MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PENDIDIKAN SEJARAH: ANTARA KONSEP, APLIKASI, DAN IMPLIKASINYA

Labibatussolihah Labibatussolihah, Erlina Wiyanarti, Nour Muhammad Adriani

Abstract


Abstrak: Problem-Based Learning (PBL) adalah salah satu model pembelajaran yang dapat mendukung terwujudnya visi Kurikulum 2013 menuju pembelajaran berorientasi siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian terhadap guru dan 23 peserta didik yang telah dilakukan berupaya mendeskripsikan penerapan PBL serta menganalisis dampaknya terhadap pembelajaran sejarah di kelas. Penelitian ini menggunakan kajian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dalam bidang pendidikan khususnya terkait kurikulum. Dari penelitian tersebut, temuan menunjukkan adanya (1) pemahaman yang lebih baik dari perpektif peserta didik terhadap materi yang disampaikan melalui model PBL. (2) Respon peserta didik atas kasus yang disajikan bersifat dinamis, seperti yang diharapkan oleh model PBL. Sementara itu (3) guru merasa lebih tertantang dalam mengekspresikan diri selama proses pembelajaran menggunakan model ini.

Abstract: Problem-Based Learning (PBL) is one of the learning models that can support the vision of curriculum 2013 towards student-oriented learning. The study used a qualitative approach, research into teachers, and 23 students who have been conducted seeking to describe the implementation of the LBL and analyze its impact on the learning of history in the classroom. This study used a descriptive study with a qualitative approach in education specifically related to the curriculum. From the study, findings indicate (1) a better understanding of the student's perspective on the material delivered through the PBL model. (2) The student's response to the presented case is dynamic, as expected by the PBL model. Meanwhile, (3) teachers feel more challenged in expressing themselves during the learning process using this model.

Keywords


Model Pembelajaran Problem Based Learning Pendidikan Sejarah.

Full Text:

PDF

References


Afandi, M., Chamalah, E., Wardani, O. P., & Gunarto, H. (2013). Model dan metode pembelajaran. Semarang: UNISSULA.

Amir, M. T. (2016). Inovasi pendidikan melalui problem based learning. Prenada Media.

Arends, R. I. (2008). Learning to teach: Belajar untuk mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

De Graaf, E., & Kolmos, A. (2003). Characteristics of problem-based learning. International Journal of Engineering Education, 19(5), 657–662.

Evanita, E. L. (2013). Analisis Kompetensi Pedagogik dan Kesiapan Guru Sekolah Menengah Atas dalam Mendukung Implementasi Kurikulum 2013. Universitas Negeri Semarang.

Hamalik, O. (2004). Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara.

Hasan, S. H. (2012). Pendidikan Sejarah Indonesia, Isu Dalam Ide dan Pembelajaran. Bandung. Rizqi Press.

Hassoubah, Z. I. (2008). Mengasah pikiran kreatif dan kritis. Bandung: Nuansa.

Hesson, M., & Shad, K. F. (2007). A student-centered learning model. American Journal of Applied Sciences, 4(9), 628–636.

RI, S. N. (2015). Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2015 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta.

Sani, R. A. (2014). Pembelajaran saintifik untuk implementasi kurikulum 2013. Bumi Aksara.

Suhana, C. (2014). Konsep strategi pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama, 5(4), 3.

Sukmadinata, N. S. (2005). Metode penelitian pendidikan. Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia dengan PT Remaja ….

Supardan, D. (2015). Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Yayayan Rahardja.

Supriatna, N. (2007). Konstruksi Pembelajaran Sejarah Kritis. Historia Utama Press, Jurusan Pendidikan Sejarah FPIPS, UPI.

Suyatno, W., & Nurgiyantoro, B. (2009). Menjelajah pembelajaran inovatif. Masmedia Buana Pustaka. Sidoarjo.

Tan, O.-S., Chye, S., & Teo, C.-T. (2009). Problem-based learning and creativity: A review of the literature. Problem-Based Learning and Creativity, 15–38.

Wieseman, K. C., & Cadwell, D. (2005). Local history and problem-based learning. Social Studies and the Young Learner, 18(1), 11–14.




DOI: https://doi.org/10.31764/historis.v5i1.2265

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ALAMAT REDAKSI:
Program Studi Pendidikan Sejarah
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Universitas Muhammadiyah Mataram