Pengembangan E-modul Berbasis Aplikasi Delphi Pada Pembelajaran Matriks
Abstract
Abstract: This study aims to produce an E-module based on the Delphi application on matrix learning that is valid, practical, and effective. This research uses research and development (R&D) methods. This research and development researchers carried out from the Define (defining), Design (design) and Development (development) stages. The results of the research for the validation of the first material expert obtained an average of 89.6% with a very valid category, the results of the second material expert validation obtained an average of 92.8% with a very valid category, and media experts obtained an average of 93, 8% with very valid category. The results of the limited trial obtained an average percentage of 87.5% with very practical criteria, field trials obtained an average percentage of 86.9% with very practical criteria. The results of the effectiveness test obtained an average of 90.19 with very practical criteria. So that the Delphi Application-Based E-module on Matrix Learning can be said to be feasible and can be used as a learning resource.
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan E-modul berbasis aplikasi delphi pada pembelajaran matriks yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Penelitian dan pengembangan ini peneliti melakukan dari tahap Define (pendefinisian), Design (perancangan) dan Development (pengembangan). Hasil penelitian untuk validasi ahli materi pertama diperoleh rata-rata sebesar 89,6% dengan kategori sangat valid, hasil validasi ahli materi kedua diperoleh rata-rata sebesar 92,8% dengan kategori sangat valid, dan ahli media diperoleh rata-rata sebesar 93,8% dengan kategori sangat valid. Hasil uji coba terbatas diperoleh rata-rata persentase sebesar 87,5% dengan kriteria sangat praktis, uji coba lapangan diperoleh rata-rata persentase sebesar 86,9% dengan kriteria sangat praktis. Hasil uji keefektifan diperoleh rata-rata sebesar 90,19 dengan kriteria sangat praktis. Sehingga E-modul Berbasis Aplikasi Delphi Pada Pembelajaran Matriks dapat dikatakan layak dan bisa dipergunakan sebagai salah satu sumber belajar.
Full Text:
PDFReferences
Bhawayasa, I P. G. (2011). Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X SMA Ditinjau Dari Motivasi Berprestasi. Tesis (Tidak Dipublikasikan). Singaraja: Program Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Ganesha
Adriyanto, A., Pramita, D., Abdillah, A., Syaharuddin, S., Mahsup, M., & Fitriani, E. (2020). Peningkatan Kompetensi Strategis Siswa Melalui Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures. Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi, 2(1), 01. https://doi.org/10.31764/justek.v2i1.3535
Arta Diantoro, S. B., Mahsup, M., & Pramita, D. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bentuk Aljabar Siswa Kelas VII SMP. Paedagoria | FKIP UMMat, 10(1), 01. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v10i1.811
Dwiranata, D., Pramita, D., & Syaharuddin, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Android Pada Materi Dimensi Tiga Kelas X SMA. Jurnal Varian, 3(1), 1–5. https://doi.org/10.30812/varian.v3i1.487
Fitriani, E., & Mahsup, M. (2018). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Pemahaman. Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi. https://doi.org/10.31764/justek.v1i2.3541
Herianto, A., Nurjannah, N., Mahsup, M., Muhardini, S., Ibrahim, I., & Fitriani, E. (2021). Efforts to Improve Activeness and Learning Outcomes of Integrated Social Sciences Through Time Token Type Cooperative Learning Model. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(3), 719. https://doi.org/10.33394/jk.v7i3.2626
Komputer, F., Sejati, P. L., Sejati, P. L., & Komputer, F. (2017). Pemanfaatan Delphi . 7 Untuk Object Oriented Programing Pada Masyarakat. 7(1), 38–42.
Mahsup, M. (2018). Analisis Kesulitan Dalam Memahami Kemampuan Verbal Dalam Membuat Model Matematika Program Linear. Jurnal Ulul Albab, 22(2). https://doi.org/10.31764/jua.v22i2.594
Mahsup, M., Islahudin, I., & Anwar, Y. S. (2018). Pelatihan Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pemahaman Dalam Menentukan Volume Bangun Ruang Bagi Siswa Sekolah Dasar. Selaparang Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 2(1), 27. https://doi.org/10.31764/jpmb.v2i1.560
Mandailina, V., & Mahsup. (2018). Efektivitas Pembelajaran Matematika dengan Metode Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Kubus dan Balok Kelas VIII SMP/MTs. Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika (JTAM), 2(2), 144–147.
Matsun, M., & Saputri, D. F. (2020). Pengembangan E-Modul Fisika Berbantuan Whatsapp Sebagai Alternatif Pemebalajaran Dimasa Pemdemi Covid 19. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 6(2), 213. https://doi.org/10.31764/orbita.v6i2.3130
Muhardini, S., Rahman, N., Mahsup, M., Sudarwo, R., Anam, K., & Fujiaturrahman, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Box Nusantara untuk Membentuk Kemampuan Memahami Konsep Tematik pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 284. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2612
Mukminah, Eka Fitriani, Mahsup, S. (2020). Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi, 2(2), 1. https://doi.org/10.31764/justek.v2i2.3533
Ningsih, P. H. (2015). Pengaruh Penggunaan Modul dan Penggunaan Buku Paket Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas V SDN Sukabumi 10. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS (JPPI), 9(2), 1210–1218.
Nurfiati, N., Mandailina, V., Mahsup, M., Syaharuddin, S., & Abdillah, A. (2020). Effect of Make A Match Learning Model on Student Learning Outcomes on Statistical Materials. Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi, 3(1), 1. https://doi.org/10.31764/justek.v3i1.3509
Rafianti, I. (2017). Pengembangan modul pembelajaran matematika dengan pendekatan saintifik pada materi matriks kelas xi sma. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 45–52.
Rahmatin, N., Pramita, D., Sirajuddin, S., & Mahsup, M. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Bangun Ruang Dengan Metode Creative Problem Solving (CPS) Pada Siswa Kelas VIII SMP. JTAM | Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 3(1), 27. https://doi.org/10.31764/jtam.v3i1.760
Syaharuddin, S., & Ibrahim, M. (2017). Aplikasi Sistem Informasi Desa Sebagai Teknologi Tepat Guna Untuk Pendataan Penduduk Dan Potensi Desa. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 1(1), 60. https://doi.org/10.31764/jmm.v1i1.14
Syaharuddin, S., & Mandailina, V. (2017). Pengembangan Modul Pemrograman Komputer Berbasis Matlab. JTAM | Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 1(1), 1. https://doi.org/10.31764/jtam.v1i1.1
Tjiptiany, E., As’ari, A., & Muksar, M. (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Inkuiri Untuk Membantu Siswa SMA Kelas X Dalam Memahami Materi Peluang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(10), 1938–1942. https://doi.org/10.17977/jp.v1i10.6973
Wibowo, E. (2018). Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Dengan Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker. In Skripsi.
Widyaharti, M. ., Trapsilasiwi, D., & Fatahillah, A. (2015). Analisis buku siswa matematika Kurikulum 2013 untuk Kelas X berdasarkan rumusan Kurikulum 2013. Kadikma, 6(2), 173–184.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Prosiding Seminar Nasional Paedagoria telah terindek: