PEMETAAN POLA PENGGUNAAN APLIKASI RUANGGURU DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH SMA DI KOTA BANDUNG
Abstract
Abstrak: Ruangguru sebagai perusahaan edutech yang eksis sejak awal pandemi Covid-19 telah memberikan dukungan bagi pembelajaran online termasuk dalam pelajaran sejarah. Bagaimanapun juga, studi mengenai pola penggunaannya seperti fitur yang umumnya digunakan dan motivasi penggunaannya belum banyak diteliti. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pola siswa SMA di Kota Bandung sebagai pengguna aplikasi Ruangguru. Metode survey dengan pendekatan kuantitatif digunakan dengan melibatkan 94 responden yang mengisi kuesioner online melalui google form. Dari studi tersebut dapat disimpulkan (1) terdapat tiga fitur yang paling diminati oleh siswa dari layanan pendidikan maya ini yaitu ruangguru private, bank soal dan roboguru. (2) Mayoritas pengguna aplikasi Ruangguru adalah kelas XII yang mana hal ini disebabkan oleh tersedia paket bundling untuk SBMPTN dan SNMPTN. (3) Terdapat kelebihan dan kekurangan dari setiap fitur yang disediakan.
Abstract: Ruangguru as an edutech company that has existed since the beginning of the Covid-19 pandemic has provided support for online learning, including in history lessons. However, studies regarding usage patterns such as features commonly used and motivations for use have not been extensively studied. This study aims to explore the pattern of high school students in the city of Bandung as users of the Ruangguru application. A survey method with a quantitative approach was used involving 94 respondents who filled out an online questionnaire via the Google form. From this study it can be concluded (1) there are three features that students are most interested in from this virtual education service, namely Ruangguru Private, question bank and roboguru. (2) The majority of Ruangguru application users are class XII, which is due to the availability of bundling packages for SBMPTN and SNMPTN. (3) There are advantages and disadvantages of each feature provided.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Badan Pusat Statistik Kota Bandung. (2022, November 30). Jumlah Sekolah, Guru, dan Murid Sekolah Menengah Atas (SMA) di Bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Menurut Kecamatan di Kota Bandung 2019/2020 dan 2020/2021. [Website]. https://bandungkota.bps.go.id/statictable/2021/03/17/1432/jumlah-sekolah-guru-dan-murid-sekolah-menengah-atas-sma-di-bawah-kementerian-pendidikan-dan-kebudayaan-menurut-kecamatan-di-kota-bandung-2019-2020-dan-2020-2021.html
Bhakti, D. D., Rahadian, D., Sidiq, P., Nugraha, Y. (2019). Journal of Physics: Conference Series, 1402 (7) (Dec 2019). DOI:10.1088/1742-6596/1402/7/ 077023
Chinmi, M., & Marta, R. F. (2020). RuangGuru as an Ideation of Interaction and Education Revolution during COVID-19 Pandemic in Indonesia. Revista Romaneasca pentru Educatie Multidimensionala, 12 (2Sup1), 118-129. https://doi.org/10.18662/ rrem/12.2Sup1/297
Fattah, R. & Sujono, F. (2020). Social Presence of Ruangguru in Social Media during Covid-19 Pandemic. Jurnal The Messenger. 12 (2), 180-191. https://doi.org/10.26623/themessenger.v12i2.2276.
Hasanah, R. L., Wati, F. F., & Riana, D. (2019). TAM Analysis on The Factors Affecting Admission of Students for Ruangguru Application. Jurnal Sistem Informasi, 15(2), 1-14. https://doi.org/10.21609/jsi.v15i2.778
Kemendikbud. (2020). Mendikbud Terbitkan SE tentang Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat Covid-19. Jakarta: Kemendikbud,
Marini, Y, dkk. (2021). Aplikasi Ruang Guru untuk Pembelajaran di Era Covid-19. Dirasatul Ibtidaiyah, 1(2), 198-214.
Munawwir, A., & Nerizka, D. (2021). Analysis of The Ruangguru Application in Improving Children’s Creativity in The Era of Covid 19 Pandemic. International Journal of Educational Research and Social Sciences (IJERSC), 2(1), 1–8. https://doi.org/10.51601/ijersc.v2i1.14
Ruangguru. (2022a). Tentang Ruang Guru. https://www.ruangguru.com/about-us
Ruangguru. (2022b). Info Produk & Harga Paket Ruangguru SD, SMP, SMA, SMK di Tahun 2022. https://www.ruangguru.com/blog/informasi-produk-ruangguru-yang-jadi-unggulan
Ruangguru. (2022c). Ruangguru Luncurkan Laporan Dampak 2021: Jangkau 38 Juta Pengguna Terdaftar, Diakses Hingga 200 Juta Kali Perbulan. Jakarta: Ruangguru.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sujarweni, V, W. (2014). Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Surat Edaran Mendikbud No 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19). https://pusdiklat.kemdikbud.go.id/ surat-edaran-mendikbud-no-4-tahun-2020-ten tang-pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-corona-virus-disease-covid-1-9/
DOI: https://doi.org/10.31764/historis.v8i2.12194
Refbacks
- There are currently no refbacks.
ALAMAT REDAKSI:
Program Studi Pendidikan Sejarah
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Universitas Muhammadiyah Mataram