Penerapan Project Based Learning Untuk Meningkatkan Minat Belajar Sejarah Proklamasi Mahasiswa Pendidikan Sejarah Universitas Sriwijaya
Abstract
Studi ini dirumuskan dengan tujuan meningkatkan keterlibatan siswa dalam memahami konten terkait sejarah peradaban Islam melalui penggunaan pendekatan pembelajaran berbasis proyek (PjBL). Studi ini dilakukan dengan individu yang terdaftar dalam program Sarjana Pendidikan Sejarah di Universitas Sriwijaya, menggunakan metodologi Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mencakup analisis terhadap 16 siswa. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara kualitatif dan deskriptif. Penelitian ini menegaskan bahwa penerapan metode pembelajaran berbasis proyek (PjBL) memberikan pengaruh yang baik terhadap keterlibatan akademik siswa. Dengan menerapkan pendekatan ini, siswa terlibat dalam kolaborasi kelompok untuk membuat proyek berupa infografis yang berpusat pada Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Proyek ini memberikan kesempatan kepada siswa untuk menggunakan pemikiran kritis, kolaborasi, dan memperoleh pengetahuan kreatif. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan dalam rata-rata nilai siswa, meningkat dari 61,2 sebelum penerapan metode PjBL menjadi 79,3 setelah diperkenalkannya. Studi ini menegaskan bahwa metode PjBL telah menunjukkan efektivitas dalam meningkatkan keterlibatan dan prestasi pendidikan siswa. Oleh karena itu, metode ini dapat berfungsi sebagai strategi pembelajaran yang berpusat pada siswa yang dapat digunakan sebagai opsi alternatif.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggelia, D. P. (2022). Penerapan Model Project-Based Leraning ditinjau dari Kurikulum Merdeka dalam Mengembangkan Kreativitas Belajar Pendidikan agama Islam. Jurnal Pendidikan agama Islam Al-Thariqah , 398-408.
Hotimah, H. (2020). Penerapan metode pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan kemampuan bercerita pada siswa sekolah dasar. Jurnal edukasi, 7(2), 5-11.
Korompot, S., Rahim, M., & Pakaya, R. (2020). Persepsi siswa tentang faktor yang mempengaruhi minat belajar. JAMBURA Guidance and Counseling Journal, 1(1), 40-48.
Muliani, R. D. (2022). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar peserta didik. Jurnal Riset Dan Pengabdian Masyarakat, 2(2), 133-139.
Paul, I., Wariani, T., & Boelan, E. G. (2022). Hubungan Antara Minat Dan Hasil Belajar Pada Penerapan Media Buku Saku Materi Stoikiometri. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(2), 440–445
Rani, H. (2021). Penerapan Metode Project Based Learning pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dalam Meningkatkan Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan Refleksi, 10(2), 95-102.
Sholeh, Muh Ibnu, et al. "PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PJBL) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA." Jurnal Tinta: Jurnal Ilmu Keguruan dan Pendidikan 6.2 (2024): 158-176.
Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal komunikasi pendidikan, 2(2), 103-114.
DOI: https://doi.org/10.31764/historis.v10i1.27982
Refbacks
- There are currently no refbacks.
ALAMAT REDAKSI:
Program Studi Pendidikan Sejarah
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Universitas Muhammadiyah Mataram