Kurikulum Pendidikan di Malaysia: Strategi dan Pendekatan dalam Pembelajaran Sejarah

Herdin Muhtarom

Abstract


Abstrak: Pengembangan kurikulum adalah seperangkat rencana terhadap segala sesuatu yang akan dipelajari oleh siswa untuk dapat mengembangkan penalaran kritis terhadap fenomena yang terjadi. Strategi dan pendekatan pembelajaran Sejarah di Malaysia menerapkan terhadap proses pembelajaran secara langsung dan pembelajaran berbasiskan digital untuk meningkatkan rasa nasionalisme. Adapun tujuan dalam penelitian ini untuk untuk dapat mengetahui tentang kurikulum Pendidikan di Malaysia: Strategi dan pendekatan dalam pembelajaran Sejarah. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian dengan pendekatan studi Pustaka atau Library Research. Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran Sejarah di Malaysia menerapkan pendekatan dan stategi pembelajaran berbasiskan pembelajaran digital dan pembelajaran secara langsung (observasi) seperti kunjungan ke meseum. Hal tersebut bertujuan untuk memberikan inovasi dalam pembelajaran Sejarah dalam kurikulum Pendidikan di Malaysia.

Abstract:  The curriculum development is a set of plans for everything that students will learn to develop critical reasoning about the phenomena that occur. The History learning strategies and approaches in Malaysia apply to both direct learning processes and digital-based learning to enhance nationalism. The objective of this research is to understand the Education curriculum in Malaysia: Strategies and approaches in History education. In this study, a Literature Review or Library Research approach was used. The results of this research show that History education in Malaysia employs digital-based learning and direct learning (observation) approaches, such as museum visits, with the aim of innovating History education in the Malaysian Education curriculum.


Keywords


Curriculum; Strategy; History

Full Text:

PDF

References


Aslan. (2019). Sejarah Perjalanan Kurikulum Pendidikan Islam di Malaysia. Ta’limuna, 8(1).

Azis, T. N. (2019). Strategi pembelajaran era digital. Annual Conference on Islamic Education and Social Sains (ACIEDSS 2019), 1(2), 308–318.

Azman Ligun, S., Mohd Mahzan, A., Abdul Razaq, A., & Mohd Isa, H. (2017). Muzium Sebagai Instrumen Pembelajaran Sejarah Luar Bilik Darjah. Jurnal Kurikulum & Pengajaran Asia Pasifik, 5(1), 19–30.

Bahri, S. (2017). Pengembangan Kurikulum Dasar Dan Tujuannya. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 11(1), 15. https://doi.org/10.22373/jiif.v11i1.61

Dhani, R. R. (2020). Peran Guru Dalam Pengembangan Kurikulum. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 21(1), 1–9.

Fajri, K. N. (2019). Proses Pengembangan Kurikulum. Islamika, 1(2), 35–48. https://doi.org/10.36088/islamika.v1i2.193

Gusti Yasser Arafat. (2018). Membongkar Isi Pesan dan Media dengan Content Analysis. Jurnal Alhadrah, 17(33), 32–48. https://jurnal.uin-antasari.ac.id

Hasan, S. H. (2012). Pendidikan Sejarah untuk Memperkuat Pendidikan Karakter. Paramita: Historical Studies Journal, 22(1), 81–95.

Hasan, S. H. (2019). Said Hamid Hasan Pendidikan Sejarah untuk Kehidupan Abad Ke 21. HISTORIA: Jurnal Pendidik Dan Peneliti Sejarah, II(2), 61–72.

Huda, N. (2017). Manajemen Pengembangan Kurikulum. Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 52–75. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v1i2.113

Jannah, M., Effend, R., & Susanto, H. (2021). Implementasi Penilaian Pembelajaran Pada Kurikulum 2013 mata pelajaran sejarah. Prabayaksa: Journal of History Education, 1(2), 64–70.

Julaeha, S. (2019). Problematika Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 157. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.367

Mansor Mohd. Noor, & Khairul Ghufran Kaspin. (2020). Keberkesanan mata pelajaran sejarah dalam membina etos bangsa generasi muda di Malaysia. Jurnal Komunikasi Borneo Edisi Khas (Konvokesyen Ke-17 UMS), November, 29–46.

Muhamad Nazrul Zainol Abidin, Muhammad Helmi Norman, & Noorhayati Mohd Noor. (2021). Keberkesanan Penggunaan Realiti Maya Dalam Kurikulum Pendidikan Malaysia. Jurnal Dunia Pendidikan, 3(1), 729–737. http://myjms.mohe.gov.my/index.php/jdpd

Nasbi, I. (2017). Manajemen Kurikulum: Sebuah Kajian Teoritis. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2), 318–330. https://doi.org/10.24252/idaarah.v1i2.4274

Radin, M., & Yasin, M. A.-M. (2018). Perlaksanaan Pendidikan Abad Ke-21 di Malaysia: Satu Tinjauan Awal. Sains Humanika, 10(3–2), 1–6. https://doi.org/10.11113/sh.v10n3-2.1481

Rahayu, W. I., Najiah, M., & Nulhakim, L. (2022). Komponen Dan Model Pengembangan Kurikulum Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 1707–1715.

Rahman, S., Nordin, A. B., & Alias, N. (2013). Penggunaan ICT Merentas Kurikulum Standard Prasekolah Kebangsaan (KSPK): Tinjauan di Prasekolah Kementerian Pelajaran Malaysia. JuKu: Jurnal Kurikulum & Pengajaran Asia Pasifik, 1(4).

Rawung, W. H., Katuuk, D. A., Rotty, V. N. J., & Lengkong, J. S. J. (2021). Kurikulum dan Tantangannya pada Abad 21. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 10(1), 29. https://doi.org/10.24036/jbmp.v10i1.112127

Sagala, S. M., Heriadi, M., Ababiel, R., & Nasution, T. (2022). Pendidikan Sejarah Serta Problematika yang Dihadapi di Masa Kini. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 1918–1925.

Sari, M., & Asmendri, A. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Natural Science, 6(1), 41–53. https://doi.org/10.15548/nsc.v6i1.1555

Seknun, M. F. (2013). Strategi Pembelajaran. Biosel: Biology Science and Education, 2(2), 120. https://doi.org/10.33477/bs.v2i2.376

Setiadi Sulaiman. (2012). Pendekatan Konsep Dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Sejarah Lontar, 9(1), 9–21. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/lontar/article/view/2373

Sharipah Aini Jaafar, & Arba’iyah Mohd Noor. (2016). Perlaksanaan Pengajaran dan Pembelajaran Sejarah di Sekolah-sekolah di Malaysia, 1957-1989. Sejarah, 2(25), 40–57.

Sirnayatin, T. A. (2017). Membangun Karakter Bangsa Melalui Pembelajaran Sejarah. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(3), 312–321. https://doi.org/10.30998/sap.v1i3.1171

Syakhrani, A. W., Fathiyah, Fathul, J., & Fauziyyah. (2022). Sistem Pendidikan Di Negara Malaysia. Educatioanl Journal: General and Specific Research, 2(2), 320–327.

Utami, R. D., Prayitno, H. J., & Pristi, E. D. (2023). Pemberdayaan Guru dan Fasilitator dalam Pembelajaran Kelas Rangkap pada Sanggar Belajar Malaysia Berpendekatan Profil Pelajar Pancasila. Buletin KKN Pendidikan, 5(1), 96–106. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v5i1.22889




DOI: https://doi.org/10.31764/historis.v8i2.19789

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ALAMAT REDAKSI:
Program Studi Pendidikan Sejarah
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Universitas Muhammadiyah Mataram