Digitalisasi Pembelajaran Melalui Pendampingan Penggunaan Virtual Laboratory Berbasis Android Pada Guru SMA DDI Kabupaten Maros

Ernawati Ernawati, Pertiwi Indah Lestari, Rizki Amalia Nur

Abstract


Abstract: This PKMS activity is a form of using technology in learning, by utilizing an Android-based virtual laboratory as the technology. This PKMS is carried out at SMA DDI Maros which is an implementing partner in June 2022. This PKMS program focuses on the transfer of science and technology, expertise and skills of the implementing team to science teachers in Maros Regency as many as 20 people. The method used in this PKMS activity is in the form of training and mentoring consisting of socialization, training and mentoring which includes question and answer, discussion, simulation, experiment, and evaluation. This PKMS activity has a positive impact on increasing the knowledge and skills of participants. The results of the data analysis of participants' responses to the implementation of training activities were in the very high category, namely 90.4% of participants strongly agreed with the socialization activities with training and assistance in using android-based virtual laboratories to increase their knowledge and skills in utilizing technological developments in learning. The practicality of the activities can be seen from the observation sheets during the implementation of the activities, with an average of 84% in the very practical category, which means that the use of an Android-based virtual laboratory is very practical to use as a learning medium.

Abstrak: Kegiatan PKMS ini salah satu bentuk pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran, dengan memanfaatkan laboratorium virtual berbasis android sebagai teknologinya. PKMS ini di laksanakan di SMA DDI Maros yang merupakan mitra pelaksana pada bulan juni 2022. Program PKMS ini menitik beratkan pada transfer IPTEK, keahlian dan keterampilan Tim pelaksana kepada guru-guru IPA Kabupaten Maros sebanyak 20 orang. Metode yang digunakan dalam kegiatan PKMS ini yaitu berupa pelatihan dan pendampingan yang terdiri dari sosialisasi, pelatihan dan pendampingan yang termasuk didalamnya tanya jawab, diskusi,  simulasi, eksperimen, dan evalusi. Kegiatan PKMS ini memberikan dampak yang positif terhadap peningkatan pengetahuan dan keterampilan peserta. Hasil analisis data respon peserta  terhadap pelaksanaan kegiatan pelatihan berada pada kategori sangat tinggi yaitu sebesar 90,4% peserta sangat setuju dengan kegiatan sosialisasi dengan pelatihan dan pendampingan penggunaan laboratorium virtual berbasis android dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam memanfaatkan perkembangan teknologi dalam pembelajaran. Kepraktisan kegiatan dapat dilihat dari lembar observasi pada saat pelaksanaan kegiatan yaitu dengan rata – rata 84% pada kategori sangat praktis yang berarti penggunaan laboratorium virtual berbasis android sangat praktis digunakan sebagai media pembelajaran.


Keywords


Digitization of Learning, Virtual Laboratory, Android

Full Text:

PDF

References


Basri, S., Maya, S., & Irsan. (2021). Pelatihan Kelompok Guru IPA dalam Pembelajaran Praktikum Berbasis SIA (Simulasi dan Animasi) Laboratorium Virtual di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. Seminar Nasional Paedagoria, 80–86. http://journal.ummat.ac.id/index.php/fkip/article/view/5643

Herga, N. R., & Dinevski, D. (2012). Virtual Laboratory in Chemistry - Experimental Study of Understanding, Reproduction and Application of Acquired Knowledge of Subject’s Chemical Content. Organizacija Journal V, 45(3), 108–116. http://organizacija.fov.uni-mb.si/index.php/organizacija/article/view/461

Khaeruman, Khery, Y., & Murdiono. (2015). Pengembangan laboratorium virtual pada materi Larutan elektrolit dan non-elektorlit. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram, 3(2), 691–695. http://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jiim/article/view/234

Lestari, P. I., Arif, W. P., & Murti, W. (2019). Pemberdayaan Kelompok Wanita Tani dan Usaha Dagang dalam Pengembangan Liquid State Fermentation di Kecamatan Bantimurung. Celebes Abdimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 53–61. http://journal.lldikti9.id/JCPKM/article/view/95

Lestari, P. I., & Rahmawati. (2018). Pengaruh Media Laboratorium Virtual Berbasis Android Mobile terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Biologi FKIP Universitas Muslim Maros pada Mata Kuliah Teknik Laboratorium. Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia Dan Pendidikan Kimia, 19(2), 124–131. https://doi.org/https://doi.org/10.35580/chemica.v19i2.12768

Mardikaningtyas, D. A., Ibrohim, & Suarsini, E. (2016). Pengembangan pembelajaran pencemaran lingkungan berbasis penelitian Fitoremediasi untuk menunjang keterampilan ilmiah, sikap peduli lingkungan, dan motivasi mahasiswa pada mata kuliah dasar-dasar ilmu lingkungan. Urnal Pendidikan: Teori Penelitian Dan Pengembangan, 1(3), 499–506. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6179

Purwanto, N. (2020). Prinsip-Prinsip Evaluasi Pengajaran. Rosda Karya.

Rusman. (2010). Model-Model Pembelajaran. Mulia Mandiri Press.

Stevanie, J., Sofieanita, I., & Hermansyah, D. (2012). Aplikasi Laboratorium Kimia Virtual Viclab untuk Pelajar SMA Berbasis Android Menggunakan Libgdx. Binus University.

Sumargo, E., & Yuanita, L. (2014). Penerapan Media Laboratorium Virtual (Phet) pada Materi Laju Reaksi dengan Model Pengajaran Langsung. Unesa Journal of Chemical Education, 3(1), 119–133. https://core.ac.uk/download/pdf/230683785.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Prosiding Seminar Nasional Paedagoria telah terindek: