Strategi Meningkatkan Kreativitas dan Public Speaking Siswa, dengan Metode Audio Visual dan Vidio Digital dalam Pembelajaran Sejarah
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui solusi terbaik dalam memperbaiki public speaking dan krativitas siswa pada mata pelajaran sejarah. Penelitian ini menggunakan metode Studi Literatur kepustakaan dengan menggunakan sumber-sumber penelitian yang sudah ada. Dari hasil penelitian pembelajaran sejarah berhasil atau tidaknya sangat besar dipengaruhi dengan kreativitas dan public speaking siswa di kelas. Untuk meningkatkan kreativitas dan public speaking siswa, guru memerlukan metode pembelajaran yang menarik. Metode pembelajaran yang menarik perhatian siswa SMA/SMK pada mata pelajaran sejarah yakni audio visual dan vidio digital, yang mana membuat pelajaran sejarah membosankan tetapi sebaliknya. Metode pembelajaran audio visual dan digital menjadi salah satu pemanfaatan teknologi yang baik oleh guru dalam mengembangkan di bidang pendidikan, terutama dalam membantu siswa untuk mengembangkan kreativitas dan public speaking siswa menjadi lebih baik.
Abstract: This research aims to find out the best solution to improve students' public speaking skills and creativity in history subjects. This research uses a literature study method using existing research sources. From the research results, whether history learning is successful or not is greatly influenced by student creativity and public speaking in class. To increase students' creativity and public speaking, teachers need interesting learning methods. The learning method that attracts high school/vocational school students' attention to history subjects is digital audio visual and video, making history learning boring, but on the contrary. Audio-visual and digital learning methods are good uses of technology by teachers in developing the field of education, especially in helping students develop creativity and improve public speaking skills.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD [PDF]References
Adlini, Miza Nina, Anisya Hanifa Dinda, Sarah Yulinda, Octavia Chotimah, and Sauda Julia Merliyana. 2022. “Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 6 (1): 974–80. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394.
Andi Azis Ashar, H. Muh. Rasyid, Bustan. n.d. “Penerapan Media Pembelajaran Audiovisual Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI.IPS 1 Pada Mata Pelajaran Sejarah Di SMA Negeri 7 Wajo.”
Bulungan, M A N, and Iain Palangkaraya. n.d. “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Media Pembelajaran Audio visual Pada Kelas 12 IPA 1” 3 (2): 382–89.
Cahyono, Yulius Dwi. 2015. “E-Learning (Edmodo) Sebagai Media Pembelajaran Sejarah.” Jurnal Penelitian 18 (2): 102–12. https://e-journal.usd.ac.id/index.php/JP/article/view/813.
Dewi, Anak Agung Istri Kristiana. 2020. “Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Melalui Model Pembelajaran Role Playing Berbantuan Media Audio Visual.” Jurnal Mimbar Ilmu 25 (3): 449–59.
Hartanto, Rizal Septa Wahyu, and Hasan Dani. 2016. “Studi Literatur: Pengembangan Media Pembelajaran Dengan Software Autocad.” Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan 1 (1): 1–6.
Irawan, Roni. 2019. “Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Berbasis Audio Visual Situs Batu Paha Untuk Meningkatkan Kesadaran Sejarah Siswa Kelas Xi Ips Di Sma Negeri 1 Wera.” JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala 4 (5). https://doi.org/10.36312/jupe.v4i5.839.
Kartiningrum, Eka Diah. 2015. “Panduan Penyusunan Studi Literatur.” Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Politeknik Kesehatan Majapahit, Mojokerto, 1–9.
Khairani, Miftahul, Sutisna Sutisna, and Slamet Suyanto. 2019. “Meta-Analysis Study of the Effect of Learning Videos on Student Learning Outcomes.” Journal of Biological Education and Research 2 (1): 158.
Khatibah. 2011. “(5)Penelitian Kepustakaan.” Iqra’ 05 (01): 1–4.
Kurniawan, Kadek Ermanda. 2014. “Pemanfaatan Film Dokumenter Dan Foto-Foto Kesejarahan Sebagai Media Dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPS Di Kelas X Tata Busana SMK Negeri 2 Singaraja.” Widya Winayata Vol. 2 No. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jjps.v2i1.1022.
Limin, Steve, and Ryan Sean Kundiman. 2023. “Peranan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Dalam Menunjang Minat Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Sejarah Musik.” Psalmoz : A Journal of Creative and Study of Church Music 4 (1): 16–26. http://ejournal-iakn-manado.ac.id/index.php/psalmoz/article/view/1114.
Mangkurat, Universitas Lambung. n.d. “Pemanfaatan Media Digital Untuk Melatih,” no. 2210111210028: 1–8.
Mulyaningsih, Neng Nenden, and Dandan Luhur Saraswati. 2017. “Penerapan Media Pembelajaran Digital Book Dengan Kvisoft Flipbook Maker.” Jurnal Pendidikan Fisika 5 (1): 25. https://doi.org/10.24127/jpf.v5i1.741.
Mulyoto S.Pd., M.Si. n.d. Strategi Pembelajaran Diera Kurikulum 2013. Jakarta : Prestasi Pustakaraya., 2013.
Munawar, Ainun, and Andy Suryadi. 2019. “Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Indonesia Berbasis Videoscribe Materi Kerajaan Islam Di Jawa Kelas X Tahun Ajaran 2018/2019 Di SMA Negeri 3 Salatiga.” Indonesian Journal of History Education 7 (2): 175. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1012.
Nabila Jasmine, Nana Supriaatna. n.d. “Meningkatkan Kreativitas Siswa Melalui Video Digital Pada Pembelajaran Sejarah.” Factum: Jurnal Sejarah Dan Pendidikan Sejarah Vol 11, No.
Pamungkas, Aan Subhan, Ihsanudin Ihsanudin, Novaliyosi Novaliyosi, and Indhira Asih Vivi Yandari. 2018. “Video Pembelajaran Berbasis Sparkol Videoscribe: Inovasi Pada Perkuliahan Sejarah Matematika.” Prima: Jurnal Pendidikan Matematika 2 (2): 127. https://doi.org/10.31000/prima.v2i2.705.
Prof. Dr. Pryaitno, M.Sc., Ed. n.d. Dasar Teori Dan Praksis Pendidikan.
Putri, A, H R Setiawan, and R Harfiani. 2023. “Implementasi Video Animasi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Tarigh Di Satit Phatnawitya Thailand.” Jurnal Pendidikan … 7: 2323–28. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/3342929.
Rohmah, Siti, and Mar’atus Syifa. 2021. “Penerapan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring Sejarah Kebudayaan Islam.” Al-Fikri: Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam 04 (02): 127–41. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30659/jspi.v4i2.20316.
Susanti, Eka Dian. 2019. “Project Based Learning: Pemanfaatan Vlog Dalam Pembelajaran Sejarah Untuk Generasi Pro Gadget.” Sejarah Dan Budaya Jurnal Sejarah Budaya Dan Pengajarannya 13 (1): 84–96. https://doi.org/10.17977/um020v13i12019p084.
Susanto, Heri, Widyavera Irmanita, and Muhamad Meidy Syurbakti. 2022. “Analisis Penggunaan Media Digital Dalam Pembelajaran Sejarah Daring Masa Pandemi Covid-19.” Candrasangkala: Jurnal Pendidikan Dan Sejarah 8 (1): 13–24. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30870/candrasangkala.v8i1.14383.
Tanjung, Samsidar. 2016. “Pengaruh Media Pembelajaran Dan Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Sejarah.” Paramita: Historical Studies Journal 25 (2): 261. https://doi.org/10.15294/paramita.v25i2.5170.
Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu Konsep Strategi Dan Implementasinya Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.
Uswatun Hasanah Hasanah,Dyan Evita Santi, Abdul Muhid. 2022. “Prpyek Vidio Sebagai Media Pembelajaran Untuk Menngkatkan Kreativitas Siswa: A Literature Review.” Jurnal Education And Develoment 10, n. https://doi.org/10.37081/ed.v10i3.4104.
Wina Sanjaya, Haji. 1962. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta : Prenada Media Group, 2012.
Wiratama, Nara Setya. 2021. “Kemampuan Public Speaking Dalam Pembelajaran Sejarah.” ISTORIA: Jurnal Pendidikan Dan Sejarah 17 (1): 1–14. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/istoria.v17i1.40350.
DOI: https://doi.org/10.31764/historis.v9i1.20887
Refbacks
- There are currently no refbacks.
ALAMAT REDAKSI:
Program Studi Pendidikan Sejarah
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Universitas Muhammadiyah Mataram