ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATERI DINAMIKA LITOSFER BERBANTUAN MEDIA INSTAGRAM : STUDI KASUS SMAN 1 TUMPANG
Abstract
Abstrak: Materi dinamika litosfer merupakan salah satu topik utama dalam kurikulum geografi di tingkat sekolah menengah atas, karena membahas proses-proses geologi yang membentuk dan mempengaruhi struktur bumi. Berdasarkan observasi serta wawancara bersama guru mata pelajaran geografi di SMAN 1 Tumpang, siswa kurang pemahaman dalam materi dinamika litosfer. Hal ini dikarenakan tidak mempunyai bahan ajar seperti buku atau sumber referensi yang disarankan. Tujuan dari penelitian ini yakni guna mengkaji pengaruh penggunaan media instagram pada siswa terhadap minat belajar siswa kelas X di SMAN 1 Tumpang. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain survei dan di analisis hubungan dari pengguna instagram dengan minat belajar siswa. Hasil uji spearman adalah 0.704 dan signifikansinya kurang dari 0.05, hasil ini menunjukkan hubungan kuat. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa penggunaan platform instagram dalam pembelajaran terbukti meningkat partisipasi dan ketertarikan siswa pada materi. Temuan ini memberikan implikasi penting bagi pengembangan media pembelajaran berbasis digital, khususnya dalam meningkatkan minat belajar geografi di era teknologi saat ini.
Abstract: The topic of lithosphere dynamics is one of the main topics in the high school geography curriculum, as it discusses the geological processes that form and influence the structure of the earth. Based on observations and interviews with geography teachers at SMAN 1 Tumpang, students lack understanding of lithosphere dynamics. This is because they do not have teaching materials such as books or recommended reference sources. The purpose of this study is to examine the effect of using Instagram on students' interest in learning among 10th-grade students at SMAN 1 Tumpang. The study uses a quantitative approach with a survey design and analyzes the relationship between Instagram use and students' interest in learning. The Spearman's correlation coefficient is 0.704, and the significance level is less than 0.05, indicating a strong relationship. The results of this study indicate that the use of the Instagram platform in learning has been proven to increase student participation and interest in the material. These findings have important implications for the development of digital-based learning media, particularly in increasing interest in learning geography in the current technological era.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amanda, D., Revlinasari, A., Nyoman, I., Degeng, S., S Wedi, A. (2021). ANIMASI MOTION GRAPHICS DINAMIKA LITOSFER PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X SMA.
JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 4(2), 119–232. https://doi.org/10.17977/um038v4i22021p168
Arbah, N., Wilson, A. B., S Ta’ali, T. (2023). Korelasi Media Sosial dan Smartphone terhadap Minat Belajar Siswa. JAVIT : Jurnal Vokasi Informatika, 30–38. https://doi.org/10.24036/javit.v3i1.148
Damara, A. A., S Dharma, A. (2022). Pemanfaatan media sosial instagram sebagai media edukasi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurna Ekonomi, Bisnis Dan Pendidikan (JEBP), 2(2), 216–225. https://doi.org/10.17977/um066v2i22022p216-
Dudetu, C., Rio Pambudi, M., Studi Pendidikan Geografi, P., S Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, F. (2025). Penggunaan Vidio Pembelajaran Berbasis Canva Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Dinamika Litosfer Di SMA Negeri I Suwawa Timur. Jurnal Riset Dan Pengabdian Interdisipliner, 2(3). https://doi.org/10.37905/jrpi.v2i3.31658
Fauza, M. R., Inâ€TMam, A., Effendi, M. M., S Lony, A. (2023). ANALISIS MINAT SISWA DALAM MENGGUNAKAN INSTAGRAM SEBAGAI SUMBER MEDIA PEMBELAJARAN
MATEMATIKA. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 11(1), 49–57. https://doi.org/10.25273/jems.v11i1.14100
Ghasemi, A., S Zahediasl, S. (2012). Normality tests for statistical analysis: A guide for non- statisticians. International Journal of Endocrinology and Metabolism, 10(2), 486–489. https://doi.org/10.5812/ijem.3505
Hermansyah, M. (2021). Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Minat Belajar Terhadap Pemahaman Konsep Fisika (Survei pada SMA Negeri di Kabupaten Bekasi). Jurnal Pendidikan MIPA, 4(2), 137–143.
Jatmiko, P. (2016). PROSIDING ICTTE FKIP UNS 2015 Raising Student Engagement through “Instagram.” PROSIDING ICTTE FKIP UNS 2015, 1(1).
Karlina Lista, Arisnty Deasy, S Adyatma Sidharta. (2021). 4005-9615-1-SM. Jurnal Publikasi Berkala Pendidikan Ilmu Sosial, 1(2).
Khafifatu Syahraini, Askari Zakariah1, S Novita Novita. (2024). Peran Media Sosial terhadap Perilaku Peserta Didik di Era Globalisasi. ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2(4), 118–128. https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i4.1016
Lenaini Ika. (2021). TEKNIK PENGAMBILAN SAMPEL PURPOSIVE DAN SNOWBALL
SAMPLING INFO ARTIKEL ABSTRAK. HISTORIS : Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33–39. https://doi.org/10.31764/historis.vXiY.4075
Maulana, A., S Hamdan Hadi Purnomo. (2025). Hubungan antara Minat Penggunaan Instagram sebagai Media Belajar Mandiri dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab UIN Sunan Kalijaga angkatan 2022. Mahira: Journal of Arabic Studies & Teaching, 2(3), 191–202. https://doi.org/10.14421/mahira.2024.23.02
Rizqyannisa Hidayat, N. (2024). PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN GEOGRAFI BERBASIS MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP AKTIVITAS SISWA. Jurnal
Sosiologi Pendidikan Dan Pendidikan IPS (SOSPENDIS), 2(2), 55–63.
Rohim, A. M., Yulianti, D., Fisika, J., Matematika, F., Ilmu, D., S Alam, P. (2020). Pembelajaran Fisika Berbantuan Aplikasi Instagram untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. In Unnes Physics Education Journal Terakreditasi SINTA (Vol. 9, Issue 2). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej
Rosmanah YKE. (2021). PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA INGGRIS MATERI CAPTION MENGGUNAKAN MEDIA INSTAGRAM SISWA KELAS XII IPA 4 SMA NEGERI 1 DAWARBLANDONG MOJOKERTO.
Sari, R. N., Yuli, T., S Siswono, E. (2020). MATHEdunesa PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MEDIA SOSIAL INSTAGRAM PADA
MATERI LINGKARAN DI SMP. MATHEdunesa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 9(1).
Schober, P., S Schwarte, L. A. (2018). Correlation coefficients: Appropriate use and interpretation. Anesthesia and Analgesia, 126(5), 1763–1768. https://doi.org/10.1213/ANE.0000000000002864
Septian, A., Agustina, D., Maghfirah, D., S Suryakancana, U. (2020). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika. In MATHEMA JOURNAL E-ISSN (Vol. 2, Issue 2).
Taber, K. S. (2018). The Use of Cronbach’s Alpha When Developing and Reporting Research Instruments in Science Education. Research in Science Education, 48(6), 1273–1296. https://doi.org/10.1007/s11165-016-9602-2
Wijaya, M., S Rismawati, R. S. Y. (2023). Pembelajaran Bahasa Arab berbantuan Media Instagram Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 817–825.
DOI: https://doi.org/10.31764/geography.v13i2.32980
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
GEOGRAPHY : Jurnal Kajian Penelitian & Pengembangan Pendidikan
Email: [email protected] | p-ISSN 2339-2835 | e-ISSN 2614-5529
EDITORIAL OFFICE: