KOMPARASI HASIL BELAJAR GEOGRAFI BERRDASARKAN GAYA BELAJAR DAN LETAK GEOGRAFI SEKOLAH TENGAH DAN PINGGIRAN KOTA SAMARINDA

Wulan Safriani Purnamasari, Tuti Mutia, Iya Setyasih

Abstract


Abstrak: Perlunya memahami gaya belajar peserta didik dan dampak dari letak geografi sekolah yang berada di tengah dan pinggiran Kota Samarinda. Kedua hal tersebut sangat krusial dalam kesuksesan hasil belajar geografi peserta didik. Tujuan dilakukannya penelitian ini; 1) mengetahui komparasi hasil belajar geografi berdasarkan gaya belajar peserta didik, 2) mengetahui komparasi hasil belajar geografi berdasarkan letak geografi sekolah, 3) mengetahui komparasi hasil belajar geografi berdasarkan gaya belajar peserta didik dan letak geografi sekolah. Jenis penelitian ini adalah deskriptif komparatif. Sampel dalam penelitian ini yakni 243 siswa kelas XI IPS SMA Negeri di Kota Samarinda menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, kuesioner dan wawancara. Teknik analisis data yakni analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar geografi berdasarkan gaya belajar peserta didik dan letak geografi sekolah di tengah dan pinggiran Kota Samarinda. Penelitian ini memberikan informasi kepada guru, orang tua dan peserta didik untuk lebih mengenal dan mengoptimalkan gaya belajar dan memberikan informasi dampak dari letak sekolah secara geografis terhadap hasil belajar geografi. Hasil penelitian diharapkan dapat menjadi referensi bagi guru geografi dan pemerintah Kota Samarinda dalam menentukan kebijakan yang dimana setiap kebijakannya akan berpengaruh terhadap perkembangan hasil belajar peserta didik.


 

Abstract:  The need to understand the learning styles of students and the impact of the geographic location of schools in the center and on the outskirts of Samarinda City. Both of these are very crucial in the success of student geography learning outcomes. The purpose of this research; 1) find out the comparison of geography learning outcomes based on students' learning styles, 2) find out the comparison of geography learning outcomes based on the geographical location of the school, 3) find out the comparison of geography learning outcomes based on students' learning styles and the geographical location of the school. This type of research is descriptive comparative. The sample in this study were 243 students of class XI Social Sciences at SMA Negeri in Samarinda using cluster random sampling technique. Data collection techniques using observation, documentation, and questionnaires. The data analysis technique is quantitative descriptive analysis. The results showed there are differences in geography learning outcomes based on the learning styles of students and the geographic location of schools in the center and outskirts of Samarinda City. This research provides information to teachers, parents and students to get to know and optimize learning styles and provides information on the impact of geographical location of schools on geography learning outcomes. The results of the research are expected to be a reference for geography teachers and the Samarinda City government in determining policies where each policy will affect the development of student learning outcomes.

Keywords


Geography Learning Outcomes; Learning Style; School Geography

Full Text:

PDF

References


Aji, A. L., Simanjuntak, R., & Farkhan, M. R. (2022). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS IT TERHADAP KEMAMPUAN SPASIAL DAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA SMA ALAZHAR 3 BANDAR LAMPUNG TAHUN 2020. 3, 29–34.

Andriani, D. G. P. D. E. (2021). Education Quality Improvement In Junior High Schools And The Common Problems. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(1), 54–77. https://doi.org/10.24832/jpnk.v6i1.1893

Asriyanti, F. D., & Janah, L. A. (2019). Analisis Gaya Belajar Ditinjau dari Hasil Belajar Siswa. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan, 3(2), 183–187. https://doi.org/10.17977/um027v3i22018p183

Batuani, M. S. D., Syam, M., Komariyah, L., R.N, M. V., & Setyasih, I. (2019). Gaya Belajar Dan Motivasi Belajar Dengan Penerapan Model Children Learning In Science (CLIS) Di SMA Negeri 1 Samarinda Kelas XI IPS 1 Tahun Ajaran 2019/2020. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Sains, Geografi dan Komputer 2019, 38.

Cholifah, T. N. (2018). Analisis Gaya Belajar Siswa Untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 1(2), 65–74. https://doi.org/10.31002/nse.v1i2.273

Damanik, B. E. (2019). Pengaruh Fasilitas Dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar. Publikasi Pendidikan, 9(1), 46. https://doi.org/10.26858/publikan.v9i1.7739

Ida, F. M., & Maksum, H. (2021). Contribution of Learning Style, Learning Creativity and Exploratory Interest to Students’ Simulation and Digital Communication Learning Outcomes during the Covid-19 Pandemic. Journal of Education Technology, 4(4), 404. https://doi.org/10.23887/jet.v4i4.29701

Lestari, N. C., Hidayah, Y., & Zannah, F. (2023). Penerapan Metode Pembelajaran Permainan Edukatif Terhadap Hasil Belajar IPA di SDN Sungai Miai 7 Banjarmasin. 05(03), 7095–7103.

Mahri, D., Maya, M., & Kulliyega, I. (2020). The Influence of Family Socio-Economic, Learning Motivation and Learning Independency on Student Learning Outcomes. Journal Educational Verkenning, 1(2), 26–30. https://doi.org/10.48173/jev.v1i2.56

Mufidah, L.-L. N. (2017). Memahami Gaya Belajar untuk meningkatkan Potensi Anak. In Martabat: Jurnal Perempuan dan Anak (Vol. 1, Nomor 2). https://doi.org/10.21274/martabat.2017.1.2.245-260

Mutia, T. (2021). Perbedaan Hasil Belajar Geografi ditinjau dari Gaya Belajar Siswa SMA Kelas X. Geodika: Jurnal Kajian Ilmu dan Pendidikan Geografi, 5(1), 164–173. https://doi.org/10.29408/geodika.v5i1.3482

Nopriana, T. (2015). PENGARUH LETAK GEOGRAFIS SEKOLAH TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. FIBONACCI Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika, 1(2), 80–94.

Ojoawo, A. O. (1990). An Empirical Study of Factors Responsible for poor Academic Performance in secondary Schools in Oyo State. AJEM, 4(1&2), 140–148.

Perna, J. (2011). Learning Styles and Their Effect on Student Learning. 270. http://commons.emich.edu/honors/270

Purnamasari, W. S., Goon, P., Setyasih, I., Saputra, Y. W., & Anwar, Y. (2021). Efektivitas Pembelajaran Geografi Menggunakan Google Classroom Pada Sma Negeri Di Kota Samarinda. Jambura Geo Education Journal, 2(2), 46–53. https://doi.org/10.34312/jgej.v2i2.11220

Razzak, F., Shaikh, S., & Siddiqui, A. (2019). Exploring Effects of Learning Styles on Learning Outcomes. New Horizons (1992-4399), 13(1), 13–30. http://10.2.36.54/NH.13.1(19).02%0Ahttps://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=aph&AN=138449750&site=ehost-live&scope=site

Setyasih, I., Nuriyawati, Y., & R, M. V. (2019). Analisis Minat Terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa SMA Negeri di Kabupaten Penajam Paser Utara. Seminar Nasional Pendidikan Geografi, 96–103.

Syam, M. V. R. N. T. A. M., Saputra, Y. W., & Anwar, Y. (2021). Learning Style Tendency Of High School Student In Geography Subject In Samarinda. Geography:Jurnal Kajian Penelitian & Pengembangan Pendidikan Universitas Muhammadiyah Mataram, 9(1).

Tokan, M. K., & Imakulata, M. M. (2019). The effect of motivation and learning behaviour on student achievement. South African Journal of Education, 39(1), 1–8. https://doi.org/10.15700/saje.v39n1a1510

Wahyuningsari, D., Mujiwati, Y., Hilmiyah, L., Kusumawardani, F., & Sari, I. P. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Rangka Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), 529–535. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.301

Yugiswara, A., Sukidin, S., & Kartini, T. (2019). Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Movasi Belajar Siswa Kelas Xi Ips Sma Negeri 1 Kraksaan Probolinggo Tahun 2018. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, 13(1), 101. https://doi.org/10.19184/jpe.v13i1.10427




DOI: https://doi.org/10.31764/geography.v11i2.14805

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

GEOGRAPHY : Jurnal Kajian Penelitian & Pengembangan Pendidikan
Email: [email protected] | p-ISSN 2339-2835 | e-ISSN 2614-5529

 EDITORIAL OFFICE: