PEMANFAATAN TAMAN NARMADA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH PADA SISWA KELAS XI MA

Rosada Rosada

Abstract


Abstrak: Buku media pembelajaran itu banyak ragam dan jenisnya pada saat ini telah berkembang pesat multimedia, namun belum semua guru dapat memanfaatkannya. Untuk dapat memanfaatkan multimedia, terlebih dahulu perlu menguasai media sederhana, yang merupakan dasar-dasar media pembelajaran. Guru perlu memahami karekteristik dan mengenal media pembelajaran yang baik supaya dapat memilihnya dengan tepat serta mengenal berbagai variasi media pembelajaran. Kriteria tepat tidaknya diakui dengan tujuan pengajaran. Tujuan pengajaran akan memberikan rambu-rambu tentang media mana yang sesuai, sehingga proses belajar dapat tercapai dengan baik, seperti pemanfaatan Taman Narmada sebagai media pembelajaran Sejarah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif-analitis. Adapun subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MA Al-Intishor Mataram. Kemudian metode pengumpulan data menggunakan metode observasi (pengamatan), metode wawancara, metode dokumentasi dan triangulasi. Tehnik analisis data kualitatif dengan langkah-langkah seperti Reduksi Data (data reduction), Penyajian Data (data display), dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang  didapatkan oleh peneliti menggambarkan tentang  pemanfaatan Taman Narmada sebagai media pembelajaran sejarah pada siswa kelas XI MA Al-intishor mataram.

Abstract: The Media book learning is a lot of variety and its type at the moment has grown rapidly multimedia, but not all teachers can utilize it. To be able to utilize multimedia, first need to master simple media, which is the basics of learning media. Teachers need to understand the characteristics and know the medium of good learning in order to choose the right and recognize various learning media. The exact criteria are recognized with teaching objectives. The purpose of the teaching will provide signs about which medium is appropriate, so that the learning process can be accomplished well, such as the utilization of Narmada Park as a learning media of history. The method used in this research is a qualitative method with a descriptive-analytical approach. The subject of research in this study is the student of XI MA Al-Intishor Mataram class. Then methods of collecting data using observation methods (observations), interview methods, documentation methods and triangulation. Qualitative data analysis techniques with measures such as data reduction, data presentation, and withdrawal of conclusions.... The results of the research obtained by researchers describe the utilization of Narmada Park as a media learning history in the students of the class XI MA Al-Intishor Mataram.

Keywords


Taman Narmada, Media Pembelajaran Sejarah.

Full Text:

PDF

References


Afifuddin dan Saebani, Beni Ahmad. (2009). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia.

Anitah, Sri. (2012). Media Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka.

Arsyad, Azhar. (2005). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Bungin, Burhan. (2007). Penelitian Kualitatif. Jakarta: Prenada Media grup.

Mardalis. (20070. Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Munadhi, Yudhi. (2012). Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta : Gaung PersadaPress.

Sadiman, Arief S. dkk. (2006). Media pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiono. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sugiono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.




DOI: https://doi.org/10.31764/historis.v4i2.1396

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ALAMAT REDAKSI:
Program Studi Pendidikan Sejarah
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Universitas Muhammadiyah Mataram