Model Pembelajaran Interaktif dan Keterampilan Sosial terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Pembelajaran Sejarah di SMA NEGERI 22 PALEMBANG
Abstract
Abstrak: : Pembelajaran Sejarah banyak dilakukan Pendidik / guru dengan model pembelajaran yang standar sehingga membuat peserta didik sulit memahami Materi yang telah dijelaskan. Maka dari itu Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Model Pembelajaran Interaktif dan Keterampilan sosial terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada pembelajaran sejarah di SMA Negeri 22 Palembang dan Seberapa Efektif kah diterapkan dalam pembelajaran sejarah. Teknik Pengumpulan data dengan Menggunakan metode pendekatan Kualitatif dengan strategi studi kasus, Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran interaktif memiliki pengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa, keterampilan sosial berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa.
Abstract: History learning is mostly carried out by educators/teachers with a standard learning model that it makes it difficult for students to understand the material that has been explained. Therefore this research was conducted to find out how the Interactive Learning Model and Social Skills influence the cognitive learning outcomes of students in learning history at SMA Negeri 22 Palembang and how effective is it applied in learning history. Data collection techniques using a qualitative approach method with a case study strategy, data collection techniques utilizing interviews, observation, and documentation. The results showed that the use of interactive learning models influenced students' cognitive learning outcomes, and social skills affected students' cognitive learning outcomes.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alfianti, R. A., Suprapta, B., & Andayani, E. S. (2019). Model Pembelajaran Interaktif dan Keterampilan Sosial terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Pembelajaran Sejarah di SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(7), 938. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i7.12636
Amin, M. A. S. (2022). Peran Guru Dalam Pengembangan Keterampilan Sosial. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 195–202. https://www.ejournal.unma.ac.id/index.php/cp/article/view/1930%0Ahttps://www.ejournal.unma.ac.id/index.php/cp/article/download/1930/1222
Bentriska, H. K. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Educandy Terhadap Hasil Belajar Kognitif Sejarah Siswa Sman 3 Sidoarjo. AVATARA, e-Journal Pendidikan Sejarah, 12(4).
Difarell, R., Calista, A., & Yefterson, R. B. (2022). Pelaksanaan Pembelajaran Sejarah Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw di SMA Pembangunan Bukittinggi. 4(4), 152–162.
Harefa, D., Sarumaha, M., Fau, A., Telaumbanua, T., Hulu, F., Telambanua, K., Sari Lase, I. P., Ndruru, M., & Marsa Ndraha, L. D. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Belajar Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), 325. https://doi.org/10.37905/aksara.8.1.325-332.2022
Hukum, P., Agen, T., Dalam, P., Uang, P., Tiket, J., Kepailitan, A., Penerbangan, P. M., Protection, L., Agent, O. F., Ticket, I. N., Guarantee, R., Company, A., Due, B., Pamungkas, G., Riset, K., Dan, T., Tinggi, P., Jember, U., & Hukum, F. (2016). Digital Digital Repository Repository Universitas Universitas Jember Jember Digital Digital Repository Repository Universitas Universitas Jember.
Indrayani, R., & Hastuti, H. (2022). Implementasi Gerakan Literasi dalam Pembelajaran Sejarah di SMA N 1 Timpeh Kabupaten Dharmasraya. Jurnal Kronologi, 4(3), 299–310. http://kronologi.ppj.unp.ac.id/index.php/jk/article/view/476
Leni Yulia, Salsabila Deti, S. F. S. & Z. S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw terhadap Motivasi Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9154–9159.
Nursahid. (2022). Pengaruh Pembelajaran IPS Terhadap Keterampilan Sosial Peserta Didik. Seri Publikasi Pembelajaran : Pengembangan Keterampilan Sosial, 1(1), 107–117.
Putri, D. S., Prasetyo, K., Setyawan, K. G., & Utami, W. S. (2022). Hubungan Antara Tingkat Keterampilan Sosial Dengan Hasil Belajar Materi Mobilitas Sosial Peserta Didik Di SMP Negeri 47 Surabaya. 2(3), 66–75.
Rici, O. T. W., & Alawiyah, T. (2019). Coba Kerja sama. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 2(5), 171–180. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/fokus/article/viewFile/3520/1158
Rizal, M., Grave, A. De, Saputra, dani nur, Mardianto, D., Sinthania, D., Hafrida, L., Bano, vidriana O., Susanto, E. E., Mahardhani, A. J., Amruddin, Alam, M. D. S., Lisya, M., & Ahyar, D. B. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.
Sianturi, L. O., Sari, A. P., Christina, P., Tarigan, B., Sejarah, P., Negeri, U., Dalam, A., Swasta, S. M. A., Pratama, M., Sma, X. I., Mulia, S., & Kunci, K. (2022). Budaya Belajar Sejarah Siswa Kelas XI MIPA SMA Swasta Mulia Pratama. 5(2), 332–337.
Valen & Satria, T. G. (2021). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu, 5(4), 2199–2208.
Yani, Elva, I., Karma, I, N., Oktaviyanti, I., & Witono, A. H. (2022). Identifikasi Keterampilan Sosial Siswa Pada Program Semua Anak Cerdas (SAC). Journal of Classroom Action Research, 4(4).
DOI: https://doi.org/10.31764/historis.v10i1.13974
Refbacks
- There are currently no refbacks.
ALAMAT REDAKSI:
Program Studi Pendidikan Sejarah
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Universitas Muhammadiyah Mataram