing the Cluster Random Sampling Technique, which involves randomly selecting two classes from class XI to sample from the population. The research sample taken is class XI TKJ and class XI TBSM SMK Negeri 1 Labuapi. The analysis prerequisite test with normality, homogeneity, and hypothesis testing with t-test was employed to analyze the data. The experimental class's average learning outcomes were 61.16, greater than the control class's 48.41, based on the value of student learning outcomes. The experimental and control classes are regularly distributed and homogeneous in the normality and homogeneity tests. The result of the t-test showed that, if t-count > t-table (2,09339 > 2,074), Ho is rejected and Ha is accepted, indicating that Desmos application assisted learning is effective in improving student learning outcomes in the subject of linear programming for students in class XI TKJ SMK Negeri 1 Labuapi.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran berbasis Aplikasi Desmos terhadap hasil belajar siswa. Metode Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Quasi experimental yang berdisain Post Test Only Control Design. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan Teknik Cluste Random Sampling  yaitu pengambilan sampel dari dari populasi yang dilakukan dengan merandom kelas, dengan mengambil dua kelas secara acak dari kelas XI. Dalam hal ini sampel penelitian yang diambil adalah kelas XI TKJ  dan kelas XI TBSM SMK Negeri 1 Labuapi. Teknik analisis data yang dilakukan adalah uji prasyarat analisis dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis deng uji-t. Hasil Penelitian ini bahwa nilai hasil belajar siswa diperoleh rata-rata hasil belajar kelas eksperimen sebesar 61,16 lebih tinggi dari kelas kontrol sebesar 48,41. Pada uji normalitas dan uji homogenitas diketahui bahwa kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal dan homogen. Setelah dilakukan uji-t di peroleh nilai  (2,09339 2,074 maka ditolak dan  diterima sehingga dapat dikatakan bahwa pembelajaran berbantu aplikasi Desmos efektif terhadap hasil belajar siswa pada materi program linear kelas XI TKJ SMK Negeri 1 Labuapi.


Full Text:

PDF

References


Adriyanto, A., Pramita, D., Abdillah, A., Syaharuddin, S., Mahsup, M., & Fitriani, E. (2020). Peningkatan Kompetensi Strategis Siswa Melalui Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures. Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi, 2(1), 01. https://doi.org/10.31764/justek.v2i1.3535

Arindiono, R. Y., & Ramadhani, N. (2013). Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Matematika untuk Siswa Kelas 5 SD. Jurnal Sains Dan Seni Pomits, 2(1), 28–32.

Arta Diantoro, S. B., Mahsup, M., & Pramita, D. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bentuk Aljabar Siswa Kelas VII SMP. Paedagoria | FKIP UMMat, 10(1), 01. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v10i1.811

Desmos. (2017). Desmos User Guide (p. 1). Desmos.

Dwiranata, D., Pramita, D., & Syaharuddin, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Android Pada Materi Dimensi Tiga Kelas X SMA. Jurnal Varian, 3(1), 1–5. https://doi.org/10.30812/varian.v3i1.487

Fitriani, E., & Mahsup, M. (2018). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Pemahaman. Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi. https://doi.org/10.31764/justek.v1i2.3541

Kabunggul, Y., Pramita, D., Mandailina, V., Abdillah, Mahsup, & Sirajuddin. (2020). Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Team Game Tournament Berbantuan Media …. Jurnal Pendidikan Karakter, 3(2), 3–6.

Kusumaningtyas, N. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Online Berbantuan Desmos pada Kelaskita Materi Program Linier Kelas XI SMA. Kadikma, 9(3), 118–128.

Latifah, I. W. (2018). Profil Berfikir Siswa Peserta Olimpiade Matematika dalam Menyelesaikan Masalah Aljabar. Kadikma, 9(2), 145.

Lestari, A. I. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Appy Pie Untuk Melatih Pemahaman Konsep Turunan Fungsi Aljabar. Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1–9. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v4i2.1437

Mahfudhoh, R. (2017). Pengembangan Soal Pelevelan Literasi Matematika Konteks Personal untuk Siswa Kelas VIII SMP. Kadikma, 8(3), 58–67.

Mahsup, M., Ibrahim, I., Muhardini, S., Nurjannah, N., & Fitriani, E. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Tutor Sebaya. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran. https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2673

Mandailina, V., & Mahsup. (2018). Efektivitas Pembelajaran Matematika dengan Metode Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Kubus dan Balok Kelas VIII SMP/MTs. Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika (JTAM), 2(2), 144–147.

Mandailina, V., Syaharuddin, S., Pramita, D., Ibrahim, I., & Haifaturrahmah, H. (2021). Pembelajaran Daring Dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Selama Pandemi Covid-19: Sebuah Meta-Analisis. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 3(2), 120–129. https://doi.org/10.31605/ijes.v3i2.955

Mukminah, Eka Fitriani, Mahsup, S. (2020). Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi, 2(2), 1. https://doi.org/10.31764/justek.v2i2.3533

Negara, H. R. P., Syaharuddin, S., Kurniawati, K. R. A., Mandailina, V., & Santosa, F. H. (2019). Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Pemanfaatan Media Belajar Berbasis Android Menggunakan Mit App Inventor. Selaparang Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 2(2), 42. https://doi.org/10.31764/jpmb.v2i2.887

Nurfiati, N., Mandailina, V., Mahsup, M., Syaharuddin, S., & Abdillah, A. (2020). Effect of Make A Match Learning Model on Student Learning Outcomes on Statistical Materials. Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi, 3(1), 1. https://doi.org/10.31764/justek.v3i1.3509

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 3(1), 173.

Pramita, D., & Rusmayadi, M. (2018). Pengaruh Strategi Heuristik Pada Pendekatan Pemecahan Masalah Dalam Pembelajaran Matematika Kelas VIII SMP. JTAM | Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 2(2), 157. https://doi.org/10.31764/jtam.v2i2.722

Rahmawati, M. (2019). Guru sebagai fasilitator dan efektivitas belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 49. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14954

Sanusi, S., Suprapto, E., & Apriandi, D. (2015). Pengembangan Multimedia Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Pada Pokok Bahasan Dimensi Tiga Di Sekolah Menengah Atas (Sma). JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 3(2), 398–416. https://doi.org/10.25273/jipm.v3i2.510

Setyowati, H. (2017). Indentifikasi Miskonsepsi Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Bilangan Pecahan Menggunakan Certainty Of Response Index (CRI). Kadikma, 8(3), 11.

Sugiyono. (2007). Statistik untuk Penelitian (E. Mulyatiningsih (ed.); 2007th ed.). Alfabeta.

Syaharuddin, S., & Ibrahim, M. (2017). Aplikasi Sistem Informasi Desa Sebagai Teknologi Tepat Guna Untuk Pendataan Penduduk Dan Potensi Desa. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 1(1), 60. https://doi.org/10.31764/jmm.v1i1.14


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Prosiding Seminar Nasional Paedagoria telah terindek: